Edmodo, Situs Microblogging Guru dan Murid

Edmodo adalah situs microblogging yang dapat membantu pembelajaran dalam menyampaikan materi dan tentunya fitur yang ditawarkan sangatlah menyenangkan, seperti kita online dalam Facebook.

Edmodo, Situs Microblogging Guru dan Murid

Edmodo, Situs Microblogging Guru dan Murid

Tampilan awal edmodo.com

Sebelumnya kita semua pasti tahu akan yang namanya Facebook. Facebook adalah situs jejaring sosial yang dibuat oleh Marck Zuckerberg yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan Presiden, artis, anak kecil, muda, orang tua pun menggunakan facebook. Kini hadir situs jejaring sosial bagi guru dan murid yang dapat membantu guru dan murid dalam pendidikan bernama Edmodo.

Bicara sejarah mengenai Edmodo, Edmodo didirikan oleh Nicolas Borg dan Jeff O'Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di daerah Chicago. Edmodo sendiri adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lain, selain tentu saja dengan putra atau putri mereka sendiri. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan sudah memiliki kurang lebih 7 juta akun yang terdiri dari guru dan murid.

Edmodo adalah situs microblogging yang dapat digunakan di dalam kelas maupun rumah. Edmodo juga dapat membantu guru yang tidak bisa mengajar di kelas dengan memberikan materi pembelajaran secara online. Dalam Edmodo, Guru bisa memberikan tugas yang bisa ditentukan waktu pengumpulannya serta meng-upload materi belajar. Murid juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya di Edmodo atau jika disamakan dengan facebook, bisa dikatakan Update Status. Lebih tepatnya lagi, edmodo adalah “Facebook Guru dan Murid” karena fitur yang ditawarkan hampir sama dengan facebook. ^^

Fitur  yang ditawarkan adalah :

  1. Bisa meng-edit Profile Picture dan Nama.
  2. Tampilan yang sama seperti facebook.
  3. Assignment yang dapat diposting guru sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.
  4. Pengaturan jadwal event-event penting.
  5. Satu anak bisa menjadi murid banyak guru.
  6. Edmodo bisa diakses melalui handphone.

Edmodo, Situs Microblogging Guru dan Murid

Edmodo sendiri bisa diakses melalui mobile, dan sudah tersedia untuk smartphone Android dan iPhone. Semakin mudah saja untuk belajar dan semoga saja dengan adanya situs ini dapat menyama ratakan pendidikan di Indonesia. :)

ARTIKEL TERBARU