Gundam AGE 3rd Generation, Perang Bumi dan Vegan Mencapai Klimaksnya

Tak terasa anime Kidou Senshi Gundam AGE sudah mencapai episode 29, dan generasi ketiga keluarga Asuno pun dimulai. Kio Asuno sebagai generasi ketiga memulai debutnya di episode ini, bersama dengan Gundam AGE-3 Normal.

Gundam AGE 3rd Generation, Perang Bumi dan Vegan Mencapai Klimaksnya

Gundam AGE 3rd Generation, Perang Bumi dan Vegan Mencapai Klimaksnya

Generasi ketiga ini dimulai pada tahun AG 152 dimana Romary Asuno melahirkan Kio di rumah sakit di City of Olivernote, Bumi. Asemu Asuno, ayah Kio dan suami Romary, harus pergi menjalankan misi terakhirnya sebagai seorang pilot Earth Federation Forces setelah Kio lahir. Asemu ditugaskan untuk menginvestigasi sebuah kapal terlantar. Tapi kemudian pihak militer berusaha mencari Asemu yang dikabarkan menghilang dalam misi tersebut, dan menemukan AGE Device miliknya, lalu menyerahkannya ke Flit Asuno. Dan pastinya AGE Device tersebut diwariskan kepada Kio Asuno.

[/caption]

13 tahun telah berlalu, dan Kio pun tumbuh menjadi cowok yang lemah lembut. Saat berada di dalam mobil bersama teman-temannya, mereka bertemu dengan kapal induk Vagan dan pemimpin Vagan yang bernama Fezarl Ezelcant mendeklarasikan invasi besar-besaran terhadap bumi sebagai tahap akhir mengambil kembali rumah mereka. Invasi tersebut dipimpin oleh Zeheart Galette yang masih tetap hidup (menggunakan Ghirarga) bersama dengan selusin unit Vegan yang baru, Danazine.

[/caption]

Semua terjadi setelah Big Ring yang menjadi benteng pertahanan Bumi berhasil dihancurkan oleh kapal induk Vagan yang lain. Kio dan teman-temannya berusaha kabur menggunakan mobil tapi di tengah jalan mereka bertemu dengan tiga anak kecil yang terjebak di jalanan yang hancur. Kio dan sahabat karibnya, Wendy Hearts, pun menyelamatkan ketiga anak kecil tersebut dan kemudian dijemput oleh Earth Federation Forces yang melakukan proses evakuasi. Tapi Kio tidak ikut, mengatakan pada Wendy bahwa ada sesuatu yang harus dilakukannya.

Kio percaya bahwa Gundam bisa menghentikan invasi ini. Dia bahkan hampir diserang oleh sebuah Danazine sebelum Flit datang dengan sebuah kendaraan dan meminta Kio untuk ikut dengannya. Ternyata kendaraan tersebut adalah Core Fighter, salah satu komponen Gundam AGE-3. Lalu Flit meminta Diva untuk meluncurkan kendaraan kedua yang tak lain adalah komponen lainnya, G-Ceptor. Flit pun memerintahkan Kio untuk mengendalikan Core Fighter dan melakukan proses docking dengan G-Ceptor di udara untuk bertransformasi menjadi Gundam AGE-3 Normal.

Gundam AGE 3rd Generation, Perang Bumi dan Vegan Mencapai Klimaksnya

[/caption]

[/caption]

[/caption]

Kio pun tersadar mengapa saat dirinya masih kecil, Flit membelikannya MS Battle Simulator yang ternyata untuk mempersiapkan dirinya mengendalikan Gundam AGE dan mewarisi Gundam AGE-3 untuk melindungi rumah dan orang yang dia cintai. Hal yang sama yang dilakukan oleh Flit dan Asemu Asuno.

Episode 29 ini bisa dibilang merupakan pembuka yang pas dengan sedikit bumbu drama dimana Kio belum pernah bertemu dengan ayahnya sekalipun. Tapi Kio sangat dekat dengan kakeknya, Flit Asuno, bahkan sangat menyayanginya, terlihat di awal-awal episode ini dimana dia diejek oleh temannya.

Yang mencurigakan, di scene opening terlihat sebuah siluet mobile suit dengan emblem Tengkorak dan kunci Inggris. Bisa dibilang seperti penggabungan antara Gundam AGE 2 dengan Crossbone Gundam. Dikabarkan, Asemu akan menaiki mobile suit ini! Nah loh, jadi penasaran kan mengapa si Asemu bisa menaikinya?

Mobile suit generasi ketiga pun memulai debutnya di episode ini. Sebut saja Clanche dan Clanche Custom serta Genoace O-Custom milik Earth Federation Forces yang melindungi Bumi. Clanche ini memang didesain mirip Gundam AGE-2 yang menjadikannya sebagai Mobile Suit dengan kemampuan manuver tinggi dan bisa berubah menjadi pesawat. Sedangkan dari sisi Vagan, ovv-af Danazine dan xvt-zgc Ghirarga memulai debutnya. Desain Danazine sangat unik, menjadi perwujudan naga sepenuhnya dari Gafran di generasi pertama. Sedangkan Ghirarga adalah evolusi dari Zeydra yang juga menjadi mobile suit milik Zeheart. Desain semua mobile suit di generasi ketiga ini mengalami peningkatan drastis dan keren-keren.

[/caption]

[/caption]

[/caption]

 Gundam AGE 3rd Generation, Perang Bumi dan Vegan Mencapai Klimaksnya Gundam AGE 3rd Generation, Perang Bumi dan Vegan Mencapai Klimaksnya

[/caption]

[/caption]

Secara keseluruhan, saya merasa generasi ketiga ini bisa menjadi pamungkas cerita Gundam AGE dengan baik. Intrik politik Vagan yang ingin mengambil alih Bumi terasa begitu kental, dan perang Vagan dengan Bumi menuju klimaksnya. Saya tidak sabar untuk menanti episode berikutnya, dan tentu saja dengan kehadiran bentuk baru untuk Gundam AGE-3, Orbital dan Fortress.

Sumber : GundamGuy, Gundam Wikia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

[/caption]

[/caption]