Setelah Ice Cream Sandwich, Google Suguhkan Jelly Beans dan Key Lime Pie

Belum kelar distribusi Android 4.0 merata untuk semua Droid yang dijanjikan mendapatkan update-nya, Google sendiri sudah ancang-ancang dengan Android 5.0. Memang belum ada pernyataan resmi, namun secara implisit selama Mobile World Congress 2012 lalu Google memberikan petunjuk apa nama Android 5.0 nantinya.

Selama MWC 2012 lalu, booth Google menjadi yang terbesar, paling mudah dijangkau, dan di semua sudut area MWC, yaitu Fira de Barcelona convention center, kamu mendapati banyak sekali robot ijo bertebaran. Ditambah sebagian gadget yang dikonfirmasikan menggunakan OS Android, jadilah seakan MWC secara tidak langsung event-nya Google — wajar, apalagi dengan fakta aktivasi handset Android tercatat paling tinggi mencapai 850,000 per hari. Dan di salah satu sudut ruangan dari booth raksasa Google tersebut, ditempatkan satu meja yang hiasannya agak janggal. Di atasnya ada mangkuk besar berisi Jelly Beans.

Android 5.0 bakal disebut dengan Jelly Beans...

Jika melihat cara Google memberi nama versi OS mereka berdasarkan nama dessert, alias makanan pencuci mulut, Jelly Beans masuk dalam hitungan. Plus, sesuai dengan urutan abjad, setelah Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich dan kini Jelly Beans — lagi-lagi nama makanan ringan. Mangkuk besar berisi Jelly Beans yang agak aneh ditempatkan di tengah booth sebuah konvensi mengenai teknologi informasi, langsung mengarah pada spekulasi bahwa itulah nama yang akan dipakai Google untuk Android versi 5.0 mereka nantinya.

Jelly Beans... kacang berlapis gula warna-warni. Semacam M&M's, tapi isinya kacang...

Diperkuat dengan pernyataan Corporate Vice President ASUS, Benson Lin, dalam sebuah wawancara dengan TechRadar. Lin menyebutkan bahwa karena kedekatan ASUS dengan Google, sepertinya pihaknya bakal kembali mendapatkan update pertama Android 5.0. Lin kemudian juga menyebutkan julukan OS versi 5,0 tersebut, yaitu Jelly Beans. Seperti yang kita ketahui, tablet unggulan ASUS yang juga menjadi Droid pertama dengan prosesor quad-core Tegra 3 Eee Pad Transformer Prime, juga menjadi yang pertama mendapatkan Ice Cream Sandwich setelah Galaxy Nexus.

Dan belum juga kita mendapatkan detail seperti apa nanti Jelly Beans, sudah ada rumor lainnya melalui The Verge yang menyebutkan jika Android 6.0 bakal mendapatkan kode nama Key Lime Pie —  salah satu dessert khas Amerika. Lebih lanjut, jelas belum ada keterangan resmi Google mengenai kapan Android 6.0 tersebut dirilis. Namun melihat keadaan sekarang ini, dimana Ice Cream sandwich sendiri belum merata, dan bisa jadi Android 5.0 baru muncul awal kuartal ketiga 2012, maka Key Lime Pie mungkin diperkenalkan akhir 2012 atau awal 2013 mendatang.

Key Lime Pie... makanan pencuci mulut khas Amerika, dengan adonan kombinasi jus jeruk nipis, kuning telur dan susu yang dilapiskan di atas kue pie.

Dan karena masih rumor, sementara ini kita bisa mulai mencari nama dessert lain yang berawalan huruf K, sebelum “kacang jeli” dan “pie jeruk nipis” hadir…  Key Lime Pie, Kie Lim Pei, Kai Laim Pai… duh susah ya menyebutkannya, atau cukup disingkat KLP saja… hehe!


SHARE
Previous articleAplikasi Untuk Gantikan Peran GPS Canggih di Dashboard Mobil!
Next articleAigis Bukan Satu-satunya Android di Persona 4 Arena!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.