Siap Menggambar Dungeon Lagi di Etrian Odyssey IV?

Judul Game : Etrian Odyssey IV
Dev / Pub : Atlus / Atlus
Tanggal Rilis : 05 Juli 2012
Platform : 3DS
Genre : RPG

Untuk pertama kalinya dalam serial EO, tampilan monster saat bertarung menggunakan model 3D (sebelumnya menggunakan sprite 2D). Kamu tentunya masih ingat dengan FOE, singkatan dari Field On Enemy, atau singkatan sesungguhnya adalah name Formido Oppugnatura Exsequens, yang tak lain adalah monster kuat seperti miniboss yang akan kamu hadapi di setiap tingkatan dungeon atau stratum. Monster-monster FOE ini memiliki status yang jauh lebih tinggi daripada monster normal. Jika di EO sebelumnya para FOE diperlihatkan sebagai orb terang di peta, di EO IV para FOE bisa terlihat bentuknya, dan kamu bisa menghindarinya jika tidak ingin bertarung.

Musuh yang menggunakan model 3D di EO IV

Tampilan musuh di serial EO sebelumnya
FOE yang bisa mengejar dan terlihat

Fitur baru lainnya adalah bisa mengubah tingkat kesulitan bahkan saat permainan berlangsung, tentu hal ini akan mempermudah bagi para pemain baru. Selain itu juga ada tingkat kesulitan baru, Casual Mode. Sutradara serial EO, Daisuke Kaneda, menjelaskan Casual Mode ini diperuntukkan bagi pemain yang senang menikmati penjelajahan dungeon dan menggambar peta, pemain yang terlalu sibuk, atau pemain baru untuk serial EO. Selain itu Casual Mode ini memungkinkan tim pengembang menaikkan tingkat kesulitan Normal Mode tanpa rasa khawatir.

Jika di EO III kamu bisa menjelajah menggunakan kapal laut, di sini kamu bisa menaiki balon udara, tapi masih belum jelas detailnya.

   

 

Salah satu nilai plus EO IV adalah artwork karya Nizou Yamamoto, yang pernah berpartisipasi dalam pembuatan film-film Studio Ghibli. Beliau bertanggung jawab menangani tampilan visual latar belakang game, pantas saja kualitasnya begitu menawan, bisa kamu lihat contohnya di atas.

Dari kiri ke kanan, Dancer, Fortress, Night Seeker, Swordman, Rune Master, Medic, dan Sniper

Sejauh ini sudah tujuh kelas yang dikonfirmasikan hadir untuk EO IV. Pertama adalah Rune Master, ahli dalam menyerang musuh menggunakan serangan elemental. Kedua adalah Medic, sang ahli penyembuh. Ketiga yaitu Sniper, seorang pemanah dan menyerang dengan jitu dari jarak jauh. Keempat adalah Swordman, kelas yang terspesialisasi menggunakan pedang dan memimpin di barisan depan. Kelima ada Fortress, bertindak sebagai penahan serangan musuh menggunakan perisainya yang besar. Keenam adalah Dancer, kelas pendukung yang juga bisa menggunakan pedang. Dan ketujuh adalah Night Seeker, pembunuh yang bersembunyi di balik pekatnya malam.

Art kelas Swordman

Di lain sisi, Famitsu dan Atlus menjalin kerjasama untuk membuat bundel eksklusif EO IV. Bernama DX Pack, bundel ini berisi copy game EO IV, sebuah poster berukuran B2, empat folder eksklusif, dan satu buah mug dengan artwork dari desainer karakter Yuji Himukai. Bundel ini akan dirilis dengan harga 8.979 yen (112 US $) di Jepang.

Sumber : Andriasang dan Siliconera


SHARE
Previous articleFull Trailer Pokemon Terbaru Dalam Rangka 15 tahun Franchise Pokemon
Next articleHalo 4 Menghadirkan Sensasi Multiplayer Baru dan Sistem Perks
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.