Sony Merilis Cyber-shot Baru, Mampu Memperbesar Obyek Hingga 60x!

Sony Cyber-Shot DSC-HX200V

Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, melalui event Consumer Electronics Show (CES) 2012 yang digelar 10-13 Januari lalu kita dihadapkan pada bakal calon trend baru di dunia elektronik, yaitu kamera digital yang mengintegrasikan fungsi Android. Sony pun sempat mengklaim tren  baru tersebut sebagai salah satu faktor mulai menurunnya tingkat penjualan kamera digital. Walaupun mereka tetap optimis dan bakal mulai menjual tiga tipe Cyber-shot 20 Maret 2012 mendatang. Belum sempat tiga tipe tersebut meluncur, akhir Februari 2012 lalu mereka mengkonfirmasikan kembali sembilan Cyber-shot lainnya.

Berikut ini lima diantaranya, yang masuk dalam tipe zoom compact, dan menjual kemampuan digital zoom hingga lebih dari 10x. Dari tipe zoom compact tersebut, empat dilengkpi dengan GPS serta sensor paling advance hingga 18.2 megapixel Exmor R CMOS — resolusi sensor kamera tertinggi yang hingga saat ini ditawarkan di tengah pasar mainstream kamera “point and shoot.” Kelima kamera ini juga mendapatkan teknologi digital zoom baru yang disebut “Clear Image Zoom,” yang mem-boost optical zoom hingga 2x kemampuan virtualnya (misalnya, 20x optical menjadi 40x “Clear Image Zoom”) namun dengan masih menjaga resolusi tertinggi yang mampu dihasilkan. Mulai dari DSC-HX10V yang mampu melakukan zoom hingga 16x, hingga yang mampu membantumu lebih detail menarget fokus dengan 30x zoom pada DSC-HX200V. Sedangkan model tertingginya DSS-HX20V, menambahkan 10x zoom pada spec yang ditawarkan 10V (atau 60x “Clear Image Zoom”), dan kemudian HX30V memberi nilai tambah karena ada modul Wi-Fi.

Sony Cyber-Shot DSC-HX10V

Keempat kamera dengan sensor CMOS tersebut juga menawarkan sembilan filter dalam memproses foto, serta bersama image processing BIONZ, mampu memberikan kemampuan auto focus (AF) yang cepat karena mampu mendapatkan fokusnya dalam waktu 0.13 saat siang / kondisi banyak cahaya dan 0.21 detik dalam kondisi minim cahaya. Seperti tiga Cyber-shot sebelumnya, Sony pun juga royal memilih layar LCD beresolusi tinggi dengan 921,600 dots — informasi mengenai kenapa menggunakan satuan dots, bukan pixel bisa kamu baca juga pada artikel sebelumnya. Keempat varian tersebut memang dipatok dengan harga yang cukup mahal. Namun jika ingin mencari yang lebih terjangkau — nyaris separuh harganya dari tipe HX, kamu bisa memilih DSC-H90 dengan sensor CCD 16MP serta 16X zoom. Kelima lensa zoom compact tersebut juga memiliki wide-angle setidaknya 27mm.

Sony Cyber-Shot DSC-90

Namun jika mencari kualitas, maka keempat kamera dengan sensor CMOS yang layak menjadi pilihan. Mereka mendapatkan injeksi fast AF terbaru yang mampu menafsirkan kedalaman obyek sebelum kamu menekan shutter, dan untuk memastikannya, dengan cerdas menggerakkan lensanya pada sudut yang tepat ketika kamu hendak mengambil foto. Dipadukan dengan fast processing dan fast read-out sensor kamu mendapatkan waktu focus yang singkat seperti yang dijanjikan. DSC-HX10V, 20V, 30V dan 200V juga dilengkapi fitur image stabilization terkini yang disebut “Optical Steady Shot,” untuk mengurangi efek blur yang diakibatkan gerakan kamera selama proses mengambil foto — mode Optical Steady tersebut juga bisa diaktifkan bahkan sembari melakukan zoom extended.

Lanjut ke halaman 2

1
2

SHARE
Previous articleZigma #112, All About Mass Effect 3 + Street Fighter X Tekken Movelist
Next articleResident Evil GBC, Resident Evil yang Hilang!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.