Game Developer Buka-Bukaan Rahasia Pembuatan Game Lewat Gedebuk Coy!

Jika di California akhir Februari lalu diadakan Game Developer Conference (GDC), maka di Indonesia acara serupa juga akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 3o Maret 2012 besok dengan mengusung nama Gedebuk Coy. Gedebuk Coy sendiri adalah singkatan dari Game Developer Buka-Bukaan Coy, yang mana diselenggarakan oleh komunitas Gedebuk.org dan menghadirkan para praktisi di dunia pengembangan game Indonesia.

Tercatat sekitar lebih dari 25 game developer dan puluhan jurnalis dari media seluruh Indonesia akan menghadiri acara yang dihelat di Bandung ini. Selain membahas isu-isu hangat mengenai dunia pengembangan game Indonesia, acara ini juga menyajikan diskusi panel antara media dengan developer perihal pemberitaan game lokal di media massa. Berikut ini adalah press release resmi dari Gedebuk Coy 2012:

“Komunitas Gedebuk mengajak lebih dari 25 pengembang game di Indonesia dan media untuk berkumpul dan berdiskusi mengenai industri game dalam acara Gedebuk Coy! (Game Developer Buka-bukaan Coy!), Jumat (30/3/2012). Sesuai namanya, para pengembang game ini akan ‘buka-bukaan’ tentang berbagai isu hangat yang terjadi di kalangan game developer. Selain itu akan dibahas juga seberapa pentingkah unsur lokal dalam sebuah game dalam diskusi panel yang diisi oleh Ivan Chen–Anantarupa Studio, Eko Nugroho-Kummara, Ricky–Amulet Studio, Fahmi–Nusantara Online, Frida Dwi-Agate Jogja.

Prediksi trend game yang akan datang akan dikupas oleh Wimindra Lee-Agate Studio, Anton Budiono-Storm Idea, dan Wilson Tjandra – Mintsphere. Tak kalah pentingnya, dalam mini konferens yang bertempat di Bandung ini akan ada diskusi panel buka-bukaan antara media dengan game developer lokal mengenai tips & trick mempublikasikan game di media yang akan diisi oleh Burhan Solihin-Tempo, Wicak Hidayat-KompasTekno, Deni Yudiawan-Pikiran Rakyat dan Wiku Baskoro-DailySocial sebagai moderator.

Bertempat di Bandung, mini konferens ini akan dimulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Berbagai game developer yang akan hadir diantaranya Agate Studio, Agate Jogja, Amulet Studio, Altermyth, Awaken Dreams Studio, Bounty Studio,  Chowdown Games, Dongskar Pedongi, Hompimplay, Joyverter Entertainment, Jotter Production,  Nightspade , Own Games, Soybean, Tinker Games, Toge Productions, Teelos Games Studio, Vostrix Interactive. Mereka berasal dari berbagai kota seperti Bandung, Cimahi, Yogyakarta, Jakarta, Malang hingga Surabaya.

Gedebuk Coy! merupakan wujud kepedulian komunitas Gedebuk dalam memajukan industri game Indonesia. “SDM yang merupakan elemen penting industri game perlu dipupuk dan dibimbing dalam suatu wadah oleh pelaku industri yang berpengalaman. Gedebuk adalah wadah untuk itu. Siapapun dapat bergabung langsung di http://gedebuk.org/” tutur Aditia Dwiperdana, inisiator komunitas Gedebuk.

Diharapkan dengan adanya acara yang akan dihadiri hanya oleh game developer dan media ini, sejumlah isu terutama terkait publikasi game lokal akan terjawab. Untuk game developer dan media yang ingin berpartisipasi dalam Gedebuk Coy! dapat mendaftar di http://bit.ly/DaftarGedebukCoy paling lambat 29 Maret 2012 pukul 17.00 WIB.

Tentang Gedebuk:

Gedebuk (http://gedebuk.org/) adalah wadah untuk komunitas online yang ingin belajar tentang game development. Dengan fitur forum, blog, Question & Answer yang akan diasuh oleh praktisi industri game berpengalaman dan gallery game Indonesia, diharapkan Gedebuk bisa membantu orang-orang yang memiliki passion di game development dan ingin mulai belajar membuat game. Gedebuk sendiri adalah singkatan dari Game Developer Buka-bukaan, yang ingin menunjukkan semangat dari game developer untuk berkontribusi kembali ke komunitas untuk mendukung perkembangan industri game Indonesia.”

Ingin tahu serunya acara ini? Tunggu hasil liputannya di Duniaku.net!


SHARE
Previous articleOrnitho Race Events Rappelz Online
Next articleMay the Odd Be Always in Your Favor
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.