Google Tap, Solusi Mengetik Dua Tombol ala Kode Morse

Sebenarnya saya tidak suka mengoperasikan smartphone yang full touch… ribet kalau mau mengetik cepat, apalagi jika aktif di sebuah milist. Karena itulah dulu favorit justru yang ber-sliding keyboard. Namun Google paham dengan susahnya mengetik cepat di ponsel dengan tombol sentuh, maka mereka menghadirkan inovasi terbaru, Gmail Tap.

Diklaim makin mempercepatmu mengetik dan mengirim email, Gmail Tap seakan mengembalikan metode pengiriman pesan jadul melalui kode morse, dan mengaplikasikannya melalui software keyboard yang hanya menawarkanmu dua tombol, bukanya 26 atau lebih tombol standar keyboard QWERTY, yang mulai diperkenalkan sejak tahun 1874 dan sampai sekarang masih menjadi metode input paling populer.

Mode mengetik baru, multi-email! Menggandakan produktifitasmu, dengan memberi opsi mengetik dua email bersamaan...

Tidak sampai Google mencoba merevisi sejarah dengan keyboard dua tombol ini. Seperti yang kamu lihat pada screenshot-nya, keyboard ini juga dilengkapi dengan space bar, bisa mengeluarkan suara-suara ala kode morse dan bahkan begitu cerdasnya bisa mengenali predictive text serta menyimpan kata yang sering kamu ketikkan. Sedangkan fiturnya yang paling mengejutkan adalah opsi untuk keyboard Morse kedua di bagian atas layar, yang memungkinkanmu menggunakan dua tangan untuk mengetik dua email bersamaan… benar-benar AMAZING, bukan!?

Setiap huruf pada alfabet diwakili oleh pola titik sederhana atau strip garis, dan begitu kamu mengenali paduan titik dan strip yang mewakili suatu huruf, maka kamu mampu mengetik tanpa harus melihat ke layar. Dan itu membuatnya ideal ketika kamu berada di situasi dimana harus mengirim email secara diam-diam, seperti ketika kamu sedang kencan, atau di tengah ruang meeting dengan boss yang lagi emosi tingkat tinggi.

Segera menyelamatkanmu di tengah situasi urgent, dimana mengetik dengan keyboard QWERTY mungkin memperlambat prosesnya...

Google sendiri juga bakal terus berupaya menambahkan lebih banyak keyboard pada layar smartphone-mu (sementara ini baru Android dan iOS), hingga 8 keyboard, opsi input dengan cara menyentuh microphone dan bahkan feedback melalui cahaya LED pada layar yang berpendar (jika didukung oleh smartphone-mu).

Kamu bisa mengetahui lebih banyak mengenai teknologi ini dengan mengakses blog Gmail di sini, lalu di sini untuk melihat daftar kode morse-nya,  atau langsung download dari link berikut ini, yang sepertinya sedang sibuk, dan memintamu untuk kembali… 1 April tahun depan!! Hehe… ini salah satu lelucon April Fool-nya Google kok!

 

Ingat-ingat ya arti setiap kode morse di atas...

Kamu bisa mendapatkan inovasi sejenis dari Google, seperti bagaimana mereka membawa usaha Google membawa mobil tanpa penumpang masuk ke kancah NASCAR, cara baru multi tasking dalam Chrome Multitask Mode, layanan baru You Tube melalui sebuah program yang mampu mengantar langsung semua video yang di-upload sejak tahun 2005 langsung ke depan rumahmu (menggunakan 175 truk), atau bahkan opsi baru menikmati Google Maps dengan mendapatkan tampilan StreetView (yang sayangnya belum bisa diaplikasikan di Indonesia) melalui tatapan mata seekor Kanguru!!

Belum cukup, Google terus berinovasi melalui layanan baru mereka lainnya, seperti Gmail MotionDocs MotionGoogle GoRoGoogle Fiber dan Google JargonBot. Masuki tiap link tersebut, dan siaplah untuk tersenyum kecut, karena semuanya hanya menjadi bagian dari parade April Fools-nya Google! Hehe!

Sumber: Gmail Official Blog

httpv://youtu.be/1KhZKNZO8mQ


SHARE
Previous articleKagura: Aoaki no Shonentachi, Senran Kagura Versi Cowok Bishie?!
Next articleOMEGA Edisi ke 101 Sudah Terbit!!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.