MAKKO, The Coolest Online Comic and Pop Culture Magazine

Suka membaca komik? Bagaimana dengan membaca komik secara online, terutama untuk komik karya anak bangsa? Makko menjadi salah satu pilihannya, yang menawarkan beragam komik pilihan anak bangsa dan tentunya gratis.

Interview dengan Sunny Gho

Sunny Gho

Indonesia memiliki komikus handal yang banyak mengukir prestasi dunia. Sebut saja Sunny Gho, managing director di Imaginary Friends Studio, produsen komik di Singapura dengan jaringan yang mendunia. Karya Sunny Gho banyak dijumpai di komik-komik Marvel (Secret Warriors, Ultimate Avengers vs. New Ultimates), DC (Power Girl, The Savage Hawkman), Top Cow (Artifacts), dan banyak lagi.

Kecintaan Sunny untuk membangun industri komik Indonesia dibuktikannya dengan mendirikan penerbit komik digital Makko di tahun 2010. Lewat perusahaan ini, Sunny mengumpulkan para komikus untuk secara bersama-sama ikut berkarya menghasilkan komik terbaik.

Tahun ini Makko akan menerbitkan komik Vandaria. Hal ini seolah-olah dipertegas lewat event Makko Go Show 03: Mengkristal Bersama Vandaria yang diselenggarakan awal bulan April kemarin. Untuk lebih jelas tentang hal ini, kami akan menanyakannya langsung ke Sunny Gho.

Tim Duniaku (D): Halo Sunny. Bisa diceritakan awal berdirinya Makko?
Sunny Gho (SG): Halo juga! Makko didirikan pada akhir tahun 2010 atas inisiatif teman-teman untuk membantu membangun industri komik dalam negeri yang banyak dirasa kurang mendukung para pelakunya untuk mau terjun ke dunia komik.

D: Jadi apa yang ingin dicapai oleh Makko?
SG: Banyak masalah yang ingin kami coba beri solusi, tapi secara umum kami ingin komik Indonesia lebih dikenal oleh anak-anak muda, dan komikus Indonesia mulai bisa menjadikan profesi komikus sebagai cita-citanya.

D: Apa kendala-kendala yang dihadapi Makko untuk mencapai tujuan itu?
SG: Tentu saja hal tersebut tidak mudah, masalah umum dan spefisifik pun terus muncul. Tapi yang paling berat adalah jumlah konten dan konsistensi. Untuk mencapai jumlah reader yang tinggi, industri kita butuh konten yang secara konsisten bisa diikuti oleh pembacanya tanpa harus menebak-nebak. Ini membutuhkan komitmen semua pihak untuk akhirnya bisa terwujud.

D: Makko sudah mempunyai banyak komik hebat. Yang mana yang menjadi favorit Sunny?
SG: Komik-komik MAKKO punya kelebihan masing-masing, so far favoritku 5 Menit Sebelum Tayang :)

D: Tahun ini Makko akan menerbitkan komik Vandaria. Apa pendapat Sunny tentang Vandaria?
SG: Vandaria adalah universe fantasi yang besarnya tidak terukur, dibangun oleh orang-orang Indonesia yang passionate for the sake of that universe. Buat saya hal ini sesuatu yang mengagumkan dan banyaknya pihak yang terlibat untuk membesarkannya bisa menjadi contoh untuk teman-teman kreatif sebagai inspirasi untuk memajukan ide-ide kreatifnya menjadi produk yang besar dengan cara bersinergi / kolaborasi.

D: Makko tidak hanya menerbitkan satu, melainkan dua komik Vandaria. Sunny bisa menceritakan sedikit tentang kedua komik itu?
SG: MAKKO akan menerbitkan Linimasa dan Zephyrion. Linimasa merupakan sebuah komik omnibus yang menceritakan penggallan kisah dari universe Vandaria dimana pembaca bisa menemukan kisah-kisah yang terjadi di belahan dunia yang berbeda-beda di masa yang berbeda pula. Sedangkan Zephyrion adalah komik yang menceritakan lore utama dunia Vandaria, peperangan antara manusia dan frameless yang mengubah zaman universe ini selamanya.

D: Apa ada rencana untuk menerbitkan kedua komik ini secara cetak?
SG: Tentu saja ada, terus ikuti perjalanan Vandaria di MAKKO dan we’ll keep you posted about the books.

D: Saat ini Toge Productions (flash game developer Indonesia) tengah mengembangkan Lords of Vandaria, game untuk pasar internasional. Apakah Makko juga punya rencana untuk membawa komik-komik Vandaria ini ke pasar internasional?
SG: Pasar Internasional terus membutuhkan darah segar, terutama di segmen fantasy dan young adult, dan MAKKO berharap Vandaria bisa menjadi flagship title yang bisa kita (insan kreatif Indonesia) ekspor ke mancanegara.

D: Belakangan Makko punya banyak event off-air.Ada bocoran event Makko selanjutnya?
SG: Makko akan menggelar pameran komik dan budaya pop skala internasional bulan Juni nanti. Untuk infonya, ikuti infonya lewat Twitter kami di @MAKKO.

– Event ini tak lain adalah POPCON ASIA seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di sini.

D: Terakhir, apa harapan Sunny untuk Vandaria dan Makko?
SG: Saya berharap Vandaria dan sinerginya dengan MAKKO bisa turut membesarkan satu sama lain untuk tujuan membangun industri kreatif secara umum dan komik secara khusus. Kami percaya Vandaria dan MAKKO adalah kombinasi yang kuat, namun dibantu dengan kolaborasi dengan banyak pihak kreatif yang diciptakan oleh Vandaria sendiri, kami yakin kita bisa besar bersama. Untuk Indonesia!

D: Amiin. Terima kasih banyak atas waktunya.
SG: Sama-sama.

TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.