BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Butuh BlackBerry Messenger? Budget terbatas, tapi pengen dapat BlackBerry tipe terbaru? Pilih saja BlackBerry Curve 9220 Davis...

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Bagaimana kabar BlackBerry? Akhir - akhir ini memang tidak banyak yang membuat penulis penasaran dari BlackBerry... Di luar pun demikian, dan bahkan justru lebih sering mendengar pernyataan skeptis pangsa pasarnya yang terus menurun. Memang pasca Research In Motion (RIM) merilis OS 7.0 ada secercah harapan. Beberapa lineup barunya pun sepertinya mencoba sejalan dengan keinginan pasar, yang mendambakan lebih banyak BlackBerry yang bisa disentuh, seperti yang pernah kami tuliskan melalui preview Apollo dan Orlando sebelumnya.

Kemudian RIM juga berusaha mengubah opini pasar yang menganggap PlayBook sebagai produk gagal dengan merilis update software terbaru, dengan salah satu yang diunggulkan adalah mampu menerima aplikasi berbasis Android. Bahkan tablet pertama mereka tersebut juga terus mengalami revisi harga, dan bahkan bisa didapatkan dengan banderol setara Kindle Fire.

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Kembali ke pernyataan awal, bagaimana kabar BlackBerry? Di Indonesia sendiri, baru minggu lalu (tepatnya 5 & 6 Mei 2012, serentak di 4 kota besar Indonesia) BlackBerry Curve 9220 alias Davis diluncurkan dengan harga perkenalan Rp. 1.999.000. Memang tidak seheboh ketika Onyx 3 alias Bellagio dirilis November 2011 lalu dan menelan korban. Namun tetap sebagai BlackBerry termurah, banyak yang kepincut dengan penerus Gemini yang makin worthed saja secara spec dan harganya bisa dikatakan masuk akal.

Itu di Indonesia. Di luar sana, RIM juga hangat dibicarakan sehubungan dengan rencana mereka bakal makin menseriusi konsep OS yang berbasis full touch melalui sistem operasi BlackBerry 10. Namun untuk artikel ini, sedikit kami berikan impresi mengenai Davis... apakah memang worth dengan teknologi dan harga yang ditawarkan?

httpv://youtu.be/ZBBIVK6G-cM

Lanjut ke halaman 2, kita amati lebih dekat desain si Dave ini...  BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!! Dibandingkan beberapa BlackBerry kelas atas, di Indonesia seri Curve atau lebih familiar dengan kode nama Gemini (8520 dan juga 9300 untuk Gemini 3G), menjadi yang paling laku dipasaran. BlackBerry legendaris tersebut harganya baik baru maupun second, mampu bertahan meskipun di tengah opsi baru dari RIM. Dan bisa dikatakan lineup terbawah yang ditawarkan RIM ini menjadi tulang punggung penjualan.  BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Namun karena tipe terbawah, Curve tidak jarang menjadi target kritikan pedas dari pemerhati gadget. Kini datang Curve 9220, yang secara singkat menawarkan spesifikasi dengan kemampuan yang lebih cepat, built yang lebih baik, dan beberapa fitur baru secara mengusung OS 7. Curve 9220 ini memperbaiki formula telah terbukti sukses pada 8520 dan 9300, bukanya menawarkan pengalaman baru seperti pada beberapa BlackBerry terbaru yang fokus layar sentuh. Layout Curve 9220 sama persis seperti 8520. Sebuah layar 2.44 inchi dengan resolusi QVGA di atas empat tombol dan optical trackpad.

Keyboard QWERTY tiga baris di bawahnya, dan satu baris tambahan dengan shortcut tertentu berada di baris terbawah. Penulis melihat ukurannya sedikit lebih besar dari Gemini, namun tetap model dan penataan keyboard-nya sama seperti Gemini. Demikian jangan berharap menemukan kenyamanan mengetik ala seri Bold di sini. Material tubuhnya dari plastik, meskipun secara build terlihat lebih kokoh dari dua Gemini sebelumnya.  Pada sisi kanan kamu temukan tombol volume dan kamera. Di sisi kiri kamu dapati slot microUSB dan tombol khusus mengakses BlackBerry Messenger  -- yang sayangnya tombol kamera dan BBM tersebut baru beroperasi saat Davis dalam keadaan terbuka kuncinya.

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Melingkari sisi Davis kamu mendapati materialnya berasa berlapis karet, membantu kita ketika menggenggamnya lebih erat -- mengingat cover belakangnya yang terbuat dari plastik (dan agak ringkih tersebut) juga cukup licin. Kemudian di bagian atas, kamu kehilangan tombol akses media seperti pada 8520 dan 9300, karena ada tombol power dan port audio 3.5mm. Bicara port audio, kini earphones alias handsfree selain sebagai alat bantu mendengarkan musik dan telepon, juga berfungsi sebagai antena eksternal, karena Davis adalah smartphone BlackBerry pertama yang memiliki radio FM.

Klik halaman 3, mari kita "bedah" isinya...  BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Masih ke material Davis, kesan plastik ini sendiri menyelimuti bahkan sampai pada pelapis layarnya. Finishing yang terlihat glossy pada keseluruhan material plastiknya, yang juga menjadi pelapis luar layar, akhirnya juga membuat layar menjadi lebih susah terlihat di luar ruangan -- kecuali dengan brightness maksimal. Plus finishing glossy-nya itu juga termasuk paling mudah membuat jejak jemari, dan setidaknya pasti bakal memaksamu lebih memilih gel atau silicone case untuk melindunginya.

