OS Baru Mozilla Boot2Gecko (B2G), Bisa Dijalankan di Semua Smartphone

Berawal September 2010 lalu, Mozilla Corporation sempat merilis foto dan video 3D yang menunjukkan konsep ponsel hasil desain mereka. Saat itu, ponsel tersebut dinamai Mozilla Seabird, dan seakan hanya menjadi angan-angan semata, kemungkinan besar tidak diwujudkan. Namun bagaimana jika kenyataan berkata lain? Fakta baru muncul selama akhir Juli 2011 lalu, yang jelas menyebutkan jika Mozilla tengah sibuk di lab mereka dengan proyek sistem operasi mobile baru, yang kemudian dikenal sebagai Boot 2 Gecko. Dan kemudian selama Mobile World Congress (MWC) 2012, akhirnya kita bisa melihat bagaimana penampakannya. Dan yang mengejutkan, rupanya si Boot to Gecko (B2G) yang merupakan sistem operasi (OS) berbasis open source ini, ternyata menarget smartphone dengan OS Android, dan berjalan secara tandem bersamaan… keren!

Selain open source, B2G yang juga disebut dengan kode Gaia ini memaksimalkan penggunaan cloud storage. Pastikan koneksi data yang cepat dan kuaota tinggi untuk menggunakannya. Dan karena berbasis cloud tersebut, tidak perlu spesifikasi hardware tinggi untuk menjalankannya, karena pada dasarnya sebagian dari OS-nya tersimpan di “awan.” Yup, semacam OnLive di dunia video game.

Boot2Gecko menggunakan standar open web terkini (HTML5/Javascript/CSS3) untuk semua aplikasinya, dan itu berarti aplikasi yang ditulis untuk OS ini bakal kompatibel untuk semua smartphone yang mampu menjalankannya. Dan seharusnya, semua smartphone mampu menjalankannya karena saat ini semua browser smartphone bisa mengeksekusi format HTML5 dengan lancar.  Pada dasarnya B2G mem-boot Linux dan menggunakan engine Gecko engine (seperti pada Firefox) untuk merender aplikasi seperti bagaimana Google melakukannya dengan Chrome OS mereka — yang rumornya juga bakal ditandemkan dengan Android nantinya. Awalnya Mozille berniat menggunakan kernel yang digunakan Google untuk Android, namun entah kenapa mereka memutuskan memilih Linux saja.

Jika penasaran dengan kemampuan HTML5 browser smartphone-mu, masuk saja ke website HTML5 Test, dan benchmark sekencang apa kinerjanya. dan jangan kuatir, walaupun OS itu sendiri tersimpan di awan, kamu masih bisa menjalankan aplikasi yang ditulis untuk B2G secara offline kok, karena saat ini sudah jamak diterapkan cache offline dalam setiap standar web browser, jadi cukup cache-nya saja bisa menjalankan aplikasinya.

Selama MWC lalu, Mozilla mendemokannya pada smartphone yang berhasil menyabet penghargaan sebagai smartphone terbaik di sepanjang tahun 2011 menurut penilaian MWC, yaitu Samsung Galaxy S II — dengan source code kernelnya bisa kamu download di sini. Dan semua antar muka B2G berjalan dengan mulusnya. Wajar, flagship Samsung tersebut termasuk yang terkencang hingga deretan pasukan Droid quad-core bermunculan. Melalui tech demo selama MWC, ditunjukkan aplikasi seperti kamera, dialier, messaging, video playback dan beberapa fitur lainnya — termasuk game-game yang eksis di web seperti Cut the Rope atau Angry Birds, bisa kamu jalankan dengan lancar, meskipun pasti butuh waktu dan koneksi cepat untuk loadingnya.

Mozilla saat ini juga membuka penawaran bagi developer untuk menulis aplikasi bagi B2G, dan memasukkannya ke dalam Mozilla Markletplace untuk mempermudah pencarian aplikasi bagi B2G nantinya. Antar mukanya sederhana, dan mudah dioperasikan, karena terdiri dari beberapa aplikasi web, seperti kami sebutkan daftarnya di bagian bawah.

Meskipun menarget bekerja secara tandem dengan Android, namun Mozilla juga bakal merilis smartphone khusus B2G, dengan harga yang sangat murah, dan cukup menggunakan prosesor 600 MHz serta 256MB RAM saja. Namun saya yakin, kamu pasti membutuhkan koneksi cepat dan stabil untuk bisa menjalankan OS-nya dengan lancar.

Dan berikut ini sebagian aplikasi yang sudah dikembangkan untuk B2G:

  • Home screen (webGL/HTML)
    • Keyboard/IME
      • Chinese ZhuYing IME
  • Lock screen
  • Dialer
  • SMS application
  • Browser
  • Gallery
  • Camera
  • Media Player
  • App Manager
  • Settings
  • UI/widget library
  • Apps store
  • eBook reader
  • Facebook
  • Maps


SHARE
Previous articleSpecial Box Item Event For You Red Cliff Online!
Next articleEmma Watson Dalam The Bling Ring
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.