Apple iPad Mini, Perlahan Beralih Dari Rumor Menjadi Kenyataan

Masih ingat dengan Kindle Fire? Tablet murah andalan Amazon, yang sempat digadang-gadang bakal mengganggu penjualan tablet lainnya, termasuk jajaran iPad-nya Apple. Walaupun Amazon tidak terus terang bagaimana tablet mereka tersebut di pasaran, namun banyak yang yakin hingga saat ini sudah terjual hingga lebih dari 5 juta unit sejak dirilis sekitar 4 bulan lalu, dan meningkatkan market share tablet Android dibandingkan iPad. Sekaligus juga memposisikan Kindle Fire di posisi kedua setelah iPad dengan pangsa pasar 14% — juga mengalahkan market share tablet Galaxy-nya Samsung.

Tidak heran kemudian Barnes&Noble juga mengikuti langkah Amazon dan meluncurkan tablet Android canggih nan murah lainnya,  Nook Tablet. Mungkin merasa posisinya nyaris terancam, seperti rumor yang berhembus sebelumnya, Apple berencana merilis versi yang lebih murah dari iPad 3, atau bisa dikatakan juga versi “kecil”-nya. Dan memang sejauh ini masih sekadar rumor, namun ada satu sumber yang membuatnya makin terlihat bakal-benar ada.

Melalui Oled Display, kami bisa temukan dokumen PDF yang menunjukkan perkembangan layar AMOLED-nya Samsung, dan perkiraan produk apa yang sudah dan bakal menggunakannya — dan salah satu yang dirujuk di sana adalah versi mini dari iPad. Berikut kutipan dari dokumen tersebut — tepatnya pada halaman 9 :

Following the success of its iPad 1 and iPad 2, which have together achieved sales of 55m units, Apple plans in 1Q12 to launch the iPad 3 and in 3Q12 a new 7-inch product temporarily referred to as the iPad mini.”

Mungkin kamu heran, bagaimana salah satu pesaing bisnis Apple seperti Samsung justru membocorkan informasi tersebut. Meskipun belum jelas apakah benar adanya, namun beberapa bulan belakangan memang banyak yang menyebutkan mengenai versi mini dari iPad — termasuk ada yang sudah menyebutkan, perusahaan Taiwan yang memproduksi bukan lagi Foxconn melainkan Pegatron, partner Apple lainnya, dan juga tercatat pernah menangani produksi ultrabook ASUSZenbook. Apalagi melihat kenyataan begitu pesatnya penjualan dan penetrasi tablet berspesifikasi tinggi, namun tidak murahan seperti Kindle Fire dan Nook Tablet.

Sepertinya Apple sangat tertarik menggunakan layar AMOLED dibandingkan Retina dari LG. AMOLED sendiri sekarang banyak digunakan di banyak smartphone, seperti smartphone-nya Nokia dan HTC. Dan berikut sedikit data berapa sebenarnya harga layar AMOLED tersebut pada dua pilihan ukuran layar.

Di bawah ini harga layar LCD AMOLED disaat iPhone 4 dengan 3.5 inchi menggunakan layar IPS dengan biaya 38.50 dollar.
4.3 inch Super-Amoled-Plus untuk Galaxy S2 harganya 50-55 dollar.
7.7 inch Super-Amoled-Plus untuk Galaxy Tab 7.7 harganya 150-170 dollar.
Dan jika untuk iPad yang 9.7 inchi, maka harga layar AMOLED bakal sekitar 240-260 dollar. Wajar jika Apple baru tertarik menggunakan AMOLED untuk iPad yang ukurannya Mini, untuk menekan harga.

iPad Mini… hmmm, jika beneran 7 inchi, dan secara spec serta harga masuk akal, saya pasti tertarik…


SHARE
Previous articleHalo 4 Menghadirkan Sensasi Multiplayer Baru dan Sistem Perks
Next articleSiapakah Idola Terbarumu?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.