NVIDIA Mengkonfirmasikan GeForce GTX 690, Sekali Lagi Bakal Tercepat di Bumi!

Melalui NVIDIA Gaming Festival 2012 yang digelar di Shanghai kemarin, NVIDIA mengkonfirmasikan flagship baru mereka, GeForce GTX 690. Apa yang kamu dapatkan di sini adalah penggabungan dua GTX 680 yang kencang namun tetap efisien dalam konsumsi daya, ke dalam satu kartu grafis. Bisa dibayangkan, dua GPU 28nmKepler dalam satu board. Mereka berbagi daya, berbagi sumber pendinginan, dan juga tentu saja keterbatasan space. Namun mereka yang sudah merasakan konfigurasi arsitektur GPU Kepler pasti bisa berharap kinerja yang hebat namun tetap dengan efisiensi daya yang baik dalam GTX 690.

Penawaran NVIDIA kali ini jelas mengungguli GTX 680 yang baru saja dirilis dan masih diklaim sebagai kartu grafis tercepat dunia. Dipenuhi dengan 3,072 core Cuda, dan frame luarnya juga terbuat dari aluminium yang dilapisi trivalent chromium. Sementara itu kamu juga mendapati sekitar kipas pendinginnya terbuat dari injeksi magnesium alloy — material yang sama yang biasa digunakan dalam industri otomotif serta pengembangan pesawat udara, dipilih karena bobotnya yang ringan, tidak menghantarkan panas, serta juga memiliki efek peredaman getaran. Menambah kemampuan pendinginan, unit GPU baru ini juga memiliki  dual vapor chamber dan center-mounted fan.

Semua teknologi tersebut jelas tidak datang dengan harga murah, setidaknya kamu perlu menyisihkan hingga US $1,000 untuk bisa mendapatkannya ketika dirilis 3 Mei 2012 nanti. Oh ya, jangan sampai makin tergoda, karena dua GPU tersebut bersama dalam satu SLI alias Scalable Link Interface (solusi NVIDIA menggabungkan dua GPU) sehingga secara efektif berjalan sebagai GPU quad-core. Jika itu kamu lakukan, NVIDIA mengklaim satu GTX 690 bisa beroperasi dengan tingkat keheningan 4dB lebih senyap, dan bahkan mampu menangani dua kali framerate meski dibandingkan dengan dua GTX 680 dalam konfigurasi SLI.

Keseluruhan GTX 690 menggandakan semua yang mampu dilakukan GTX 680. Mulai dua kali stream processors (2 x 1536), dua kali texture unit (2 x 128), dua kali Raster Operations Pipeline (ROP) (2 x 32), dua kali memory bus width (2 x 256-bit) dan dua kali VRAM (2 x 2GB). Dan yang hebat, konsumsi daya yang dibutuhkan alias TDP untuk GTX 690 (300W) juga tidak meningkat dua kali dibandingkan GTX 680 (195W). Sedangkan core dan boost clock speed kini berjalan pada 915MHz dan 1019MHz, atau sedikit lebih rendah dibandingkan 1006MHz dan 1058MHz untuk satu kartu GTX 680.

Lebih detail teknologi apa yang ditawarkan NVIDIA, kamu bisa masuk langsung melalui artikel keynote mereka selama event di Shanghai, yang bisa diakses di sini.

Sumber: GeForce UK

httpv://youtu.be/dGd2n0RBFqQ


SHARE
Previous articleSiapkan Kantongmu Membeli DLC FF XIII-2 di Bulan Mei
Next articleFirefox Segera Masuk Versi 13, Semakin Mendekati Chrome
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.