Sentuhan Magic Sony Xperia sola, Interaksi Baru di Atas Permukaan Layar

Pasca resmi berubah menjadi Sony Mobile, keluarga Xperia Sony Ericsson menjadi makin stylish. Flagship mereka adalah Xperia S. Kemudian ada versi khusus mereka dengan budget lebih rendah, melalui Xperia P dan Xperia U. Kini mereka berusaha mengisi segmen di antara “P” dan “U” tersebut dengan Xperia sola, atau yang sebelumnya disebut-sebut sebagai Xperia Pepper atau MT27i Pepper.

Xperia sola muncul dengan profil lebih langsing dibandingkan dua kakaknya… Dengn profil ketebalan 9.9mm, dia juga menarik kerena dibekali trick magic yang oleh Sony disebut sebagai floating touch. Puanjang menjelaskannya secara teknis, namun pada dasarnya teknologi tersebut memungkinkan kita berinteraksi dengan layar, tanpa harus menyentuhkan jari langsung pada permukaan layar. Hmmm… apa itu sihir? Tidak juga, singkatnya, layar kapasitif merespon induksi listrik statis dari jari kita. Namun itu terjadi ketika jari menyentuh permukaan.

Desainnya memang sesuatu ya... profil tipis, dan layar yang seakan nempel begitu saja...

Sony Mobile sendiri menggunakan bersamaan dua jenis sensor pada layar kapasitif, yaitu mutual capacitance serta self capacitance. Dengan menjalankan dua sensor tersebut bersamaan, sebuah layar kapasitif bisa mendeteksi pergerakan jari di atasnya. Dan dengan trik tersebut, kamu bisa menjadikan jarimu seakan sebagai mouse, melayang di atas layar namun dengan tetap berinteraksi — seakan menggerakkan kursor pada layar, berguna ketika navigasi halaman website, menyorot suatu link sebelum memutuskan untuk meng-kliknya. Dalam salah satu video yang kami berikan pada halaman 3, diketahui juga jika layar Xperia sola tidak hanya merespon gerakan jari langsung kita di atasnya , melainkan juga saat jari tersebut tertutup kain!! Hal itu tidak akan terjadi pada tipikal layar kapasitif biasa!

Juga tersedia warna putih... tapi sepertinya yang hitam keren. Yang merah terlalu nge-jrenk!!

Jelas teknologi tersebut tidak bisa diterapkan pada layar kapasitif biasa, karena itu Sony Mobile bekerjasama dengan Cypress Technologies mewujudkan floating touch — nama dan teknologi ini pun sudah dipatenkan oleh Sony Mobile. Melihat fungsi yang diberikan, floating touch membuat halaman website yang memang dibuat khusus untuk tampilan desktop bisa juga nyaman dibuka melalui layar mobile. Sony sendiri juga menjanjikan lebih banyak aplikasi yang mendukung floating touch nantinya, serta menawarkan pada developer untuk memanfaatkan fitur tersebut.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail spesifikasinya…

1
2
3

SHARE
Previous articleSiap-siap, FB Bakal Diserbu Walkers!!
Next articleStory Mode Warriors Orochi 3 Bakal Mengikuti Format Strikeforce
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.