HTC ImageSense, Pilihan Baru Bagi Fotografer Mobile?

Mungkin beberapa dari kamu masih terkagum-kagum dengan kualitas kamera 41 MegaPixel yang dimiliki oleh Nokia 808 PureView seperti yang saya tulis dalam artikel ini. Namun sayang, meskipun kameranya superior, gadget tersebut bukanlah smartphone kelas atas karena hanya dijejali dengan sistem operasi Symbian Belle. Dan tentu saja karena tidak menggunakan OS Android, gadget tersebut juga bukan merupakan pilihan utama bagi para Andrografer, sebutan bagi para fotografer yang menggemari andrografi alias fotografi dengan memanfaatkan gadget Android.

Nah, bagi kamu yang merupakan seorang Andrografer, kamu bisa melirik salah satu gadget HTC One yang baru saja dikonfirmasikan dalam Mobile World Congress (MWC) 2012 lalu. Bukan, bukan, HTC tidak menjejalkan kamera beresolusi tinggi dalam HTC One X atau HTC One S, namun kedua gadget ini dibekali dengan modul kamera canggih dari HTC yang mereka sebut dengan ImageSense. Sedikit banyak, kemampuan HTC ImageSense ini sudah pernah dibahas oleh Ura dalam artikel ini.  Ingin menyaingi modul CyberShot milik Sony (Ericsson)?

Kekuatan utama ImageSense ini terletak pada lensa f/2.0 yang bisa memotret gambar bergerak  (yang biasa dikenal dengan teknik panning) lebih jernih dan lebih minim noise, seperti dalam foto skateboarder diatas. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan auto fokus yang cukup cepat, 0.2 detik untuk menghindarkan kamu dari shutter lag dan mempermudah untuk menangkap banyak gambar secara simultan. Beberapa hasil foto lainnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Hasil teknik panning. Hmm, lumayan juga untuk kamera sekelas smartphone
Macro pun tidak menjadi masalah

Efek hitam putih juga menarik

Meskipun memang ukuran file dan resolusi yang dihasilkan ImageSense tidak sebesar PureView, HTC mengklaim bahwa teknologi ImageSense ini adalah teknologi terbaik untuk modul kamera, yang pas untuk ditanamkan dalam sebuah smartphone ukuran standar.

Image via Engadget