Dual-on Canggih Dari Samsung, Galaxy Ace Duos SCH-i589

Lineup dual-on Samsung...

Ponsel dual-on terbukti sangat laku di beberapa wilayah negara berkembang, seperti Indonesia. Tidak heran, karena sampai saat ini salah satu fitur yang paling dicari pengguna feature phone alias non-smartphone adalah ponsel yang mampu menampung lebih dari kartu SIM dan aktif bersamaan. Samsung yang sebelumnya sukses dengan line-up Galaxy Y Duos mereka, juga menambah satu keluarga lagi sejak Februari 2012 lalu, walaupun baru untuk pasar India, melalui Samsung Galaxy Ace Duos.

Seperti inilah penampilan Duos ekslusif India...

Droid berkode nama SCH-i579 tersebut sekilas menarik dengan nama Ace dan Duos yang identik dua jaringan aktif bersamaan. Namun anehnya di sini, hanya ada satu kartu SIM saja, karena slot-nya hanya bisa diisi dengan kartu GSM, sedangkan jaringan kedua yang CDMA harus inject. Keduanya mampu aktif bersamaan, membuatnya benar – benar menjadi global phone — alias bisa aktif dimana – mana selama di sana ada jaringan GSM atau CDMA. Bentuknya dan sebagian besar spesifikasinya identik Galaxy Ace yang kita kenal, namun “jeroannya” sedikit beda, karena bukan baterai Li-Ion 1350 mAh digunakan di sini, namun baterai yang kapasitasnya sama dengan Galaxy S II, yaitu 1650 mAh. Dijual dengan harga INR16,900 (Indian Rupee), atau sekitar $340, sebenarnya Duos ini menjadi pilihan menarik. Sayangnya, ekslusif India saja… tidak sampai kemarin Samsung memutuskan merilis versi internasionalnya.

Inilah Galaxy Ace Duos internasional...

Benar, kabar baik bagi pemburu dual-sim yang pintar. Versi internasional ini justru mengajukan dua slot SIM jaringan GSM yang bisa aktif bersamaan. Itu satu kelebihannya dibandingkan Galaxy Ace original dan versi India di atas. Kemudian selain spesifikasi juga nyaris sama dengan versi single-on, layar LCD TFT 3.5 inchi beresolusi HVGA 320 x 480 pixel, kamera 5 megapixel dengan kemampuan merekam video berkualitas VGA, hingga prosesor single core 832MHz, kamu bisa berharap lebih. Samsung menyematkan lebih banyak RAM di sini, mencapai 512MB, dan langsung Android 2.3 Gingerbread out-of-the-box — Ace original awalnya masih Froyo. Selain itu, internal storage-nya juga meningkat mencapai 3GB, dan bisa diperbesar dengan memory microSD.

Sayangnya baterainya sama dengan versi single-on, yaitu hanya 1,300 mAh, bukanya 1650 mAh seperti versi India. Namun kamu juga masih menemukan ukuran slim 11.5 mm seperti Ace original, dan bobotnya pun tidak lebih dari 10 gram lebih berat dari Ace original yang berada di angka 114 gram.  Oh ya, seperti Duos lainnya, teknologi dual-on cerdas Samsung ini mampu mem-forward panggilan dari SIM 2 ke SIM 1, seandainya kamu sedang melakukan panggilan menggunakan SIM 1. Artinya, tidak mungkin ada panggilan yang terlewatkan, kecuali baterainya habis… hehe!

Samsung Galaxy Ace Duos bakal dirilis pertama kali di Rusia Juni 2012 nanti, dan menyusul kemudian Eropa lainnya, Amerika Latin, Asia, Timur Tengah Afrika dan China. Harganya sendiri belum dikonfirmasikan, namun seharusnya tidak lebih mahal dari Duos ekslusif India.

Sumber: Samsung Mobile


SHARE
Previous articleGame Developers Gathering 2012: Event Roundup Part 1
Next articleMarvel Mengumumkan Pernikahan Gay Pertama dalam X-Men (15+)
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.