Facebook App Center, Satu Tempat Dapatkan Aplikasi & Game Facebook

Facebook kembali melakukan terobosan. Hari ini mereka mengkonfirmasikan App Center, yang esensinya sama seperti tipikal pasar aplikasi seperti App Store, Google Play Store atau yang juga makin ramai, Chrome Web Store.

Melalui Developer Blog-nya, menyebutkan jika App Center yang bakal segera dirilis dalam beberapa minggu ke depan ini bisa diakses melalui web, sekaligus juga ada versi mobile-nya untuk iOS dan Android. Walaupun belum sepenuhnya dibuka, namun melalui pengumuman ii Facebook berharap para developer bisa bersiap mendaftarkan aplikasi dan game mereka di App Center.

Masih dari blog tersebut kami mengetahui jika nantinya akan sedikit berbeda dengan tipikal pasar aplikasi biasanya, karena untuk memperlihatkan daftar paling teratasnya tidak menganut mana yang paling banyak di-download. Namun Facebook memilih rating untuk menilai aplikasi dan game tersebut layak tidak menduduki posisi tertinggi daftar mereka. Dan jika aplikasi mendapatkan rating buruk, bisa jadi tidak akan pernah di-rating sama sekali karena tidak muncul di daftar teratas. Kemudian sistem Facebook juga berbeda dalam menilai aplikasi atau game yang direkomendasikan. Bergantung dari aplikasi atau game apa yang kamu rate dan gunakan, rekomendasi aplikasi / game lainnya juga berbeda.

Dengan keberadaan App Center ini, kini setiap developer diwajibkan memiliki detail page untuk setiap aplikasi / game mereka, bukan sekadar ikon dan penjelasan singkat seperti kebanyakan aplikasi yang kita temui saat ini. Jika kamu termasuk developer yang tertarik, bisa masuk kemari untuk lebih jelasnya. Di sana kamu bisa menemukan tutorial bagaimana submit aplikasi / game berbayar, tidak seperti sebelumnya dimana kebanyakan aplikasi / game tersebut bisa dimainkan gratisan, namun menerapkan konsep freemiun dengan in-app purchase (contohnya seperti FarmVille). Kamu bisa masuk ke halaman ini untuk submit aplikasi / game berbayar tersebut.

Sepertinya App Center ini bakal menjadi tempat dimana kamu bakal menemukan semua aplikasi dan game yang selama ini kamu nikmati terintegrasi dalam setiap account-mu, namun dengan antar muka yang lebih baik, dan tentu saja juga mempermudah setiap transaksi yang kamu lakukan untuk mendapatkan aplikasi dan game berbayar. Dengan pengguna Facebook mencapai lebih dari 900 juta account, tidak susah bagi mereka menjaring hanya beberapa puluh persen di antaranya untuk serius menggunakan aplikasi atau game dari App Center, dan mendatangkan uang dari sana.

Sumber: Facebook Blog


SHARE
Previous articleGoogle+ Kembali Berbenah, Pertama Kali Dirilis Untuk iOS
Next articleBermain Diablo III Tanpa Dibatasi Region!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.