Galaxy S II dan Galaxy Note Segera Terima Update Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Memang pada kenyataannya Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) pertama kali ekslusif untuk Droid ofisial Google, dan dalam hal ini Galaxy Nexus yang pertama kali “beruntung” bisa merasakan OS baru tersebut, menyusul kemudian Nexus S. Namun untuk Droid lainnya, harus menerima nasib menunggu lebih lama, meski akhir tahun lalu banyak sumber memperkirakan kapan ketersediaan ICS untuk setiap brand. Dan salah satu yang sudah dikonfirmasikan bakal menerima upgrade ICS pada Desember 2011 adalah Galaxy SII. Namun hingga saat ini, baru beberapa kali ROM leak-nya saja yang bocor di internet. Versi awal masih banyak bug, dan yang terakhir eksis seminggu belakangan ini sudah mulai stabil. Namun rupanya bukan tanda bakal segera dilempar ROM ICS ofisial untuk Galaxy SII, karena Samsung menegaskan jika ICS untuk Galaxy SII (dan juga Galaxy Note), bakal selesai setidaknya akhir kuartal pertama tahun ini, atau akhir Maret 2012 nanti…

Di atas bisa kamu lihat tampilan Task Manager Android 4.0 ICS. Kemudian Home Screen TouchWiz yang begitu simpel, cepat dan minim resource, namun tetap menyenangkan. Pada screenshot ketiga bisa kamu lihat versi build ICS tersebut... masih terlalu dini, dan dilaporkan banyak bug juga.

Jika tidak sabar, sudah banyak sebenarnya bertebaran ROM cita rasa ICS racikan para “chef” (sebutan mereka pengoprek/modifikator ROM / OS Android) yang bisa dicoba. Coba masuk ke Lounge Galaxy SII di Kaskus, kamu bisa jumpai banyak ROM racikan berbasis ICS di sana. Seperti Criskelo dan TurkbeyROM yang cukup populer, kemudian ada Leomar75, CheckROM hingga yang sudah punya nama seperti MIUI pun bisa kamu temui ROM build ICS-nya. Namun tetap saja, ROM racikan tersebut agak berisiko, terutama bagi pengguna yang malas ribet gonta-ganti ROM untuk mencoba mana yang pas. Saya sih sarankan, tunggu saja versi ofisialnya nanti, toh pasti jauh lebih mudah proses upgrade-nya melalui software KIES. Namun jika memang jiwanya suka ngoprek, tentu ada kepuasan tersendiri mencoba satu-per-satu tiap ROM tersebut.

Google Search yang kini dibuat lebih penting perannya. Kemudian bagian kedua terlihat antar muka Setting, dengan beberapa opsi khusus ICS seperti Data Usage. Untuk "ON" dan "OFF" sudatu fungsi, kamu cukup sapukan jari ke kanan/kiri. Masuk ke dalam Launcher-nya, tetap berasa TouchWiz... berbeda dibandingkan Launcher Galaxy Nexus yang sempat kami bahas sebelumnya.

Walaupun bukan dari Samsung, namun semua ROM non-ofisial tersebut berbasis dari ROM resmi yang sedang dikembangkan team R&D Samsung, yang entah bagaimana bisa bocor. Pertama kali kita jumpai build Android 4.0 dengan balutan  TouchWiz UI ini yang bocor ke internet awal Januari 2012 lalu. Ada dua build version yang sedang dikerjakan saat itu, yaitu I9100XXKP4/OXAKP4 (Build date: December,20 2011) dan I9100XXKP8 / OXAKP8 (Build date: December,30 2011), yang berbasis dari Android 4.0.1 dan updatenya, Android 4.0.3 (saya yakin nantinya Galaxy SII dan Galaxy Note langsung mendapatkan versi upgrade Android 4.0.3). Satu website yang selalu memantau perkembangan firmware smartphone Samsung, www.sammobile.com, menunjukkan melalui video bagaimana mereka berhasil menginstall firmware leak tersebut, dengan panduannya bisa kamu akses di sini – firmware tersebut memang ofisial, namun dalam tahap alpha. Atau cukup lihat saja demo videonya untuk 4.0.1 dan 4.0.3 berikut ini:

Tidak lama kemudian, kurang lebih 10 hari sejak ROM pertama yang bocor tersebut, muncul lagi ROM dengan build lain yang juga bebas kamu download dan coba. Berdasarkan Android 4.0.3, ROM I9100XXKPA tersebut lebih stabil, dengan respon yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya menurut www.sammobile.com. Selain itu, baterainya juga lebih irit, meski tetap dengan bug. Kamu bisa mengaksesnya melalui link berikut ini. Pasca kebocoran kedua tersebut, beberapa ROM baru dengan build berbeda makin mudah kita jumpai, dan bisa kamu download bebas melalui link berikut ini (cek di bagian paling bawah).

Beberapa tampilan ICS lainnya yang dibalut TouchWiz. Mulai opsi yang muncul ketika kamu menahan tombol Power, hingga antar muka Setting untuk mengatur screen lock, dan mengaktifkan Face Unlock.

Dari kompilasi ROM Galaxy SII itu bisa diketahui build terakhirnya adalah I9100XXLP6, dan saat ini banyak digunakan oleh para chef untuk membuat custom ROM, dan banyak diklaim berfungsi dengan baik semua fitur ICS-nya – termasuk Face Unlock, salah satu yang dibanggakan dari ICS. Jadi jika kamu tidak sabar, bisa langsung download ROM dengan build XXLP6 tersebut. Belum resmi dirilis, namun tetap ofisial dimasak di dapurnya Samsung. Atau jika tidak mau ambil resiko menggagalkan garansi, kita tunggu saja sama-sama ROM resmi Android 4.0.3 dari Samsung dirilis akhir Maret 2012 nanti – sambil menghitung hari, sigh!


SHARE
Previous articleXbox 720 dan PS4 Akan Absen Tahun Ini
Next articleSiap-siap Upgrade Desktop… Intel Umumkan Tujuh Prosesor Sandy Bridge Baru!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.