Vocaloid dari Negeri Tirai Bambu !

Vocaloid sendiri adalah sebuah software musik yang diproduksi dan dikembangkan oleh Yamaha Corporation yang mampu menghasilkan suara nyanyian manusia. Para penggunanya cukup memasukkan lirik dan mengkomposisikannya dengan musik untuk dapat membuat sebuah lagu.

Software ini memiliki bank suara, yang merupakan tempat penyimpanan suara yang didapat dari penyamplingan suara dari para penyanyi profesional. Tiap-tiap suara ini diwakili oleh sebuah karakter vokal  yang menjadi representasi sang penyanyi. Karakter Hatsune Miku merupakan karakter vocaloid yang paling terkenal diantara karakter-karakter vocaloid lainnya.

Kebanyakan vocaloid merupakan hasil sampling suara dari artis-artis jepang. Meski demikian, sudah banyak negara lain yang juga menggunakan karakter khas mereka di vocaloid, seperti  Inggris dengan Prima, Korea dengan SeeU, dan Spanyol dengan Bruno dan Clara-nya.

Nah, China ternyata juga tidak mau ketinggalan. Tidak tanggung-tanggung, mereka telah meresmikan LIMA karakter vocaloid pada tanggal 22 Maret 2012 kemarin. Vocaloid ini adalah hasil dari kontes ilustrasi yang diadakan oleh Vocaloid China http://vocaloidchina.com/cn/ , situs ofisial dari vocaloid China, dimana kelima karakter tersebut telah dipilih oleh para penyanyi asli dari bank suara vocaloid China.

Seperti apakah penampakannya, mari kita lihat :

洛 天依:LUO TIANYI (age:15 height: 156cm)
墨 清弦:MO QINGXIAN (age:17 height:171cm)
乐正 龙牙:YUEZHENG LONGYA (age:23 heght:180cm)
羽 摩柯:ZHIYU MOKE (age:14 height:150cm)
乐正 绫:YUEZHENG LING (age:16 height:160cm)

Rencananya, kelima produk untuk karakter vocaloid di atas akan dirilis di China pada tanggal 22 Juni 2012. Jadi, dari kelima vocaloid tersebut,  manakah yang terbaik menurut kalian ?