Marvel Mengumumkan Pernikahan Gay Pertama dalam X-Men (15+)

Setelah sukses dengan Avengers, kali ini Marvel memberikan pengumuman mengejutkan untuk X-Men! Menyusul pernyataan Presiden Barrack Obama mengenai gay marriage, Marvel pun mengumumkan pernikahan gay pertamanya!

Marvel Mengumumkan Pernikahan Gay Pertama dalam X-Men (15+)

Marvel Mengumumkan Pernikahan Gay Pertama dalam X-Men (15+)[/caption]

Sudah sekitar dua minggu lamanya sejak Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, mengumumkan dukungannya terhadap pernikahan gay. Hal ini memicu kontroversi di berbagai pihak, namun yang jelas, sepertinya pihak Marvel, salah satu dari raksasa superhero entertainment di Amerika Serikat cukup mendukung pernyataan dari Presiden kulit hitam pertama di negara tersebut. Hal ini ditunjukan dari pengumuman lewat facebook dan twitter, di susul dengan pengumuman di website resmi mereka, marvel.com minggu lalu.

"In the wake of President Obama’s recent endorsement of same-sex marriage, some readers have asked whether mainstream comics will ”evolve” in their depictions of gay couples (to invoke Obama's word). Today, three comics figures vitally engaged in this topic offer their insights."

-Marvel Comics

Dengan pernyataan tersebut, secara resmi mereka mengumumkan bahwa salah satu mutant mereka, Northstar yang berkulit hitam, dan pacarnya yang berkulit putih bernama Kyle akan menikah pada bulan Juni 2012 dalam komik Astonishing X-Men edisi 51. Northstar dan Kyle sudah menjalani hubungan cukup lama di sejarah dunia Marvel, jadi tidak heran bila Marvel memilih mereka sebagai pasangan pertama yang akan mereka nikahkan. Diceritakan, Northstar akhirnya memberanikan diri untuk melamar pacarnya yang merupakan manusia biasa tersebut. Oh ya, Marvel pun telah mengumumkan sebuah event untuk menyambut pernikahan pasangan ini di websitenya, semua orang boleh mengikuti, termasuk kamu!

Marvel Mengumumkan Pernikahan Gay Pertama dalam X-Men (15+)

Meskipun pesaingnya, DC, telah melakukan pernikahan gay terlebih dahulu daripada Marvel, bahkan sebelum Presiden Obama mengumumkan dukungannya, namun boleh dikatakan bahwa Marvel, terutama X-Men, tidak membuat karakter gay tersebut sebagai sesuatu yang profit belaka, namun lebih kepada sebagai dukungan terhadap komunitas tersebut. Tidak hanya kepada komunitas gay, namun juga kepada semua jenis GLBT (Gay Lesbian Bisexual Transexual), dan juga kepada komunitas orang cacat dan terasingkan. Contohnya saja karakter Blue Ear yang dibuat khusus untuk anak tuna rungu, kemudian para karakter di X-Men memang kebanyakan dikucilkan dari sekitarnya, namun itu tidak berarti mereka tidak bisa apa-apa.

(untuk halaman kedua akan ada bahasan mengenai karakter dan gambar hubungan sesama jenis, viewer discretion is advised!)

[/caption]

Untuk GLBT sendiri, sudah banyak karakter dari Marvel yang dinyatakan merupakan anggota dari komunitas tersebut, untuk bagian G alias Gay, ada Northstar dan Kyle dari X-Men, Hulkling dan Wiccan dari seri Young Avengers, Graymalkin dan Anole dari Young X-Men, Rictor dan Shatterstar dari X-Factor, dan beberapa pasangan lainnya. Untuk dari bagian L dan B (Lesbian dan Bisexual), Marvel memiliki Mystique dan Destiny (yang melahirkan Northstar karena Mystique bisa berubah menjadi lelaki) serta Jennifer dan Marie dari Ghost Rider. Untuk bagian T (Transgender) ada Skrull yang sekarang merupakan seorang wanita bernama Karolina Dean.

Dari list tersebut, sudah dapat terlihat bukan bahwa Marvel cukup mendukung komunitas GLBT dan orang-orang yang biasanya diasingkan oleh masyarakat. Tindakan ini sendiri merupakan tindakan berani dari Marvel, lho! Awalnya, banyak sekali yang menentang sehingga membuat Marvel harus "menyembunyikan" kepribadian dari karakter "terlarang" mereka pada jamannya dulu, termasuk tentang Mystique dan Northstar.

Marvel Mengumumkan Pernikahan Gay Pertama dalam X-Men (15+)[/caption]

Bagaimana dengan Anda? Mengesampingkan masalah Agama, apakah Anda yang merupakan penggemar Marvel ikut gembira dengan adanya hal ini? Saya pribadi, tidak pernah membenci komunitas GLBT, bahkan saya memiliki beberapa kenalan GLBT, mereka juga bagian dari masyarakat yang sebenarnya tidak mengganggu bukan? Mereka bukanlah geng motor yang membahayakan jiwa masyarakat ataupun Mahasiswa yang tawuran di jalanan yang merusak fasilitas umum. Jadi, saya sebenarnya turut senang dengan berita ini, karena bukan berarti komunitas GLBT merupakan komunitas yang harus dikucilkan, harus dibuang. Mereka juga masyarakat yang memiliki hak yang sama dengan kita.

(Artikel ini dibuat semata untuk mengumumkan berita dari Marvel dan untuk share opini penulis mengenai GLBT, tidak berarti penulis menentang komunitas yang tidak mendukung GLBT, kita semua hidup bersama pasti memiliki pemikiran yang berbeda, tidak berarti kita harus saling mengejek antar pribadi masing-masing bukan?)

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU