Minggir Batman, Saatnya Kepala Jaring Berlaga

Game adaptasi dari flm layar lebar, The Amazing Spiderman, buatan Beenox ini mencoba tampil beda. Selain jalan cerita yang akan melanjutkan versi layar lebar, waktu pengembangan game ini juga jauh lebih lama daripada game-game adaptasi film layar lebar lainnya. Semoga saja hasil akhirnya bisa memuaskan.

Salah satu concept art untuk The Amazing Spiderman. Klo in game-nya bisa sebagus ini, wow.

Ok, Batman Arkham City (dan Arkham Asylum) kemungkinan memang adalah game super hero terbaik sepanjang masa. Tapi sebelum kedua game tersebut dikenal, Spiderman bisa dibilang menguasai kategori game super hero. Spiderman dan Spiderman 2 buatan Neversoft dan Vicarious Vision tidak hanya memiliki gameplay yang simple, seru, sekaligus asyik untuk dimainkan, tapi gamenya sendiri bisa menangkap esensi dari seorang Spiderman, yaitu seorang kutu buku cerewet dengan kekuatan laba-laba. Selain memiliki unsur eksplorasi (dengan berayun menggunakan jaring tentunya), dan juga memiliki segudang bonus dan unlockables, boss fight dalam kedua game ini juga sangat keren. Tiap boss fight bagaikan sebuah puzzle yang harus dipecahkan dengan cara tertentu. Asal pukul jelas tidak akan membuat mu mengalahkan bos-bos ini. Sayangnya setelah dua game tersebut, kualitas game Spiderman sedikit menurun (terutama game Spiderman adaptasi dari film layar lebarnya). Untungnya akhir-akhir ini Beenox berusaha untuk mengembalikan kejayaan spiderman seperti pada jaman Playstation. Setelah sukses dengan Shattered Dimension dan Edge of Time, kali ini Beenox akan membuat The Amazing Spiderman, game terbaru Spiderman, yang merupakan adaptasi dari film layar lebarnya. Semoga saja kali ini Beenox berhasil membuat adaptasi yang bagus, karena tiga adaptasi sebelumnya terus terang kurang memuaskan.

Shattered Dimension, salah satu game Spiderman buatan Beenox yang banyak menuai pujian

Walaupun diadaptasi dari film layar lebarnya, tapi The Amazing Spiderman justru akan mengambil seting peristiwa setelah kejadian di filmnya. Plot cerita utamanya masih kurang jelas, yang pasti nantinya Peter Parker akan berhadapan dengan robot-robot keamanan milik Oscorp yang hilang kendali. The Amazing Spiderman memang sengaja mengambil seting setelah film layar lebarnya, agar jalan ceritanya bisa dibuat lebih bebas dan lebih bagus.

Untuk gameplanya, Beenox menjanjikan genre Sandbox, artinya kamu bisa menjelajahi kota Manhatan dengan berayun dari satu gedung ke gedung lain. Seperti kebanyakan game sandbox lainnya, selain misi utama, nantinya kamu juga bisa mengambil berbagai side mission, dan juga akan ada mini game.

Untuk gaya artistiknya, The Amazing Spiderman akan mengambil gaya yang realistis, berbeda dengan Shattered Dimensions yang berkesan kartun. selain tercermin di lingkungan sekitar, karakter yang ada juga akan terlihat lebih nyata dan hidup. Bicara mengenai karakter, nantinya akan ada berbagai musuh super baru yang akan dibuat khusus untuk game ini. The Amazing Spiderman rencananya akan dirilis pada 3 Julis 2012, untuk Xbox 360, PS3. Ini bertepatan dengan perilisan versi layar lebarnya.

TENTANG PENULIS
shin

Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.