Google Drive, All your files – everywhere.

Langsung dapat 5 GB gratis... setara dengan Rp. 50 ribuan tuh, jika disamakan dengan harga flash disk... hehe!

Bagi kamu yang banyak menggunakan layanan cloud storage semacam Dropbox, iCloud, Box.net, Skydrive dll, bersiaplah mendapatkan satu pilihan menarik lainnya, dari Google, melalui Google Drive. Memang kita sudah mengenal Google Docs, namun lebih sebatas untuk file-file dokumen saja. Dan dengan makin berkembangnya perangkat yang saling terjaring dalam sebuah koneksi internet seperti smartphone, tablet dan media player, layanan berbasis cloud seperti ini main berkembang dengan pesatnya. Bukan Google namanya jika mereka melewatkan…

Pertama kali rumor Drive muncul awal Februari lalu, menjanjikan kemudahan menyimpan foto, dokumen, dan video dalam “kotak” penyimpanan online yang bisa diakses melalui perangkat yang terhubung internet. Misalnya, jika seseorang ingin mengirim email berisi video dari smartphone, cukup upload video ke Drive melalui aplikasi mobilenya, dan kemudian mereka yang dituju email tersebut tinggal mengakses link video di server Drive, bukanya men-download videonya langsung dari email tersebut.

Google sendiri memulai usaha cloud storage mereka lima tahun lalu melalui G Drive. Ide Larry Page, yang sekarang menjadi CEO Google tersebut adalah layanan yang memungkinkan kita menyimpan data, file dan musik secara online, dengan rencana rilis 2007. Namun layanan tersebut justru diintegrasikan ke Google Docs dengan fokus file dokumen.
Seperti ini tampilannya nanti saat diakses via web... dengan layout yang disamakan dengan antar muka layanan Google lainnya...

Justru ide Google tersebut diteruskan oleh Dropbox, yang terus berkembang sejak pertama kali dikenalkan 2007 lalu — bahkan menawarkan gratis 25 GB bagi para pengguna HTC One. Tercatat pada Oktober 2011, pengguna Dropbox mencapai 45 juga, dan meningkatkan nilai perusahaan hingga US $4 milyar. Sempat juga Apple ingin membelinya, namun mungkin penawarannya belum cocok dan akhirnya Apple memilih layanan mereka sendiri, iCloud.

Dibandingkan iCloud yang ekslusif perangkat Apple, solusi Google dan kebanyakan layanan cloud storage lain adalah bisa diakses dari beragam gadget yang terkoneksi internet, dan mendukung langsung Drive. Namun dengan Google yang sudah membekali diri dengan banyak layanan lain, seperti Gmail, You Tube, Maps, plus yang melaju tak terbendung, Android, jelas Drive memiliki peluang lebih besar dalam menggaet pengguna.

Sedangkan dibandingkan dengan tipikal layanan cloud storage lainnya, solusi Google sama, menawarkan jatah default gratis, yang kemarin diketahui sebesar 5 GB dari rumor awal 1 / 2 GB (lebih besar dari Dropbox yang 2 GB, menambah rival baru untuk Box.net dan SugarSync), dan kemungkinan untuk space yang lebih besar, ada biaya berlangganan. Seperti Dropbox, yang men-charge $10 atau $20 untuk jatah hingga 50GB atau 100GB.

Google sendiri berencana mulai meluncurkan Drive dengan tagline “All your files – everywhere” ini pertengahan atau akhir April 2012 ini. Jadi penasaran, bagaimana solusi Google mempermudah kita mengakses file dari desktop, smartphone, tablet, dan drive.google.com — yang masih belum bisa diakses. Dan melihat layanan ini bisa berbenturan dengan Google Docs, bisa jadi juga Google Docs bakal diintegrasikan dalam Drive, dan memberimu opsi langsung mengedit dokumen di sana.


SHARE
Previous articleYuk, Datang dan Mengkristal Bersama Vandaria
Next articlePrototype? Atau Masih Bisa Ganti?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.