Event Reminder: Game Developer Gathering 2012!

Setelah sukses dengan pelaksanaan Game Developer Gathering (GDG) pada 2011 lalu di Universitas Bina Nusantara, GDG akan kembali hadir di bulan Mei yang akan datang! Bertempat di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong Tangerang dan akan dihelat pada tanggal 26 Mei 2012, GDG kali ini akan menghadirkan lebih banyak pembicara baik dari developer dalam negeri seperti Toge Productions dan Agate Studio, maupun dari luar negeri seperti Mochi Media dan Ameba Pico. Untuk format acara, selain para pembicara akan sharing mengenai kisah sukses mereka, disediakan pula sebuah showcase yang bisa digunakan para developer untuk menunjukkan karya mereka. Selain itu juga, dalam event ini nantinya para developer juga diberi kesempatan untuk melakukan open recruitment baik artist atau programmer untuk studio mereka.

Berikut ini adalah sedikit profil dari pembicara yang akan hadir dalam acara GDG ini

Toshihiko Suyama – DeNA (Japan)

Toshihiko Suyama adalah Market Development Director dari DeNA Asia Pasific, yang mana juga mendapatkan tugas untuk pengembangan bisnis social gaming DeNa di Asia Tenggara. Selain itu, dia juga bertindak sebagai konsultan dalam hal game design yang sering bekerja sama dengan para developer game di Asia Tenggara. Pengalamannya dalam pengembangan social game dan social network di Jepang adalah salah satu kekuatan utamanya.

Eric Chen – Mochi Media (USA/Asia)

Siapa yang tidak kenal dengan Mochi Media? Mochi Media adalah salah satu advertisement flash game terbesar yang ada di dunia. Eric Chen sendiri adalah Team Leader Mochi Media di Asia, yang bertanggung jawab untuk menjadi leader pengembangan bisnis Mochi Media di Asia.

Gregorius Martinus – Boomzap (USA/Asia)

Gregorius Martinus adalah Lead Artist dari Boomzap, salah satu developer game casual dengan perkembangan yang cukup besar di Asia Tenggara. Salah satu alumnus Matahari Studios ini lebih sering berkutat dengan desain karakter, lingkungan dan interface dari game. Boomzap sendiri saat ini sudah memproduksi banyak game untuk PC, Mac, Wii, iPhone dan iPad.

Arief Widhiyasa – Agate

Agate Studio adalah salah satu game developer terbesar di Indonesia, dan dibalik kesuksesan mereka ada nama Arief Widhiyasa, CEO sekaligus founder dari studio yang berdiri pada tahun 2009 ini. Motto Agate Studio, Live The Fun Way, merefleksikan semangat mereka untuk menjadikan hidup lebih menyenangkan, melalui game tentunya. Sampai saat ini, Agate Studio sudah membuat hampir 101 game untuk beberapa platform yang berbeda-beda, mulai web, Facebook, hingga mobile.

Cyberagent – Ameba Pico* (Japan)

Ameba Pico adalah salah satu portal social game yang ada di Jepang. Siapa yang akan menjadi perwakilan dari Ameba Pico untuk menjadi pembicara dalam acara ini akan segera dikonfirmasikan.

Hironao Kunimitsu – Gumi (Japan)

Gumi juga meruapakan salah satu portal social game di Jepang, namun lebih ke arah mobile. Baru saja dikonfirmasikan, dari Gumi yang akan menjadi pembicara dalam GDG 2012 ini adalah Hironao Kunimitsu, founder sekaligus CEO-nya.

Anton Soeharyo – Touchten

Anton Soeharyo adalah CEO sekaligus co-founder dari Touchten, sebuah perusahaan game development yang dibangun bersama dengan sepupu dan kakaknya dari tiga benua berbeda, Asia, Amerika dan Australia. Awalnya, Touchten memproduksi game untuk platform iOS, namun sekarang mereka sudah melebarkan sayapnya dengan menginvasi Android juga.

Wilson Tj – Mintsphere

Wilson Tjandra atau yang lebih dikenal sebagai Vresu adalah art director dari Mintsphere, developer game yang dia bangun bersama dengan Fandry Indrayadi pada tahun 2011 lalu. Sebelum di Mintsphere, Wilson sudah malang melintang di beberapa developer internasional, sebut saja Ovogames (yang akhirnya dilepas ke Bigfish, developer game Facebook), Q8’s Mobile (Kanada) dan beberapa game developer indie di Jerman dan America Serikat.

Final Fantasy Team – Altermyth

Altermyth juga merupakan salah satu developer terbesar dan paling senior di Indonesia. Salah satu karya terbaru mereka yang menjadi hits, adalah ketika dipercaya Square Enix untuk mentranslasikan Final Fantasy untuk Android kedalam bahasa Indonesia.

Kris Antoni – Toge Productions

Toge Productions dikenal dengan game-game flash mereka yang unik dan selalu menempatkan kita di peran antagonis. Selain itu, Toge juga seringkali mendapatkan penghargaan dari dunia internasional, salah satu yang baru saja mereka dapat adalah Best Game Art dalam Flash Gaming Summit 2012 untuk game Necronator 2. Kris Antoni sendiri adalah co-founder dari Toge Productions sekaligus CEO-nya.

Faunia Rancher Team

Faunia Rancher Team adalah sebuah tim developer game yang terdiri dari dua studio, Joyverter Entertainment dan Chowdown Games. Saat ini mereka tengah mengembangkan game Faunia Rancher, dibawah arahan dari Ronald Widjaja selaku Game Producer-nya.

Yusup S.M,S.T.,M.Inf.Tech – UMN

Salah satu dosen multitalenta di UMN yang mengajar di Fakultas Seni dan Desain. Dikatakan multitalenta, karena selain mengajar, juga dikenal ahli dalam sound designer, audio editor, film editor, hingga 3d concept art untuk game.

Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka untuk umum jadi siapa saja boleh ikut, baik kamu mahasiswa, media, ataupun game developer yang masih baru berdiri. Namun sebelum datang, kamu harus mendaftarkan diri kamu terlebih dahulu di website resminya http://gamedevgathering.com/ karena tempat yang disediakan sangat terbatas.

Ayo ramaikan acara ini, jarang-jarang kan menghadiri sebuah acara seminar dengan pembicara dari Internasional seperti Mochi Media dan Boomzap?


SHARE
Previous articleKetika Anime Jadi Ikon Promosi Produk
Next articleKart Rider Guide Chapter WKC Scenario 10
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.