How The Fans Conquered Publishers

Kamu boleh percaya dan boleh tidak, tapi salah satu alasan terbesar pada akhirnya Nintendo memutuskan untuk merilis Xenoblade dan juga Last Story di Amerika adalah karena usaha para fans. Padahal sebelumnya Nintendo sudah mengatakan mereka tidak akan merilis baik Xenoblade maupun Last Story di Amerika. Memang sih, selama ini sudah ada banyak usaha fans untuk menekan publishers guna menuruti keinginan mereka , entah itu merilis lokalisasi dari suatu game, menyertakan fitur tertentu, atau banyak hal lainnya. Tapi berapa banyak dari usaha ini yang membuahkan hasil (buktinya Blizzard tetap tidak bergeming dan menghilangkan fungsi LAN dari Starcraft II)?

Lalu kenapa usaha sekelompok penggemar RPG Jepang yang tergabung dalam Operation Rainfall ini membuahkan hasil? Ini karena Operation Rainfall tidak hanya membuat petisi online yang ditandatangani ratusan ribu orang, tapi mereka benar-benar serius melakukan beberapa hal didunia nyata yang memiliki dampak besar. Misalnya saja, para anggota Operation Rainfall tiap harinya akan menelepon dan mengirim surat ke markas Nintendo of America di Redmond Washington. Mereka bahkan menjadwal pengiriman surat ini sehingga tiap harinya akan ada surat dari Operation Rainfall yang sampai ke markas Nintendo tersebut. Tentunya selain itu cara-cara online juga mereka lakukan, selain membuat situs web sendiri di facebook (memiliki anggota sampai puluhan ribu), devian art, dan berbagai situs jejaring sosial lainnya, Operation Rainfall bahkan mengirim ribuan surat ke Nintendo Jepang, dengan bahasa Jepang tentunya.

Memang sih, Nintendo sendiri tidak secara resmi mengakui bahwa mereka akhirnya memutuskan untuk merilis Xenoblade dan Last Story, karena usaha-usaha yang dilakukan oleh Operation Rainfall. Tapi melihat besarnya usaha, dan pengumuman dari Nintendo yang sebelumnya mengatakan mereka tidak akan merilis dua game tersebut di Amerika, maka bisa kita duga sendiri bahwa Operation Rainfall memiliki andil besar dalam mengubah keputusan Nintendo tersebut. Dan untuk membuktikan hal ini, Operation Rainfall sekali lagi akan memulai kampanye lokalisasi mereka. Kali ini game yang mereka target adalah Pandora’s Tower keluaran Ganbarion. Kita doakan saja semoga kampanye Operation Rainfall kali ini juga sukses, sehingga kita bisa memainkan game keren ini di Wii. Dan jangan lupa, belilah game-game ini secara resmi, agar para publisher memiliki alasan lebih untuk merilis game-game ini.


SHARE
Previous articleDante di DmC Memiliki Masa Lalu Yang Suram dan Tragis
Next articleToshiba Mencoba Mempertahankan Gelar Tablet Tertitipis
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.