LG Cloud Menyusul Google Drive, Tawarkan “Brankas” Berkapasitas 50GB di “Awan!”

Spesial bagi pengguna keluarga Optimus...

Baru sepekan Google memperluas jaringnya di dunia maya dengan Google Drive, dan seakan mengancam eksistensi jasa penyedia cloud storage lainnya seperti Dropbox. Namun kini ada yang berani masuk ke layanan yang makin padat saja persaingannya tersebut. Adalah LG, yang kini tercatat sebagai salah satu vendor ponsel yang makin menanjak ranking-nya di dunia setelah seperti kebanyakan produsen lain, mulai menghujani pasar dengan Droid-nya, ikut menyediakan layanan cloud storage. Dan bisa ditebak, seperti Apple yang mengekslusifkan iCloud untuk pengguna iOS, LG Cloud yang baru – baru ini mereka konfirmasikan adalah fasilitas teristimewa mereka yang menggunakan keluarga “Optimus.” Layanan ini mulai memasuki masa percobaan hari ini, dan baru khusus di Korea dan beberapa wilayah U.S. saja yang bisa merasakan benefitnya secara maksimal — bisa mengakses langsung melalui Android, sementara ini baru melalui desktop software dan web saja.

Apa saja benefitnya? Yah, jelas tipikal cloud storage lain. Namun selama enam bulan pertama, mereka pengguna smartphone LG bisa merasakan begitu leganya mendapatkan jatah gratis 50GB storage di awan, yang bisa digunakan sekaligus sebagai media backup ketika pengguna Optimus meng-install aplikasi Android ke dalam smartphone mereka. Layanan 50GB ini juga menjadi bagian dari kolaborasi LG dengan Box. Setelah 6 bulan, space storage gratis tersebut bakal diturunkan menjadi 5GB — atau setara dengan Google Drive.

Maksimal upload hanya 2GB...

LG sendiri memang mengistimewakan pengguna Optimus. Namun bagimu yang mungkin masih setia dengan keluarga Galaxy dari Samsung, One dari HTC misalnya, atau smartphone Droid lainnya, masih bisa menggunakan layanan dari LG ini, dengan jatah default hanya 2GB saja. Oh ya, 2GB itu pun juga menjadi batasan upload untuk layanan LG Cloud ini — kamu bisa mengetahui berapa batas upload cloud storage lainnya melalui artikel perbandingannya di sini.

Seperti ini interface aplikasi web-nya...

Kesitimewaan lain layanan LG ini yang kami ketahui, kamu bisa melakukan transcoding video yang di-upload secara real time untuk mencapai penggunaan bandwidth yang baik, dan memungkinkanmu melakukan streaming content 3D yang mungkin dibuat melalui Optimus 3D, misalnya, melalui LG TV. Demikian tercipta ekosistem yang saling menguntungkan untuk semua perangkat LG yang memanfaatkan LG Cloud.

Juga ada aplikasi khusus desktop...

Sejauh ini melalui website mereka, kamu bisa mengoptimalkan layanan LG Cloud ini melalui aplikasi khusus untuk Android (minimal versi 2.3), juga ada aplikasi desktop untuk Windows XP dan 7, sedangkan portal khusus di web untuk mendukung layanan ini tengah dikembangkan. Dan tentu saja, ke depan LG juga menawarkan solusi langganan bagi mereka yang menginginkan jatah storage lebih besar. Oh ya, kabarnya Samsung juga bakal ikut mengenalkan layanan yang sama yang sementara ini disebut S-Cloud, bersamaan ketika mereka mengkonfirmasikan Galaxy S III pada Kamis besok.

Dan interface aplikasi Android-nya...

SHARE
Previous articleLara Croft and the Guardian of Light Dirilis Untuk PlayBook
Next articleAll Kamen Rider: Rider Generation 2, Makin Banyak Kamen Rider yang Unjuk Gigi!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.