THQ Terancam Bangkrut

THQ sedang mengalami kesulitan yang cukup besar, selain terpaksa harus memecat sekitar 240 pegawainya, pemotongan gaji sebanyak 50% juga menghantui perusahaan ini. Lalu bagaimana dengan nasib game-game yang sedang dikembangkan oleh THQ?

Walaupun tahun 2011 yang lalau sepertinya dunia video game sudah mulai pulih dari keterpurukan ekonomi dunia, tapi sepertinya THQ masih dirundung masalah besar. Menurut laporan akhir tahun mereka, selama tahun 2011 yang lalu THQ mengalami kerugian sebesar 56 juta Dolar. Kerugian yang kolosal ini dilimpahkan kepada dua hal, yang pertama adalah kurang lakunya game-game yang ditujukan untuk gamer muda (Scooby Doo, Cars, My Little Pony, Bratz, Spongebob, Kungfu Panda, dll), dan yang kedua adalah gagalnya uDraw di pasaran. Ketika pertama kali dirilis uDraw sebenarnya cukup banyak diminati dipasaran. Bahkan pada awal tahun 2011 yang lalu, uDraw sudah terjual sebanyak 1,7 juta unit. Masalahnya setelah itu THQ melakukan dua kesalahan besar, yang pertama adalah melisensikan uDraw untuk PS3 dan Xbox 360 (rilis akhir tahun lalu, dan sama sekali tidak laku dipasaran), dan yang kedua adalah tidak adanya judul game baru yang mendukung uDraw. Alhasil sekarang THQ memiliki satu gudang yang dipenuhi oleh uDraw seharaga 100 juta Dolar, yang entah harus diapakan.

Semua kerugian ini tentunya membawa berbagai dampak negatif. Yang pertama adalah pemecatan 240 pegawai THQ, sebagian besar dari bagian penjualan dan administratif. Yang kedua adalah merosotnya saham THQ, bahkan, dalam enam bulan ini, jika saham THQ tidak mengalami peningkatan dari nilai 0,72 Dolar/saham, maka NASDAQ tidak akan menjual belikan saham THQ lagi. Berikutnya adalah diputusnya dukungan untuk game-game yang ditujukan untuk gamer muda. Dan yang terakhir adalah dipotongnya gaji dewan direktor dan presiden THQ sebanyak 50% untuk tahun 2012 (dari $718,500 menjadi $359,250). Untungnya THQ berjanji bahwa kerugian ini tidak akan mempengaruhi lima studio dan game-game yang sedang mereka kerjakan, THQ Studio San Diego (WWE); THQ Studio Montreal (IP baru); Volition, Inc. (Saints Row); Relic Entertainment (Warhammer); and Vigil Games (Darksiders). Yah semoga saja hal ini benar-benar ditepati oleh THQ, karena jika tidak maka kita akan kehilangan salah satu developer dan publisher yang cukup besar.

Share this article

TENTANG PENULIS
shin

Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.