Tips Default Launcher Part 3-HTC Sense

Setelah kita membahas tentang TouchWiz yang mengedepankan simplisitas dan kemudahan pemakaian, lalu mengintip tentang User xPerience milik Sony (Ericsson) yang indah dalam hal tampilan, maka kali ini kita beralih untuk menengok HTC Sense yang sangat mengedepankan fungsionalitas. Jika melihat sekilas, kita akan melihat sebuah tampilan yang cukup simpel namun tidak sesimpel TouchWiz milik Samsung. Namun, dibalik simplisitas tersebut, HTC sudah menanamkan banyak sekali fitur yang semakin meningkatkan fungsionalitas Sense. Karena fitur dan fungsionalitas yang cukup banyak itulah, HTC Sense ini paling banyak diadopsi oleh para modder untuk membuat Custom Rom. Tengok saja keluarga Bakpia untuk device Z71 yang menggunakan Sense sebagai salah satu variannya.

Unggul dalam hal fungsionalitas, namun masih ada kekurangan yang dimiliki oleh Sense. Salah satunya adalah resource yang cukup besar dan sangat memakan RAM dan ROM. Mungkin beberapa dari kalian akan setuju dengan saya, yang menganggap bahwa Sense adalah launcher paling “berat” dibandingkan TouchWiz dan User xPerience. Hal tersebut cukup beralasan, karena tanpa menggunakan widget pun, fitur yang dibebankan di home screen bisa dikatakan sudah cukup melimpah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kinerja Sense, namun juga tidak terlalu membebani hardware gadget kamu:

  1. Melihat Tanggal. Sentuh bar paling atas sekali dan kamu akan mendapatkan tampilan tanggal hari ini di pojok kiri atas. Status bar juga bisa kamu tarik sewaktu-waktu untuk melihat notifikasi, sama seperti default launcher yang lainnya.
  2. Menolak Panggilan Telepon. Di beberapa varian Sense, kamu bisa menolak panggilan yang masuk dengan menaruh gadget kamu dengan posisi layar berada di bawah. Hal ini adalah metode “membunuh” panggilan paling cepat dan unik dibandingkan dengan default launcher pabrikan lainnya. Kamu juga bisa mematikan ringtone (aka menuju modus mute) dengan menahan tombol volume bawah.
  3. Kaya Widget. Sense juga merupakan default launcher dengan jumlah widget default terbanyak, dan hampir semuanya penting untuk diletakkan di home screen. Namun, kamu harus bijak untuk memilih mana yang paling kamu butuhkan, agar widget-widget ini bisa maksimal, bukan justru membebani kinerja hardware kamu.

    Widget waktu dan cuaca, salah satu widget Sense yang paling "tenar" karena diadopsi banyak custom rom.
  4. Friend Stream. Salah satu fitur Sense yang sebenarnya tidak kalah dengan Timescape milik Sony. cukup login ke berbagai macam akun jejaring sosial kamu, maka kamu bisa mendapatkan update-update dari teman kamu langsung di gadget kamu.
  5. Semakin Banyak Widget. Masih merasa kurang dengan widget pre-installed yang tersedia di gadget kamu? Kamu cukup memilih Browse all HTC Widget yang ada di daftar widget dalam Personalize Area, maka kamu akan disuguhi 88 widget tambahan yang bisa kamu pakai!
  6. Shortcut pada Lockscreen. Salah satu fitur menarik lagi dari Sense adalah kamu bisa meletakkan shortcut aplikasi di lockscreen, sehingga kamu bisa tetap mengakses aplikasi tersebut meskipun gadget kamu sedang terkunci. Total kamu bisa meletakkan 4 shortcut di lockscreen ini.

    Sangat membantu. Baca Email tidak perlu unlock screen dahulu.. :D
  7. Desain Lockscreen yang Menarik. HTC rupanya melakukan tweak habis-habisan terhadap OS Android untuk Sense ini, bahkan untuk lockscreen-nya pun tidak luput dari modifikasi. Kamu bisa memilih satu dari enam tipe lockscreen yang bisa kamu gunakan di gadget kamu, mulai dari lockscreen yang bisa menampilkan foto, harga saham terakhir, bahkan laporan cuaca hari ini.
  8. Theme yang Melimpah. Selain widget, kamu juga bisa memilih satu dari sekian banyak theme Sense yang tersedia. Bukan hanya theme yang berbeda-beda, namun beberapa widget juga bisa menyesuaikan desainnya dengan theme yang saat ini sedang kamu pakai.
  9. Memaksimalkan Suara. Bagi para penggemar musik, mungkin dahulu sempat mengelu-elukan varian Walkman milik Sony. Namun semua berubah ketika Sense hadir, dan juga menggandeng Beats Audio pada beberapa gadget tertentu. Kualitas yang dimiliki Sense bisa dibilang mungkin masih sedikit dibawah Walkman, namun jika sudah dipadu dengan Beats Audio, rupanya Walkman harus lebih banyak mengimprovisasi lagi.

    Logo Beats Audio yang mulai "menempel" di Sensation XE, dan akan berlanjut di varian One.
  10. Setting Cepat. Jika kamu menarik bar atas, kamu bisa melihat banyak sekali ikon untuk setting cepat, mulai dari mematikan atau menyalakan bluetooth hingga melihat kapasitas memory tersisa. Fitur serupa juga bisa kita temui di beberapa varian TouchWiz milik Samsung.

Sekian dulu untuk HTC, dan untuk bagian selanjutnya saya akan membahas mengenai Motoblur, default launcher milik Motorola.


SHARE
Previous articleOMEGA Edisi ke 101 Sudah Terbit!!
Next articleMegaman Memasuki Ketenaran Baru dengan Idol Group?!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.