Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld!

Setelah sekian lama berjaya di PC dan mulai merambah PSP dalam beberapa tahun terakhir, akhirnya Sport Interactive tidak tahan juga dengan "godaan" untuk membawa Football Manager 2012 ke iOS dan Android. Lebih ringkas dan tetap adiktif!

Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld!

Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld!

Tidak bisa dipungkiri, serial Football Manager (FM) adalah salah satu serial simulasi sepakbola yang paling laris di PC. Bahkan sampai FM 2012-nya pun, serial FM masih unggul jauh dari para pesaingnya, sebut saja Championship Manager (CM) yang terus tenggelam. Salah satu daya tarik utama FM adalah kompleksitas gameplay dan juga database pemain yang cukup lengkap. Nah, setelah sekian lama meraih kesuksesan di PC (serta PSP meskipun kurang populer), kali ini FM 2012 hadir juga untuk iOS dan Android dengan nama FM Handheld 2012!

Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld![/caption]

Meskipun sudah hadir di "rumah" yang lebih kecil, namun beberapa ciri khas FM masih tersaji dalam FMH 2012 ini, salah satunya adalah fitur News Feed yang hadir setiap kali kamu membuka aplikasi ini, hingga kontrol tim secara penuh mulai dari transfer, latihan, hingga mengatur keuangan klub. Meskipun mempertahankan ciri khas FM versi PC, namun Sport Interactive juga "merombak" sebagian besar tampilan user interface sehingga nyaman untuk dimainkan dalam layar sentuh, bahkan yang berukuran kecil sekalipun (pengalaman pribadi.. hehe).

Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld![/caption]

Beberapa menu juga lebih disederhanakan, seperti menu training yang kehilangan fitur slider untuk menentukan bobot latihan, digantikan dengan empat kategori beban latihan, apakah tidak ada, light (ringan), medium (sedang) dan yang paling berat adalah intensive. Kamu bisa bereksperimen dengan mengkombinasikan keempat kategori ini sehingga mendapatkan porsi latihan yang paling pas untuk masing-masing posisi pemain kamu. Bukan hanya itu, yang saya sayangkan, menu arrange friendly untuk membuat jadwal pertandingan persahabatan juga dihilangkan. Padahal menu ini sangat bermanfaat untuk menyiapkan para pemain dalam menyambut musim baru.

Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld![/caption]

Sedangkan gameplay untuk pertandingannya, FMH lebih mirip dengan FM 2008, dimana kamu hanya akan melihat para pemain kamu berlaga dengan bulatan-bulatan kecil, dalam format 2 D. Meskipun begitu, kamu bisa kok mengatur kecepatan pertandingannya, atau bahkan langsung skip untuk mendapatkan hasilnya. Kekurangan saat gameplay ini adalah terkadang suara tiba-tiba hilang, dan juga terkadang komentar datang terlambat, seperti ketika bola sudah masuk, sepersekian detik berikutnya baru kamu melihat komentar bahwa tim kamu sudah mencetak gol.

Pantau Tim Dimana Saja dalam Football Manager 2012 Handheld![/caption]

Bagi penggemar game simulasi bola, game satu ini saya rasa masih menjadi yang terbaik diantara game simulasi bola lain yang ada di Android atau iOS (seperti Real Madrid Fantasy Manager atau MyFC). Untuk memainkannya, kamu bisa membeli game ini di Google Play Store atau di iTunes seharga US $9.99 (sekitar Rp 90.000). Setelah men-download, siapkan koneksi internet kamu untuk men-download data tambahan (cuma sekali kok) berukuran sekitar 8 - 14 MB tergantung gadget yang kamu gunakan.

ARTIKEL TERBARU