Google+ Kembali Berbenah, Pertama Kali Dirilis Untuk iOS

Google+ menjadi satu usaha baru Google dalam bisnis jejaring sosial, setelah Facebook dan Twitter sukses di kancah tersebut. Konsepnya lebih menjadi perpaduan dua jejaring sosial tersebut, serta integrasi terbaik fitur – fiturnya didapatkan melalui Android. Dan memang sejauh ini Android selalu mendapatkan update terbarunya. Namun baru kemarin, rupanya Google punya rencana sendiri, karena melalui blog mereka, Google membuat update baru aplikasi mobil Google+ justru dengan berbagai pembaruan untuk versi iOS-nya dulu, bukan untuk versi Android seperti biasanya.

Kini Google+ iOS terlihat makin cantik, dengan tampilan Stream menjadi seperti Flipboard, thumbnail-nya untuk post kita dibuat begitu besar… Dan gambar thumbnail tersebut dihasilkan dari gambar yang tersimpan di dalam content yang kamu post. Jadi jika kamu mem-post link YouTube, maka bakal muncul thumbnail video. Kemudian Google juga memberikan animasi scroll baru, dimana jika ada post baru, bakal langsung melayang dari bagian bawah layar seiring kamu melanjutkan scroll layar untuk melihat post – post lainnya. Namun scroll secara horizontal ketika kamu mau berpindah antar kategori, dari What’s Hot ke All Circle misalnya, tidak berlaku lagi. Kamu bisa mengakses setiap kategori view dalam Google+ dengan mengklik drop down menu yang ada di bagian atas layar.

Penulis juga lebih menyukai tampilan background warna gelap di sini, karena pada beberapa jenis layar smartphone, warna gelap lebih menghemat baterai. Namun untuk background selama chat Hangouts masih tetap putih, seperti pada Google Talk. Dengan background gelap, tampilan layar utama yang sebelumnya menampilkan ikon – ikon besar dengan latar belakang putih, kini menjadi lebih nyaman dengan latar belakang hitam. Kemudian seperti Facebook, Google+ terbaru ini juga menerapkan gambar cover berbeda (lebih besar juga ukurannya, memenuhi layar) dari gambar profilmu. tombol +1 yang dulunya dibuat sangat kecil juga mendapat perubahan posisi, kini berada di atas setiap post di Stream, dan makin mudah untuk menyentuhnya.

Sementara ini memang baru untuk iOS saja update baru ini, namun penulis yakin bakal ada segera untuk Android, dan sepertinya bakal banyak yang suka dengan tampilan gelapnya. Sementara itu meskipun untuk iOS, masih tetap iPhone dan iPod touch saja yang bisa menggunakannya. Belum ada versi khusus iPad. Kamu bisa mendapatkannya langsung melalui App Store.

Sumber: Google Blog


SHARE
Previous articleDetail Soul Sacrifice, Berdarah-darah dan “Mengerikan”
Next articleFacebook App Center, Satu Tempat Dapatkan Aplikasi & Game Facebook
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.