Detail konfigurasi teknisnya, layar 2.44 inchi dengan resolusi QVGA alias 320 x 240 pixel tersebut berukuran 49.6 x 37.2 milimeter, dengan kerapatan PPI (pixel tiap inchinya) 163.9 pixel/inchi. Dimensi tubuh Davis 60 x 109 x 12.7 milimeter, atau hanya terpaut 1 milimeter lebih tebal dari Gemini. Lebih ringan juga, dengan 102 gram, dibandingkan 106 gram pada Gemini.

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!![/caption]

Di balik tubuhnya itu, kamu dapati prosesor Marvell PXA940 dengan kecepatan 800MHz yang sama seperti Orlando. Namun sayangnya dipadankan dengan ROM dan RAM yang sangat minim untuk ukuran kebutuhan OS 7, yaitu hanya 512MB ROM dan 512MB RAM -- bandingkan dengan 256MB ROM dan 128MB RAM pada Gemini, atau 256MB ROM dan RAM pada Gemini 3G alias Kepler. Konfigurasi ROM dan RAM Davis itu sendiri setara dengan Gemini 3G versi CDMA. Memang Davis meningkat jauh dari Gemini, namun OS 7 membutuhkan jatah ROM yang besar untuk menyimpan data OS. Untuk RAM, seharusnya juga minimal 768MB seperti tipikal OS 7 lainnya, namun di sini hanya 512MB -- kemungkinan bakal kamu rasakan (melambat) ketika melakukan kerja multitasking berat.

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Jadi jangan heran saat kamu membeli Davis ini, jatah internal storage yang bebas bagimu untuk meng-install aplikasi tambahan hanya sekitar 98MB saja!! Diperparah dengan karakter OS BlackBerry yang agak kurang berpihak ke pengguna, karena semua aplikasi tambahan hanya bisa di-install di internal storage, meskipun slot micro SD-nya maksimal bisa menerima hingga 32GB! Satu lagi yang menjadi keterbatasan Davis, dia hanya bekerja di jaringan 2G! Jadi siap - siap saja sering mengalami pesan pending, atau begitu lambatnya ketika kamu mau mengakses website!

Dan pada halaman terakhir, kami bandingkan dengan Gemini dan Apollo, siapa yang menjadi pilihan terbaik?

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!

Selain keterbatasan spesifikasi teknis tersebut, setidaknya kamu masih bisa merasa lega karena Davis langsung datang dengan radio FM, kemudian Wi-Fi 802.11 yang mendukung mode b/g/n serta kapasitas baterai yang lebih besar daripada Gemini yang sudah kita kenal -- baterainya bertipe Li-Ion 1450 mAh (J-S1) -- penulis hanya sekali menggunakannya sekali charge, namun bertahan sekitar dua harian pada penggunaan normal. Spesifikasi lainnya sama seperti Gemini, juga ada Bluetooth versi 2.1 yang mendukung mode handsfree A2DP, port microUSB versi 2.0, kameranya sendiri 2 MP dengan resolusi 1600x1200 pixel (penulis menilai kualitasnya setara dengan Gemini), sensor seperti accelerometer (mendeteksi gerakan), proximity (cahaya), serta compass. Davis sendiri dijual dengan empat pilihan warna, Black, Fuchsia Pink, Pure White, dan Teal Blue.

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!![/caption]

Jujur saja secara teknis sangat tidak menarik si Davis ini. Namun secara software, dia menjadi yang pertama menjalankan OS 7 versi update, yaitu OS 7.1. Beberapa yang ditambahkan RIM untuk update tersebut seperti BlackBerry Tag yang memaksimalkan penggunaan NFC untuk meng-invite teman ke BBM, exchange contact, dan juga share app untuk membagi info aplikasimu juga menjadi bagian dari OS 7.1 -- yah, fitur - fitur yang sebenarnya jamak pada platform lainnya. Namun sayang fitur tersebut tidak bisa digunakan untuk si Dave ini karena absennya chip NFC (near field communication).  BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!!Kembali ke pertanyaan awal, apakah Davis ini lebih worth dibandingkan Curve lainnya yang masih bercokol sebagai penguasa penjualan BlackBerry, yaitu seri Gemini dan Kepler? Penulis pribadi menilainya kurang worth dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan... Memang prosesor yang kencang memperbaiki salah satu kekurangan Gemini dan Kepler, yaitu kinerja yang melambat ketika storage dan RAM menipis... Namun dengan OS 7.1 yang kebutuhan resource-nya juga besar, kamu pun akan menemukan Davis segera kekurangan storage dengan jatah sisa hanya 98MB saja. Namun jika kebutuhanmu hanya sekadar BBM dan menggunakan aplikasi default si Davis ini (BlackBerry Messenger, App World, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Google Talk, BlackBerry Maps, Social Feeds dan Documents to Go), kami rasa kamu tidak akan menemukan gejala nge-lag seperti pada Gemini.

 BlackBerry Curve 9220 Davis, Akhirnya Ada Radio FM Untuk BlackBerry!![/caption]

Apalagi dengan harga terpaut yang tidak begitu jauh, dengan Gemini yang masih dijual di rentang 1.5 jutaan dan Gemini 3G alias Kepler (bakal mendapat penerusnya, BlackBerry 9320 Armstrong dalam waktu dekat ini) yang masih di atas 2 juta, membuat Davis dengan fitur - fitur barunya terlihat lebih menggiurkan. Penulis pribadi jika memiliki dana 2 juta untuk membeli BlackBerry, lebih memilih Gemini 3G versi CDMA, alias Curve 9330 karena harganya di pasaran di bawah Gemini, namun dengan kapasitas ROM dan RAM yang selega Davis ini... Ya ya, OS-nya memang masih OS 6.0, namun bukanya kita membeli BlackBerry sekadar hanya untuk BBM-an ya... hehe!

ARTIKEL TERBARU