Dragon Quest Monsters: Terry no Wonderland 3D, Remake DQM Pertama yang Mewah!

Judul Game : Dragon Quest Monsters: Terry no Wonderland 3D
Dev / Pub : Square Enix / Square Enix
Tanggal Rilis : 31 Mei 2012
Genre : RPG
Platform : 3DS

Dragon Quest Monsters (DQM), adalah spin off serial DQ yang terfokus pada menangkap dan memelihara monster. Tokoh utamanya adalah Terry dan Milayou, yang tak lain juga menjadi tokoh utama di DQ VI. Kesuksesan DQM pun tidak terbantahkan pada masanya, yang dirilis untuk GBC tahun 1998 lalu, sehingga menjadi serial spin off yang cukup sukses hingga saat ini (seri terakhirnya adalah DQM 2 Joker untuk DS). Mungkin melihat kesuksesan ini, Square Enix pun mengambil langkah untuk me-remake DQM untuk 3DS, dengan judul DQM: Terry no Wonderland 3D.

Game ini menghadirkan semua monster original yang ada di versi GBC, dilengkapi dengan monster-monster baru seperti dari DQM Joker 2 Professional. Square Enix mengkonfirmasikan ada lebih dari 500 monster yang bisa kamu dapatkan di sini. Fitur barunya tentu yang paling terlihat adalah tampilan visual dengan grafis terkini, dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan DQM Joker 2 Professional. Selain itu ada sistem randomized dungeon, dimana tiap kali kamu memasuki dungeon, maka tampilan  dungeon akan terus berubah.

Siang hari...

... dan malam hari.

Kemudian adanya sistem pergantian hari (seperti di DQM Joker 1 dan 2), bahkan adanya pergantian cuaca! Pergantian ini akan mempengaruhi jenis monster yang bisa ditemui. Dari sisi pertarungan, kini kamu bisa membentuk party dengan empat ekor monster, dan bertarung empat lawan empat. Sistem ukuran monster di DQM Joker 2 diimplementasikan di sini, dengan maksimal ukuran monster adalah tiga slot. Tentu dengan ini kamu bisa membentuk tim monster yang lebih bervariasi. Square Enix juga mengkonfirmasikan bahwa game ini mendukung penggunaan Wi-Fi dan fitur StreetPass 3DS, meskipun masih belum jelas detailnya.

Kini ada empat slot monster dan tetap menggunakan sistem size untuk monsternya

Untuk mengajak monster dalam party, DQM: Terry no Wonderland 3D mengadopsi sistem Scout dari serial DQM Joker. Sebelumnya kamu harus melakukan Scout Attack kepada monster yang ingin kamu rekrut, dimana kekuatan serangan monster milikmu menjadi penentunya. Semakin kuat serangannya, semakin besar pula persentase Scout Attack, dan semakin besar pula kemungkinan bagimu untuk mendapatkan monster tersebut.

Scout Attack untuk merekrut monster yang kamu inginkan

Selain itu kamu juga bisa menggunakan daging untuk meningkatkan keberhasilan merekrut monster. Sebenarnya, sistem merekrut monster di DQM adalah menggunakan daging, yang berguna untuk menurunkan tingkat keliaran monster, dan nantinya bisa kamu dapatkan di akhir pertarungan (dengan persentase tertentu).

3DS spesial DQM: Terry no Wonderland 3D

Square Enix mengumumkan harga game ini ketika dirilis nanti, yaitu 5.490 yen. Selain versi standar, Square Enix juga menawarkan Special Pack yang berisi copy game ini beserta satu buah unit 3DS spesial berdesain DQM. Paket spesial ini bisa didapatkan dengan harga 24.980 yen.

Menggunakan layar bawah sebagai tampilan peta

Sumber : Andriasang dan Siliconera


SHARE
Previous articleSamsung Galaxy S II Menjadi Smartphone Terbaik Tahun 2012
Next articleAssassin’s Creed 3 Kembali Dengan Karakter Indian
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.