PlayStation 4 = ORBIS?

Dengan keluarnya rumor tentang Durango (next Xbox), Sony ternyata juga mempersiapkan Orbis. Apakah Orbis ini sebenarnya?

PlayStation 4 = ORBIS?

Beberapa bulan lalu, rumor tentang penerus dari Xbox 360 (codename Durango) telah bocor dan kerap dibahas di berbagai belahan dunia. Sony yang merupakan rival dari Microsoft ini sendiri ternyata juga sudah mempersiapkan 'sesuatu' untuk melawann Durango. Baru saja tadi pagi sebuah rumor tentang projek rahasia Sony ini terbongkar dan nama projek tersebut adalah "Orbis." Orbis sendiri berkemungkinan besar untuk menjadi penerus dari PlayStation 3. Jadi apakah sebenarnya Orbis ini?

PlayStation 4 = ORBIS?

Nama Orbis sendiri dalam bahasa Latin berarti Circle (lingkaran) atau Ring (cincin) atau juga Orbit. Jika nama dari handhel terbaru buatan Sony digabung maka akan menjadi Orbis Vita yang berartikan "The Circle of Life" (Lingkaran Kehidupan). Apakah ini pertanda Vita akan memegang peran besar nantinya dalam penggunaan Orbis? Tak mustahil! Wait, tapi apakah itu juga berarti Orbis akan menjadi nama final dari produk ini? Kita masih belum bisa mengambil kesimpulan hingga Sony angkat bicara. Seperti kebiasaan Sony mereka menolak tanggapan dari rumor yang beredar, kita nantikan kemunculan Orbis ini di event mendatang (Mungkin E3 atau TGS).

Spesifikasi yang juga ikut dirumorkan adalah Orbis dapat mengandung AMD x64CPU dan AMD Southern Islands GPU. Ini berarti Orbis dapat menampilkan atau memainkan game dengan resolusi hingga 4096 x 2160, dimana jauh lebih canggih daripada HDTV yang beredar sekarang. Ini juga dapat berarti Orbis dapat mensupport 3D dalam 1080p (PS3 sekarang hanya sampai 3D 720p).

PlayStation 4 = ORBIS?

Beberapa developer pilihan diberitakan telah menerima dev kits untuk konsol terbaru ini sejak awal tahun. Kits yang telah direvisi dan diimporvisasi telah dikirim setelah Game Developer Conference dan versi final akan dikirimkan pada akhir 2012. Seharusnya dengan waktu yang cukup panjang itu developer (first maupun third party) dapat merilis game waktu Orbis dirilis nanti (diperkirakan akhir 2013). Jika kamu ingat, PS3 juga dirilis pada akhir 2006 (November untuk tepatnya di Jepang dan Amerika).

Playstation 3 tidak dapat memainkan game Playstation 2? Hal yang sama akan diterapkan untuk Orbis. Orbis tidak akan dapat memainkan game PS3 meskipun sama-sama dapat membaca blu-ray disc. Kemungkinan besar game PS3 akan diimport ke dalam PSN dan kamu harus membelinya (dalam kata lain kamu harus membeli lagi game yang sudah kamu beli). Tidak jauh berbeda dari apa yang Sony terapkan di PS3 sekarang.

PlayStation 4 = ORBIS?

Sama seperti Durango yang kita dengar dari berbagai sumber bahwa Orbis tidak bisa memainkan game bekas. Begini kutipan lengkapnya "new games for the system will be available one of two ways, either on a Blu-Ray disc or as a PSN download. If you buy the disc, it must be locked to a single PSN account, after which you can play the game, save the whole thing to your HDD, or peg it as 'downloaded' in your account history and be free to download it at a later date. (game baru akan hadir dalam 2 cara : blu ray disc atau sebagai PSN download. Jika kamu membeli dalam bentuk disc, game tersebut akan dikunci pada satu account PSN, setelah itu kamu dapat memainkan gamenya, mensave dalam HDD atau tandai sebagai 'downloaded' pada history account mu dan menjadi gratis untuk di download pada lain waktu.)

Jangan kira kamu dapat membeli gamenya dan offline, sama game PC sekarang kamu akan membutuhkan account PSN dan harus online untuk memulainya. Jika kamu memutuskan untuk membeli game bekas, kamu tidak akan dapat menikmati game itu sepenuhnya. Dirumorkan game bekas tersebut akan memasuki trial mode jika dimasukan dan mengharuskanmu untuk membayar jika kamu mau meng-unlock game tersebut secara full.

(Round up di page 3)

PlayStation 4 = ORBIS?

Round up :

  1. Next Playtation akan disebut atau diberi codename "Orbis"
  2. Direncanakan untuk rilis akhir 2013
  3. Tidak bisa memainkan game PS3
  4. Susah untuk memainkan game bekas
  5. Game baru dapat dibeli dalam bentuk blu-ray disc atau download dari PSN
  6. Memiliki spefikiasi AMDx64 CPU dan AMD Southern Island

Bagaimana menurut kalian? apakah kita membutuhkan Orbis sekarang?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU