Nostalgia Nintendo Klasik dalam Gadget Android!

Setelah sebelumnya saya sudah pernah menuliskan artikel dan guide bagaimana mengubah perangkat Android menjadi sebuah PlayStation mini disini, maka dalam kesempatan kali ini saya akan menuliskan guide bagaimana mengubah gadget Android kamu menjadi sebuah konsol Nintendo klasik. Nintendo yang saya maksud disini adalah GBA / GBC dan juga Super Nintendo (SNES) yang sangat jaya di era 90 dulu. Tentu saja, caranya bukan seperti yang ada di artikel ini ya.. hehehe..

Untuk itu, dalam guide ini saya akan memandu kamu untuk kembali bernostalgia dengan game-game GBA / GBC atau SNES dengan menggunakan emulator Gameboid dan SNESoid. Kedua emulator ini saya pilih karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan emulator sejenis. Oiya, selain itu karena memang grafis game dari GBA dan SNES tidak semewah PlayStation, tentu saja emulator ini lebih ramah terhadap resource Android kamu, sehingga kamu yang memiliki gadget Android low end pun masih bisa menikmati emulator ini dengan lancar.

Sekarang yuk kita simak guide-nya satu persatu:

Gameboid 

Untuk kelas emulator Gameboy dan GBA, Gameboid menjadi pilihan saya karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Beberapa kelebihan yang dimiliki antara lain bisa mengikuti orientasi layar (portrait atau landscape) serta banyaknya opsi yang dimiliki, seperti pilihan refresh rate seperti yang dimiliki oleh PSX4Droid dan juga opsi untuk mengambil screenshot game yang tengah dimainkan. Awalnya, emulator ini tersedia di Android Market secara gratis, namun karena suatu hal, Android Market memutuskan untuk menghapus semua aplikasi emulator dari daftar aplikasi yang disediakannya. Untuk instalasi dan file download-nya ikuti langkah-langkah berikut:

– Download dulu file apk dari Gameboid dan juga file biosnya di http://www.4shared.com/get/MKBVPa4a/Gameboid.html

– Copy file apk Gameboid dan juga file bios-nya ke sembarang folder di SDCard kamu.

– Install aplikasi Gameboid. Tunggu hingga selesai.

– Buka aplikasi Gameboid. Kamu akan disuruh untuk mencari dimana lokasi file bios berada. Browse ke folder dimana kamu meletakkan file bios atau lakukan search. Setelah ketemu pilih file tersebut.

– Setelah itu, pilih ROM yang akan kamu mainkan. Banyak situs penyedia ROM yang ada di internet, lakukan search di google untuk mendapatkannya, atau kamu bisa mencoba ROM Final Fantasy VI Advance yang bisa di-download disini.

– Selamat, sekarang Android kamu sudah “berubah fungsi” menjadi GBA!

1
2

SHARE
Previous articleNayuta no Kiseki, Perubahan Besar Serial Kiseki
Next articleSurvival Guide: Dark Souls
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.