Toshiba Mencoba Mempertahankan Gelar Tablet Tertitipis

Nama Toshiba mungkin masih dianggap sebagai magnet tersendiri bagi mereka yang pengen mencari notebook. Namun di kancah tablet, nyaris tidak terdengar. Atau bisa dikatakan belum banyak yang aware kalau mereka juga memiliki lineup tersendiri, dan sudah masuk pasar lokal. Pernah kami mengulasnya, melalui Toshiba Thrive, atau dipasarkan sebagai Regza di Indonesia.

Toshiba AT270 begitu tipis, melanjutkan paten Toshiba dari tablet sebelumnya...

Apa yang menjadi daya tarik adalah material casingnya yang kokoh. Berlanjut selama Mobile World Congress (MWC) 2012 lalu, mereka mengenalkan satu tablet baru — yang sebenarnya sudah banyak dibicarakan dari awal tahun ini. Adalah Toshiba AT270 (belum ada nama resminya), tablet Ice Cream Sandwich (ICS) dengan chipset berprosesor quad-core.

Seperti kebanyakan laskar quad-core lainnya, di dalam AT270 dibenamkan chipset Tegra 3 dari NVIDIA, dengan empat core prosesor yang berjalan di kecepatan standar 1.5 GHz. Layarnya yang berbahan Super AMOLED memilih ukuran yang tidak biasa (atau baru diterapkan oleh Samsung melalui Galaxy Tab 7.7), yaitu 7.7 inchi, dengan resolusi 1280 x 800. Melihat ke dalam menu Setting – About, bisa diketahui At270 ini menjalankan ICS 4.0.3. Di sana juga terlihat jelas nama sementara yang dipakai, yaitu “AT270.” Dari nama tersebut kemungkinan tablet ini menjadi penerus Toshiba AT200, yang sudah dirilis awal Februari 2012 lalu seharga sekitar US $500. Toshiba AT200, atau disebut juga sebagai Excite tersebut berlayar 10.1 inchi, resolusi 1280 x 800 pixel, prosesor dual core 1.2Ghz dari chipset TI OMAP 4430, RAM 1GB. Bentuknya jauh lebih stylish dibandingkan tablet pertama Toshiba Thrive / Regza yang baru masuk pasar lokal.

Meskipun belum beredar pernyataan resmi dari Toshiba, AT270 tersebut melanjutkan model AT200 yang stylish dan sangat tipis. Sejaun ini Excite masih banyak yang memuji sebagai tablet tertipis dunia, dengan ketebalan hanya 7.7mm saja (dibandingkan Apple iPad 2 dengan 8.8mm) dan berat hanya 558 gram (Apple iPad 2 dengan 607 gram). Dan AT270 sepertinya tetap tipis seperti AT200, ada dua kamera, slot microSD, tombol volume, audio jack 3.5mm dan port USB.


SHARE
Previous articleHow The Fans Conquered Publishers
Next articleRemote “Berlayar Sentuh” X720
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.