PlayStation 4 = ORBIS?

Beberapa bulan lalu, rumor tentang penerus dari Xbox 360 (codename Durango) telah bocor dan kerap dibahas di berbagai belahan dunia. Sony yang merupakan rival dari Microsoft ini sendiri ternyata juga sudah mempersiapkan ‘sesuatu’ untuk melawann Durango. Baru saja tadi pagi sebuah rumor tentang projek rahasia Sony ini terbongkar dan nama projek tersebut adalah “Orbis.” Orbis sendiri berkemungkinan besar untuk menjadi penerus dari PlayStation 3. Jadi apakah sebenarnya Orbis ini?

Nama Orbis sendiri dalam bahasa Latin berarti Circle (lingkaran) atau Ring (cincin) atau juga Orbit. Jika nama dari handhel terbaru buatan Sony digabung maka akan menjadi Orbis Vita yang berartikan “The Circle of Life” (Lingkaran Kehidupan). Apakah ini pertanda Vita akan memegang peran besar nantinya dalam penggunaan Orbis? Tak mustahil! Wait, tapi apakah itu juga berarti Orbis akan menjadi nama final dari produk ini? Kita masih belum bisa mengambil kesimpulan hingga Sony angkat bicara. Seperti kebiasaan Sony mereka menolak tanggapan dari rumor yang beredar, kita nantikan kemunculan Orbis ini di event mendatang (Mungkin E3 atau TGS).

Spesifikasi yang juga ikut dirumorkan adalah Orbis dapat mengandung AMD x64CPU dan AMD Southern Islands GPU. Ini berarti Orbis dapat menampilkan atau memainkan game dengan resolusi hingga 4096 x 2160, dimana jauh lebih canggih daripada HDTV yang beredar sekarang. Ini juga dapat berarti Orbis dapat mensupport 3D dalam 1080p (PS3 sekarang hanya sampai 3D 720p).

Beberapa developer pilihan diberitakan telah menerima dev kits untuk konsol terbaru ini sejak awal tahun. Kits yang telah direvisi dan diimporvisasi telah dikirim setelah Game Developer Conference dan versi final akan dikirimkan pada akhir 2012. Seharusnya dengan waktu yang cukup panjang itu developer (first maupun third party) dapat merilis game waktu Orbis dirilis nanti (diperkirakan akhir 2013). Jika kamu ingat, PS3 juga dirilis pada akhir 2006 (November untuk tepatnya di Jepang dan Amerika).

1
2
3

SHARE
Previous articleTrailer Perdana Total Recall Remake
Next articleDua Jenis Dungeon di Etrian Odyssey IV
Codenamed Archangel, next gen Game yang masih berkedudukan SMA di Surabaya Timur Bertumbuh besar dengan bantuan dari game seperti Halo dan Twisted Metal. Menyukai banyak genre video game dari shooter, sports, action, WRPG, racing. Sangat up to date dengan dunia next gen gaming dan suka menulis apapun tentang video game ataupun movie Aktif dalam komunitas grup gaming facebook dan mendapat posisi baik dalam grup besar seperti Xbox 360 Fanboys Indonesia, Playstation Square, World of Nintendo, Gamer Inside, Band of Indonesian Gamers, dan Zigma Omega. Dikenal memiliki penyakit overhobbies, tidak hanya gaming tetapi juga expert dalam bidang movies, musics, mangas, animes, figures, sports.