Sony Serius Resmi Merilis PS Vita, Gelar Roadshow di Kota-kota Besar Indonesia

Sony Indonesia tampaknya sangat serius menggarap pasar game Indonesia, dengan merilis PlayStation Vita di sini. Mereka pun juga menggelar roadshow khusus (meskipun Jakarta tersisa sehari, namun masih ada Surabaya, Medan dan Denpasar, jadwalnya kami berikan di bagian bawah artikel) untuk mengiringi peluncuran handheld game tercanggih tersebut. Setidaknya penulis berharap besar, usaha tersebut juga dibarengi dengan dukungan kontinyu menghadirkan game terbaru, dan siapa tahu ada kebijakan lokal untuk software alias gamenya, juga bisa dihargai lebih murah, disesuaikan dengan standar Indonesia, ya… hehe!

Selama peluncuran PS Vita 8 Mei lalu di Cone FX Mall, Sudirman Jakarta, terlihat Mitsuo Hirakawa dari Sony Computer Entertainment Europe dan Katsuhiko Murase dari Sony Computer Entertainment Hong Kong. Menurut mereka, masih dipertimbangkan merilis versi 3G-nya di Indonesia... sip, lah! (Foto via Yahoo! Indonesia)

Sebagai refresh, PS Vita merupakan anggota keluarga baru handheld game dari Sony. Dirilis pertama kali 17 Desember 2011 lalu di Jepang, dan menyusul sisa Bumi lainnya selama pertengahan Februari 2012. Bulan Juni 2012 nanti, Sony baru merilis khusus versi 3G-nya di Kanada (karena mengalami delay), karena memang butuh perencanaan dan uji coba lebih dulu dengan operator seluler di sana. Seperti kita ketahui, secara default versi 3G PS Vita tidak sembarangan menerima kartu SIM operator — ya ya, kecuali ada yang bisa “mengakalinya” dan dijual berstatus unlocked.

Dijual di Indonesia mulai Rp 3.399.000. Namun dengan Value Pack seharga Rp 3.999.000, kamu mendapatkan paket berisi PS Vita, USB Cable, AC Adaptor, Power Cord, Memory Card 4GB, dan sebuah game Uncharted: Golden Abyss. Foto via Yahoo! Indonesia

Sebelum dirilis, berbagai media banyak menaruh ekspetasi tinggi terhadap PS Vita, termasuk Duniaku dan  Zigma. Spesifikasi tinggi, bahkan lebih menarik dibandingkan smartphone kelas atas (jika dipandang dari sisi gaming tentunya), layar lebar, dan juga klaim di awal juga bakal mendapat sokongan banyak value added software, membuatnya menjadi salah satu gadget idaman. Namun sepertinya keadaan tidak berjalan semulus yang diharapkan, karena “monster hardware ” ini tetap melempem tanpa dukungan software yang menarik. Sampai saat ini PS Vita sendiri sudah terjual sekitar 2 juta unit di seluruh dunia (dalam kurun waktu 6 bulan masa hidupnya), dan seharusnya bisa meningkat lebih baik jika game – game kelas beratnya meluncur dengan lancar.

Sebagai perbandingan, 3DS yang sudah berusia hampir satu setengah tahun sudah terjual hingga 17 juta unit. Handheld Nintendo melunjak penjualannya, karena game – game unggulannya (Kid Icarus Uprising, Kingdom Hearts 3D, Resident Evil Revelations) juga dirilis akhir – akhir ini — dan seperti kata Shigeru Miyamoto, merilis game unggulan secara berkala memang menjadi strategi Nintendo. Ok, cukup dengan pengenalannya, di bawah kami berikan juga spesifikasi singkat PS Vita:

Product Specifications

  • CPU: ARM® Cortex™-A9 core (4 core)
  • GPU: SGX543MP4+
  • Main Memory: 512MB
  • VRAM: 128MB
  • External Dimensions: Approx. 182.0 x 18.6 x 83.5mm (width x height x depth) (tentative, excludes largest projection)
  • Screen (Touch screen): 5 inches (16:9), 960 x 544, Approx. 16 million colors, OLED, Multi touch screen (capacitive type)
  • Rear touch pad: Multi touch pad (capacitive type)
  • Front camera, Rear camera: Frame rate : 120fps@320×240(QVGA), 60fps@640×480(VGA), Resolution : Up to 640×480(VGA)
  • Sound: Built-in speakers, microphone input
  • Sensors: Six-axis motion sensing system (three-axis gyroscope, three-axis accelerometer), Three-axis electronic compass
  • Location: Wi-Fi location support
  • Wireless Communications: IEEE 802.11b/g/n (n = 1×1)(Wi-Fi) (Infrastructure mode/Ad-hoc mode), Bluetooth® 2.1+EDR (A2DP/AVRCP/HSP)
  • Power: Built-In Lithium-ion Battery DC3.7V 2210mAh, AC Adaptor
  • Operating Temperature: 5°C – 35°C
Dan berikut kumpulan artikel Duniaku yang pernah mengulas mengenai PS Vita, mungkin bisa menjadi salah satu acuan bagimu sebelum memutuskan membeli salah satu gadget idaman ini.
Jadwal Roadshow Sony untuk kota - kota besar di Indonesia... dan di bawah demo beberapa game terbaik PS Vita sampai sejauh ini...

Gravity Rush PS Vita

httpv://youtu.be/s6sGni2MGwk

EA Sports FIFA Football PS Vita

httpv://youtu.be/z_5K47I0cKM

Uncharted Golden Abyss PS Vita

httpv://youtu.be/5yafkZe-tV8

Sumber: Sony Indonesia


SHARE
Previous articleAsura vs Ryu di DLC Terbaru Asura’s Wrath
Next articleDaftar Kostum-kostum Sexy di DLC Lollipop Chainshaw !
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.