Facebook Mengupdate Tampilan Antar Muka Timeline Versi Mobile

Mungkin kamu yang doyan menggunakan Opera Mini tidak akan merasakan perubahan ini, namun dengan browser mobile lain yang user agent-nya dikenali bukan sekadar sebagai mobile (Android, iPad, iPhone misalnya), mulai hari ini kamu bakal menemukan ada yang beda ketika mengakses Facebook melalui browser – browser seperti default browser-nya Android, iOS, Symbian atau browser yang sudah mampu menerapkan user agent selain Mobile dan Desktop serta mendukung teknologi Ajax seperti Dolphin (termasuk yang versi Mini), Maxthon, UC Browser, hingga  Firefox (yang versi mobilenya begitu buerat) ketika mengakses melalui m.facebook.com.

Foto dan gambar terlihat lebih besar...

Kenapa beda? Karena Facebook meng-update tampilan mobile apps (Facebook for Android / iOS) dan website mobile mereka (yang versi touch, seperti terlihat pada gambar – gambar di bawah) sehingga membuat post yang terlihat menjadi sedikit lebih nyaman dilihat. Menurut penulis sendiri, update ini sedikit terinspirasi dengan antar muka per kolom yang diterapkan Flipboard. Dalam revisi baru antar muka ini, post yang kamu buat tidak lagi ditampilkan dalam tampilan yang berdekatan satu sama lain, namun kini setiap post bisa mendapatkan kotak – kotak mereka sendiri yang terpisah. Demikian jika post itu berupa gambar atau foto, maka kamu bisa saja mendapatkannya terlihat begitu besar, sehingga tidak perlu memaksamu meng-klik hanya untuk melihatnya lebih jelas.

Menurut ukuran penulis, setidaknya Facebook memperbesar gambarnya hingga 3x ketika kamu mengakses News Feed / Kabar Berita. Foto / gambar itu dipasang memenuhi satu layar smartphone-mu dari ujung kiri – kanan. Masuk ke Album, kini foto di sana terlihat lebih besar, termasuk juga thumbnail merekadi sana juga membesar, tersusun dalam bentuk kisi – kisi memanjang ke bawah.

Foto atau gambar membesar dari ujung kiri ke kanan... Tampilan Album pun lebih menarik!

Kamu tidak perlu melakukan langkah manual untuk bisa menemukan update ini ketika mengakses Facebook mobile, asal smartphone-mu adalah iOS, Android atau smartphone lain yang mendukung Ajax dan mengakses melalui m.facebook.combisa langsung otomatis mendapatkan tampilan baru ini.

Oh ya, kembali ke Opera, dua keluarga browser Opera khusus ponsel, seperti Opera Mini dan Opera Mobile, harus bisa menerima kenyataan tidak bisa menikmati tampilan baru ini.

Dan malangnya Opera, masih harus bertahan dengan tampilan mobile yang lama ini... walaupun tidak bisa dipungkiri, sangat ringan aksesnya!

Sumber: Facebook


SHARE
Previous articleYuk Menonton Film Pendek Ghost Recon: Alpha!
Next articleLihat Trailer Baru Dari ‘The Last of Us’
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.