SimCity 5, Dimana Kotamu Adalah Tanggung Jawabmu

Title: SimCity
Dev/Pub: Maxis / Electronic Arts
Genre: Simulation
Platform: PC
Engine: GlassBox
Release Date: TBA 2013
Official Websitehttp://www.simcity.com/en_US

Rumor tentang kelanjutan dari SimCity, yaitu SimCity 5 sudah berlangsung lama, bahkan sampai ada trailer yang bocor dan menunjukkan screenshot game tersebut. SimCity 5 sudah di tunggu-tunggu gamer PC sejak lama, dan setelah rumor itu akhirnya game tersebut resmi di umumkan pada ajang Game Developers Conference (GDC) 2012 yang masih berlangsung hingga besok.

Dengan nama resmi SimCity tanpa embel-embel “5”, game ini di kembangkan oleh Maxis dan seluruhnya dibangun dengan visual 3D yang menggunakan engine baru milik Maxis yang bernama GlassBox. Visual dari engine ini merupakan salah satu dari kekuatan utama SimsCity yang bisa menangkap bagaimana cara kita hidup di dunia sekarang ini. Sumber daya di game ini sangat terbatas, dan saat kamu melakukan keputusan untuk kota tersebut, semua akan berpengaruh pada dunia game dan hal ini membuktikan apakah kita bisa menjaga lingkungan kota dengan baik atau tidak. Kamu bisa mengatur operasi sehari-hari kota, saat menyeimbangkan beberapa kota di suatu daerah sekaligus dan bahkan Sims-mu akan berinteraski secara langsung kepada mu untuk memberitahukanmu tentang keinginan dan kebutuhan mereka.

SimCity akan mempunyai berbagai detail di sana-sini, dengan menaruh suatu gedung kamu akan mendengar suara keras bangunan tersebut serta debu-debu yang muncul hasil bangunan itu. Akan banyak sekali yang bisa di kustomisasi kali ini, seperti jalan berbelok, bentuk-bentuk baru suatu tempat, dan juga semua hal yang bisa dikustomisasi sesukanya. Di SimsCity baru ini juga akan memiliki fitur multiplayer untuk pertama kalinya. Setiap pemain memiliki daerah mereka sendiri untuk membangun kota, dan kota di daerah temanmu bisa berinteraski dengan kotamu juga. Di sini dibutuhkan kerja sama untuk membentuk kota yang bersahabat, seperti memberi bantuan seperti truk pemadam kebakaran dalam beberapa kejadian. Tetapi kalian juga bisa membuat permusuhan dengan daerah tetangga, seperti menyebarkan polusi masal ke kota tetanggamu. Player bahkan dapat berbagi sumber daya dan mencapai prestasi bersama-sama, seperti meluncurkan suatu pesawat ke luar angkasa. Demikian juga, pemain dapat berpartisipasi dalam tantangan global untuk menurunkan polusi atau mencegah pemanasan global dan memperoleh piala yang membuka suatu daerah tambahan untuk memperluas kotamu.

Tidak seperti game sebelumnya, kota kali ini dapat apat dikustomisasi dengan mengkhususkan diri dalam industri tertentu. Contohnya kamu bisa mengubah kotamu menjadi pusat rekreasi Casino terbesar seperti Las Vegas,  berinvestasi di sekolah dan universitas seperti Cambridge, atau menjadi pusat industri seperti kota Detroit. Terlihat pada trailernya juga SimsCity menambahkan elemen fantasy, seperti kamu bisa membuat robot dinosaurus muncul di auditorium, dan masih akan banyak lagi hal yang secara random terjadi. Contohnya lagi yang ditunjukkan trailer, semua listrik di kota mati maka bagaimana keputusanmu untuk menghidupkannya kembali itu adalah penentu atas kesehatan kota yang kaya.

SimsCity yang sebenarnya SimsCity 5, difokuskan untuk saling memamerkan kota masing-masing, dan bertarung siapa kota yang paling sehat dan paling banyak populasinya. Kemungkinan juga tingkat kesehatan  tertinggi suatu kota akan mendapatkan suatu hadiah tertentu. Sayangnya game yang menjanjikan ini harus ditunggu sampai tahun 2013, dan tentunya kembali ekslusif untuk platform PC.

httpv://www.youtube.com/watch?v=kztNWdhRdnw&feature=player_embedded


SHARE
Previous articleDebut Pertama Trailer dan Sistem Battle Sol Trigger
Next articleTiga DLC Utama Battlefield 3 Akan Hadir Tahun Ini
Joshua/Near_J adalah seorang penulis yang tentunya di penuhi dengan kesibukan sehari-harinya,tetapi ia tetap bersemangat untuk menulis di Duniaku. Joshua juga di kenal sebagai kontributor resmi beberapa group game di kalangan Facebook seperti The Game Community,Gamer Inside,Band of Indonesian Gamer,Zigma Omega,dll. Sekarang ia terkenal sebagai informan seputar dunia game di kalangan group game Facebook yang tentunya memfokuskan tentang seluruh game.Ia ahli dalam bidang strategy game dan juga role-playing game. Walaupun sangat menyukai game FPS atau Sport, ia tidak terlalu ahli dalam bidang tersebut.