Instagram Android Diperbarui, Mendapat Dua Efek Baru

Instagram mulai hadir di Android 5 April 2012 lalu, langsung membuat kehebohan di tengah pengguna Droid. Walaupun sudah hadir di iOS sejak Oktober 2010, namun entah kenapa pasca masuk ke Android, eksistensinya yang mempermudah kita berbagi foto terlihat “menakutkan,” setidaknya bagi Facebook. Mereka membeli Instagram dengan nilai yang luar biasa, dan sampai saat ini masih menjadi misteri untuk apa Facebook melakukan hal itu.

Paling masuk akal, Instagram adalah salah satu model jejaring sosial berbasis sharing foto yang unik, sekaligus juga memiliki kelebihan interface mobile-nya yang menurut penulis lebih tidak menyusahkan daripada Facebook Mobile. Namun apa pun itu, sebulan pasca dirilis di Android, tim Instagram terus memoles fitur versi Android ini dengan beberapa kali melakukan update. Dan update terakhir diluncurkan 8 Mei kemarin, yang saya ketahui ketika main – main ke blog mereka di sini.

Foto paling kiri normal, berikan efek buram, dan foto kanan mendapatkan efek buram di sisi atas - bawah foto.

Instagram Android banyak mengalami masalah di minggu – minggu awal perilisannya, dan banyak fitur iOS-nya belum diimplementasikan. Dan untuk versi terbaru 1.1.0 ini, akhirnya kamu mendapatkan efek tilt-shift untuk membuat tampilan foto terlihat nge-blur pada bagian tertentu. Terlihat jelas dengan adanya ikon baru berbentuk tetesan air di baris atas interface-nya. Efek ini memberi dua tipe pola blur. Satu yang menciptakan efek buram di sisi atas dan bawah foto, sehingga bagian tengahnya saja yang terlihat jelas — cocok untuk foto dengan fokus obyek horizontal. Lalu efek buram kedua bakal memburamkan keseluruhan gambar, namun menyisakan hanya satu titik saja di tengah yang terlihat jelas. Efek tersebut cocok untuk memberi fokus lebih pada obyek yang berada di tengah frame foto.

Kali ini efek buram berada di semua bagian foto, dengan fokus paling jelas berada di tengah.

Memang update ini makin fiturnya setara dengan versi iOS, namun masih banyak juga Droid yang belum didukung sepenuhnya apikasi ini, dan tetap harus menunggu tim Instragram merilis update barunya di kemudian hari. Lebih jauh mengenai efek tilt-shift, kamu bisa masuk ke blog Instagram di sini. Kemudian untuk men-download Instragram terbaru ini bisa melalui Google Play, atau jika mau install secara offline, bisa dari link berikut ini.


SHARE
Previous articleDark Shadows, Kolaborasi Kedelapan Tim Burton dengan Johnny Depp!
Next articleTrailer Terbaru The Expendables 2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.