Unbounded, Ridge Racer yang Lebih "Liar"!

Semakin lama, Ridge Racer pun semakin be-evolusi. Jika dahulu Ridge Racer dikenal dengan adanya "Mascot Girl" seperti Reiko Nagase dalam R4, maka dalam Unbounded ini, Ridge Racer mencoba untuk menyajikan gameplay arcade ala NFS atau BurnOut. Seperti apa?

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih "Liar"!

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

Developer: Bugbear Entertainment

Publisher: Namco Bandai Games

Platform: X360 PS3 PC

Release Date: 06 Maret 2012

Mungkin sebagian besar gamer tahu, bahwa serial Ridge Racer adalah sebuah game racing “normal” yang lebih mengutamakan aksi-aksi di dalam lintasan seperti drift ketimbang aksi lain yang brutal seperti Need For Speed (NFS) atau BurnOut. Nah, lewat Unbounded ini Ridge Racer akan sedikit keluar dari “kebiasaan” mereka tersebut dan mengikuti jejak NFS atau Split/Second yang memiliki bumbu lain dan lebih dari sekedar balapan normal.

Apa saja elemen baru yang dibawa oleh Unbounded ini? Yang pertama, Unbounded ini adalah seri Ridge Racer pertama yang dirilis untuk Windows. Kedua, game ini juga menawarkan beberapa fiur baru, seperti mendesain trek kamu sendiri, share trek tersebut dengan orang lain, dan juga yang paling menarik: menambahkan efek kehancuran dan balapan underground ala NFS.

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

Ya, dalam Unbounded kamu tidak harus membalap secara “bersih” untuk memenangkan sebuah pertandingan. Adanya efek kehancuran baik di mobil ataupun di lingkungan akan memaksa kamu untuk melakukan aksi-aksi yang lebih dari sekedar drift, contohnya adalah untuk menemukan sebuah jalan pintas, kamu harus menabrak dan menghancurkan obyek tertentu. Bukan hanya itu, meskipun kamu bisa menabrak objek untuk menemukan jalan pintas, namun kamu tidak bisa melakukan seenaknya saja, karena mobil kamu pun juga bisa rusak dan akan mengurangi performanya.

Dengan akan diluncurkannya Unbounded untuk PC, maka hal tersebut semakin memperlengkap invasi Ridge Racer, setelah awalnya dirilis untuk konsol, lalu diikuti dengan Ridge Racer Accelerated di iPhone pada 2009, serta menginvasi handheld saat Ridge Racer 3DS dirilis untuk 3DS Maret tahun lalu.

httpv://www.youtube.com/watch?v=GMdPhKU6JnE

HUD yang Bersih, Terintegrasi dengan Dunia Game!

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

Pihak pengembang menjanjikan bahwa game ini akan memiliki tampilan HUD yang bersih dan bebas dari tampilan skor ataupun kecepatan di layar. Sebagai gantinya, semua informasi yang kamu butuhkan akan ditampilkan di dalam game dalam bentuk integrasi dengan lingkungan game-nya, jadi semacam mungkin kamu akan melihat poin kamu terpampang di sebuah jembatan layaknya sebuah billboard. Jadi kamu tidak akan menemukan HUD tradisional yang jamak kamu temui di game-game racing lainnya. Selain itu, game ini juga menyediakan banyak sekali trek untuk single player, dimana kota Shatter Bay akan terbagi dalam beberapa distrik. Hal tersebut belum termasuk ratusan bahkan ribuan trek yang bisa kamu dapatkan dari sharing trek buatan pemain lain dalam fitur multiplayer.

Drive & Destroy Everything in Your Path

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

Game ini mengambil setting lokasi di US, tepatnya di kota pesisir timur dari Shatter Bay, dimana banyak pembalap-pembalap illegal (yang disebut Unbounded) saling bertarung untuk mendominasi jalanan. Kota ini sendiri terinspirasi dari perpaduan antara New York dan Chicago, yang dibangun secara dinamis sehingga memungkinkan kamu untuk menemukan area baru. Untuk menemukan area baru, kamu bisa mengendarai mobil kamu ke area baru, dan temukan jalan pintas dengan menabrak obyek-obyek yang ada di sekitar kamu.

Game ini juga menyediakan fitur online, dimana selain kamu bisa berkompetisi dengan pemain lain secara online, kamu juga bisa saling sharing trek buatan kamu dengan mereka.  Mode lain yang disediakan game ini adalah Crash Race, dimana kamu bisa mengisi kekuatan destruktif kamu dengan melakukan drift, saling senggol dengan pembalap lain, atau melakukan sebuah adegan berbahaya. Setelah power ini terisi penuh, kamu akan melihat beberapa obyek akan memiliki marker di atasnya. Hal ini menunjukkan bahwa bangunan atau obyek yang memiliki marker tersebut bisa kamu hancurkan untuk menemukan area baru atau jalan pintas yang lebih dekat dengan kemenangan kamu.

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

 Temukan Jalan Pintas dengan Menghancurkan Bangunan

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

Gunakan mobilmu untuk menghancurkan bangunan-bangunan dan menemukan area baru. Ya, mulai dari bangunan, pilar, hingga truk semuanya bisa kamu hancurkan dengan mengarahkan mobil kamu saat dalam kecepatan tinggi. Contoh penggunaannya terlihat dalam sebuah demo yang ditunjukkan pihak developer, dimana kamu harus berkendara melewati sebuah pintu bank, menghancurkan semua yang ada di dalamnya (pernah merasakan berkendara di dalam bangunan), lantas terakhir memecahkan jendela sehingga kamu selangkah lebih cepat daripada musuh kamu. Yang menarik, jalan melalui bank yang sudah kamu ciptakan ini bisa kamu gunakan selanjutnya berkali-kali. Di lain waktu, kamu bisa menemukan obyek lain yang juga bisa dihancurkan, dengan jalan pintas yang lebih cepat daripada jalan melalui bank tadi. Mungkin aksi-aksi penghancuran ini tidak se-sinematik Split/Second, namun pihak developer menjanjikan kehancurannya akan lebih natural.

Selain menghancurkan target-target berukuran besar seperti bangunan, kamu juga bisa menghancurkan obyek-obyek yang lebih kecil seperti menghancurkan mobil lawan kamu. Ketika kamu berhasil menyalip lawan, menyenggolnya hingga keluar lintasan atau membuatnya menabrak sebuah obyek, kamu akan mendapatkan beberapa poin tertentu. Yang menarik, efek kerusakan ini tampak sangat dinamis, dimana kerusakan di mobil hanya tampak di bagian yang terkena damage, bukan kerusakan yang sudah disiapkan sebelumnya yang terkadang letak kerusakan tidak sama dengan bagian mobil yang terkena damage.

Unbounded, Ridge Racer yang Lebih Liar!

ARTIKEL TERBARU