Berani “Mencicipi” ICS Beta Untuk Keluarga Xperia?

Pemilik android keluarga Xperia keluaran 2011 patut bergembira, karena pengembangan ROM Ice Cream Sandwich (ICS) sudah memasuki tahap Beta. Tinggal menunggu satu atau dua bulan, versi final sudah bisa kita “makan”! Nah, buat yang suka ngoprek dan tidak sabar menunggu versi final, berani “mencicipi” versi Beta-nya kali ini?

Akhir minggu lalu, Sony Ericsson merilis ROM Ice Cream Sandwich (ICS) versi Beta bersamaan dengan resminya nama mereka berubah menjadi SONY Mobile saja (hiks2..). Karena sudah merilis versi Beta, itu artinya pemilik gadget keluarga Xperia terbaru (tahun keluaran 2011 ke atas) akan segera merasakan ROM (ICS) versi finalnya dalam bulan Maret atau April mendatang seperti gosip awal yang didengungkan di dunia maya.

Apa saja yang fitur-fitur baru yang diberikan oleh Sony Mobile terhadap ICS untuk Xperia ini? Salah satunya adalah banyak hal yang masih bisa kamu akses saat gadget kamu dalam kondisi screen lock. Yap, meskipun gadget kamu dalam kondisi screen lock, kamu masih bisa mengontrol music player (play, pause, next, previous) tanpa harus meng-unlock dahulu screen-nya. Selain itu, untuk menggunakan kamera dari keadaan screen lock, kamu bisa langsung menggeser ikon kamera (layaknya kamu membuka screen lock biasanya) untuk langsung mulai mengambil gambar dengan gadget kamu.

Fitur baru yang diperkenalkan dalam ROM ini antara lain adalah GSM Modem dan FM Radio. Masih belum jelas apa guna GSM Radio ini, tetapi menilik dari namanya, setting baru ini akan mempermudah kamu yang ingin menggunakan gadget untuk koneksi internet di PC. FM radio sendiri juga adalah fitur baru yang diperkenalkan dalam ROM Xperia, meskipun tanpa menggunakan fitur ini kamu masih bisa menikmati radio dengan aplikasi-aplikasi streaming. Beberapa fitur lainnya bisa kamu simak dalam video berikut ini:

httpv://www.youtube.com/watch?v=qJbDl8aikUk

Meskipun sebagian besar fitur sudah berjalan dengan baik, namun Sony masih memberikan peringatan bahwa ROM ini khusus developer dan tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Bagi kamu yang memiliki keluarga Xperia yang dirilis 2011 lalu seperti Xperia Arc S, Neo V atau Ray, kamu bisa mencoba ROM ICS versi Beta ini dengan syarat gadget kamu harus di-unlock dahulu bootloader-nya dengan menggunakan software unlock bootloader resmi Sony.

Untuk langkah-langkah mencicipi es krim Xperia ini, simak ya di halaman berikutnya..

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.