Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012

Masih ingat dengan Prototype? Singkatnya, itulah game action adventure dengan konsep dunia open-world paling “sadis.” Dengan mudahnya kamu bisa membanting senjata militer berukuran besar, mutan menjijikkan, atau bahkan mencincang “makhluk hidup cerdas” lainnya untuk mengisi health.... Dan inilah sekuelnya, yang sepertinya lebih "manusiawi"...

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012

Judul: Prototype 2

Dev. / Pub. : Radical Entertainment / Activision

Engine: Titanium 2.0

Platform: X360 PS3 PC

Release Date: 24 April 2012 (24 Juli 2012 versi PC)

Genre: Action Adventure

Website Ofisial: www.prototypegame.com

Masih ingat dengan Prototype? Mungkin seperti saya, kamu juga terkena efek amnesianya Alex Mercer, “lupa-sedikit-ingat,” apalagi detail ceritanya (yang sangat hebat) tidak bisa dicerna semudah itu jika hanya memainkan gamenya – setidaknya kamu perlu membaca juga versi comic-nya untuk mendapatkan kesimpulan terbaik. Namun singkatnya, itu game action adventure dengan konsep dunia open-world paling “sadis.” Dengan mudahnya kamu menggunakan kekuatan mutan yang baru kamu dapatkan akibat infeksi virus, untuk membanting senjata/kendaraan militer berukuran besar, mutan menjijikkan lainnya, atau bahkan mencincang “makhluk hidup cerdas” (tahu maksud saya kan) lainnya untuk mengisi health.

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Ide cerita manusia terinfeksi virus (atau apa pun hasil penelitian fiksi ilmiah) dan menjadi mutant, sudah biasa saya temui. Namun biasanya sih, mereka menjadi super hero yang dielu-elukan peradaban, bukan malah menyiksanya. Dan biasanya mulai beringas ketika pacarnya diculik. Namun di Prototype kamu mendapati sebaliknya. Seakan tidak ada yang baik dalam diri Alex Mercer – atau sebenarnya sisi “manusianya” baik, namun kita tidak tahu apa dan siapa ilmuwan malang tersebut? Dan kini kita disuguhi sekuelnya, yang menurut pengembang lebih “manusiawi.” Sambutlah Sergeant James Heller, rumah baru virus mematikan, dan juga bintang Prototype 2. Datang dari sisi militer (yang sebelumnya menjadi lawan Mercer), pria baik-baik penyayang keluarga yang menderita pasca post-traumatic dissorder setelah kehilangan istri dan anaknya. Jadi jelas di sini, kamu mendapatkan karakter yang lebih emosional, dan lebih manusiawi – ya, di sini kamu mendapat opsi, tidak harus menghabisi makhluk hidup lain!

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Inilah Prototype 2, sekuel langsung Prototype yang menjadi salah satu hit di tahun 2009 karena keunikan memadukan dunia open-world dengan gameplay “hancurkan-apa-saja” yang diambil dalam sudut pandang third-person view. Prototype 2 mengambil setting New York City, yang kini disebut New York Zero (NYZ), dengan perluasan cerita tetap mengenai virus, dengan fokus “wadah” penyebaran barunya James Heller, yang memburu Alex Mercer. Dilatarbelakangi balas dendam, Heller ingin menuntut tanggung jawab Mercer atas nyawa istri dan putrinya selama merebaknya virus Blacklight dalam game sebelumnya.

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Official PROTOTYPE 2 Intro Movie - Daddy's Coming Home

httpv://youtu.be/9_gkTdWmP90

Lanjut ke halaman 2 untuk mengetahui beberapa fitur baru sekuel ini...

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Selain sisi manusia karakter, developer juga memperbaiki banyak update fitur untuk sekuel ini. Setting kota yang lebih detail secara visual dan lebih bervariasi, makin terlihat kacau dengan banyak obyek yang bisa dihancurkan, plus diselingi efek pergantian cuaca. Gameplay pun lebih bervariasi, namun dengan kontrol dan combo yang simpel. Setiap arm, kamu cukup menekan tombolnya saja untuk serangan light, atau tahan untuk serangan strong. Seiring permainan berjalan, membuka kekuatan mutant lain, yang kamu bisa pasangkan lima kekuatan tersebut pada setiap arm untuk 10 kemungkinan serangan, jelas makin banyak eksperimen gerakan.

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Heller tidak harus membunuh. Dia bisa menurunkan penduduk yang ditemui selama permainan. Bukan sekadar memburu dan menghabisi, karena ada aspek spionase. Seperti Mercer yang bisa kamuflase mengambil penampilan orang terakhir yang dia habisi, Heller pun juga mendapat kemampuan yang sama – seperti selama menyusup ke markas Blackwatch, ambil badan ilmuwan untuk mengakses komputer. Selain itu, kini target buruan tidak tampil begitu saja pada mini-map. Heller bisa mengirimkan gelombang pelacak untuk menentukan posisi mereka. Namun jika di daratan tidak efektik karena pasti terhalang gedung. Maka dia perlu berdiri di atas pencakar langit sebelum mengirim sonar tersebut dan menentukan lokasi buruannya – hmm, solusi cerdas, tidak seperti kebanyakan game open world lain yang memaksamu selalu mengamati mini-map. Fitur memancarkan sonar tersebut juga membantumu menentukan makhluk hidup yang paling “halal” untuk “dimakan.”

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Overall, saya tidak berharap terlalu banyak dari sekuel ini, karena yang pertama pun sangat menghibur – meski tidak mungkin 100% memahami ceritanya hanya dari versi game. Namun di sini developer paham dan menutupi satu kekurangan, yaitu sisi manusiawinya. Mereka melengkapi dengan karakter yang lebih emosional, dan punya alasan jelas kemana-mana menghunus tajamnya lengan mutan. Plus pola gerak-gerik penduduk yang lebih masuk akal (lebih lengkapnya bisa kamu baca di artikel dalam Zigma edisi 113 bulan April 2012). Dan semoga perbaikan tersebut bisa membuat Prototype 2 menjadi game yang bisa dinikmati bukan sekadar gameplay “semau guenya,” namun juga dari skenario dan juga ceritanya.

Oh ya, tidak seperti versi konsolnya yang muncul 24 April 2012 ini, Activision menunda versi PC-nya, dan bakal muncul 24 Juli 2012 mendatang. Kemudian untuk ulasan mendalam mengenai game ini, bisa kamu simak melalui majalah Zigma edisi 113 yang terbit pada minggu pertama April 2012.

Prototype 2, Inilah Game Open World Paling Berdarah di Tahun 2012[/caption]

Official PROTOTYPE 2 - The Red Zone

httpv://youtu.be/HxyM_GxFwJ0

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU