Ash, Konami Menyalakan Mesin Waktu RPG di Android!

Judul Game: Ash
Platform: Android
Developer/Publisher: SRRN Games / Konami
Rilis: 1 Maret 2012
Link Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.srrngames.ash1gold

Ketika pertama kali melihat screenshot game ini, mungkin kamu akan mengira saya akan membahas sebuah game jadul, yang dimainkan melalui emulator di Android. Bukan, Ash ini bukanlah game jadul, melainkan sebuah game buatan SRRN Games dan di-publish oleh Konami di Google Play Store pada awal bulan lalu. Meskipun baru muncul di Google Play Store pada 1 Maret 2012 lalu, game ini juga bukanlah sebuah game yang benar-benar baru, karena sebelumnya pada tahun 2010 pernah mengunjungi iOS dengan judul yang sama.

Story dalam game ini sendiri menceritakan dua orang prajurit yang berjuang untuk menyelamatkan Empire of Aghaus. Sebenarnya, kerajaan ini dahulu adalah sebuah kerajaan yang sangat jaya, namun hal tersebut berubah 180 derajat setelah kematian raja terbaik mereka lima tahun yang lalu. Konflik demi konflik harus mereka hadapi, untuk membawa kembali Aghaus ke masa kejayaannya.

Dari story beralih ke gameplay-nya. Kesan pertama saat memainkan game ini, saya terkesan dengan kontrolnya yang cukup nyaman untuk layar sentuh. Kamu tidak akan diberikan sebuah analog virtual dan tombol aksi virtual di layar untuk mengontrol karakter kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa menggerakkan karakter kamu dengan metode point and move. Jadi kemanapun kamu ingin menggerakkan karakter kamu, tinggal sentuh saja area tersebut, maka karakter kamu akan bergerak ke tempat tersebut. Bukan hanya itu, untuk berinteraksi dengan objek, kamu hanya perlu menyentuh obyeknya, tidak perlu menekan tombol virtual tertentu. Hal tersebut berlaku juga jika kamu ingin berbicara dengan NPC, maka kamu hanya perlu menyentuh NPC-nya saja.

Mekanisme kontrol seperti ini memang sangat membantu saya yang kurang menyukai penggunaan tombol virtual, dan juga membantu untuk gadget-gadget dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar. Namun, hal ini juga menimbulkan sedikit keanehan, seperti kamu tetap bisa berkomunikasi dengan NPC meskipun karakter kamu ada di ujung kiri bawah layar, dan NPC yang kamu ajak bicara ada di pojok kanan atas layar.

Ini berbicara, atau berteriak ya??

Kalau gini sih namanya teriak-teriak, bukan ngobrol.. --"

Selain itu, keanehan juga terjadi saat kamu akan mengambil barang dari peti harta. Yap, kamu bisa mengambil barang yang ada di peti MANAPUN yang ada di jangkauan layar kamu. Hmm, bisa mentransfer barang lewat udara ya sepertinya karakter kita…

Bagi kamu yang tidak suka dengan mekanisme kontrol seperti ini dan sudah terbiasa dengan tombol virtual konvensional, kamu bisa kok menggantinya ke kontrol dengan tombol virtual seperti biasanya. Sangat fleksibel dan sangat membantu..