Sony Bakal Wujudkan Impian… PS Vita Bisa Jalankan Aplikasi / Game Smartphone!?

Entah berita ini bagus atau tidak, namun Sony mengungkapkan jika mereka ingin mem-port OS yang digunakan pada Vita ke smartphone dan tablet. Demikian juga sebaliknya, aplikasi smartphone dan tablet bisa dijalankan melalui Vita.

Entah berita ini bagus atau tidak, namun Sony mengungkapkan jika mereka ingin mem-port OS yang digunakan pada Vita ke smartphone dan tablet. Demikian juga sebaliknya, aplikasi smartphone dan tablet bisa dijalankan melalui Vita.

Nah lho, jadi ini apakah terang-terangan Sony memposisikan Vita sebagai bagian dari smartphone / tablet? Berarti benar ya, jika Vita kurang cocok disandingkan dengan Nintendo 3DS lagi, atau sedikit menyimpang dari kelas handheld. Namun sisi positifnya, jika rencana ini berjalan, kita tidak perlu lagi berpikir jika aplikasi yang bisa dijalankan di Vita sekadar yang khusus PlayStation Vita saja. Mengutip berita dari situs Jepang Watch Impress,  Sony berpikir untuk mem-port Vita OS ke smartphone dan tablet. OS ini sendiri didesain oleh Sony, dan ke depannya bisa digunakan pada smartphone dan tablet. Mungkin Sony tidak akan buru-buru mengembangkannya untuk platform lain, namun menurut saya bisa menjadi langkah terbaik untuk menyiasati anggapan Vita hanya sekadar pusat game saja.

Dengan konfigurasi hardware Vita yang bakal setara smartphone / tablet di era 2012 ini (bahkan resolusi layarnya pun bisa dikatakan sama dengan tipikal smartphone), tidak akan susah bagi Sony memport OS mereka melalui SDK (software development kit) khusus ke platform lain. Dan tidak akan susah juga bagi pengembang aplikasi yang biasa berkutat dengan chipset berbasis ARM untuk membuat aplikasi untuk Vita. Yang agak membingungkan saya munkin jika ada aplikasi smartphone / tablet dikonversikan ke Vita, bagaimana manajemen memory-nya ya, mengingat Vita tidak memiliki storage internal. Atau, kecuali seharusnya ada, namun tidak dibuka aksesnya oleh Sony. Atau, bakal memanfaatkan storage dari memory card-nya.

Khusus rencana port aplikasi smartphone ke Vita. deputy president Sony, Kunimasa Suzuki mengungkapkan bakal memberi perhatian lebih untuk pengembangan rencana tersebut melalui PlayStation Suite, yang saat ini sudah kamu kenal melalui beberapa gadget seperti Xperia Play dan dua Sony Tablet. Sayangnya tidak ada satupun catatan apakah game-game “sederhana” Vita yang mengoptimalkan touchscreen itu bakal bisa kamu nikmati juga melalui platform lain — dan kemungkinan Sony tidak akan rela memberikan game-game mereka untuk platform lain, kecuali developer bersangkuta yang memport-nya sendiri.

Oh ya, untuk berita lain mengenai Xperia Play dan Sony Tablet, bisa kamu buka kumpulan artikel lama Duniaku.net berikut ini :

PlayStation Suite + Certified… Senjata Paling Ampuh Xperia Play!
Sony Ericsson Xperia Play… Besar, Gendut, Berat… Tapi Enak Lho Diajak Main!
Benchmarking Xperia Play… Sekencang Apa Duet Prosesor dan GPU-nya?
Xperia Play Mendapatkan Lode Runner X… Ayo Mulai Gali Lubang!

Tablet for Gamer… Gameloft Mengkonfirmasikan Lima Game HD Untuk “Sony Tablet”
“Style-Over-Function”… Inilah Sony Tablet S yang Stylish!
Akhirnya Sony Resmi Meluncurkan Tablet PlayStation Kedua…

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.