Samsung Galaxy S II > Galaxy S III? Bukan Sekadar Dua atau Empat Core

Hari ini Galaxy S III serentak dijual di 4 kota besar Indonesia… Kamu termasuk salah satu yang kepengen? Atau masih ragu apakah ada pilihan yang lebih worthed? Berikut opini pribadi penulis yang membandingkannya dengan Galaxy S II…

Di UK, event penjualan perdana Galaxy S III akhir Mei lalu tak luput dari nama artis... Penyanyi sekaligus artis Inggris Victoria Louise "Pixie" Lott hadir menemani Galaxy S III sebagai sasaran kedipan lensa kamera...

Demikian secara teknis sebenarnya hanya satu yang mungkin akan mengganjal dari Galaxy S III, RAM yang hanya 1 GB. Namun anehnya, Samsung juga merilis Galaxy S III ini dalam beberapa varian, termasuk juga yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8960 SoC. Chipset tersebut sudah dilengkapi penerus prosesor Snapdragon, yaitu Qualcomm Krait, dual-core dengan clock speed 1.5 GHz. Chipset tersebut dipilih karena di dalamnya juga terintegrasi on-die LTE-modem — dan benar, Samsung Exynos 4 Quad pada Galaxy S III, atau juga NVIDIA Tegra 3 pada HTC One X memerlukan modem eksternal jika mau mengimplementasikan dukungan koneksi 4G LTE.

GALAXY S Ⅲ docomo SC-06D

httpv://youtu.be/fvdZoU3pJ1w

Sementara ini diketahui tiga negara (yang sudah punya pita jaringan 4G) sudah pasti menjual varian dual-core Galaxy S III tersebut, yaitu Jepang, Kanada dan Amerika Serikat — dua negara terakhir dikabarkan baru mendapatkan pada 20 Juni 2012. Di Jepang kamu mendapatinya didistribusikan oleh operator NTT DoCoMo. Dikonfirmasikan 16 Mei lalu dengan kode seri SC-06D, Galaxy S III yang mendukung koneksi 4G LTE tersebut selain bercirikan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8960, juga disematkan RAM yang lebih lega, mencapai 2 GB. Kemudian versi Kanadanya dikenal sebagai Samsung Galaxy S III SGH-i747 (untuk operator AT&T), dan versi Amerika Serikatnya bisa kemu kenali dengan kode SGH-T999 (untuk operator T-Mobile).

Operator Kanada lainnya, Telus dan Videotron juga telah melaporkan bakal mendapat Galaxy S III dual-core ini, dengan harga kontrak $160 untuk tiga tahun langganan dan varian dengan storage 16GB, atau $210 untuk yang 32GB. Kemudian operator lain seperti Bell dan Rogers masih belum memastikan, namun besar kemungkinan mereka juga akan ikut menawarkan Droid dengan kemampuan LTE “paling panas” ini. Kemudian jika bertanya, bagaimana operator lain yang masih menggunakan jaringan CDMA, seperti Verizon dan Sprint, beberapa waktu lalu juga muncul kode nama SCH-i535 dan SPH-L710, yang dipastikan menjadi dua varian lain Galaxy S III di Amerika, dan bisa jadi juga menggunakan RAM 2GB.

GALAXY S Ⅲ docomo SC-06D

httpv://youtu.be/plil7XN7kEs

Penulis memasukkan informasi mengenai versi Jepang, Kanada dan Amerika dari Galaxy S III adalah karena jatah RAM-nya itu, sangat menggoda… Mari bersama berharap, meskipun hanya bisa masuk melalui jalur tak resmi (seperti banyak varian lain dari Galaxy S dan S II yang masuk Indonesia), kita bisa mendapatkan ketiga Galaxy S III tersebut di pasar lokal, karena setidaknya ada point plus melalui jatah RAM-nya yang super lega.

Oh ya, satu lagi, terus pantau Duniaku, karena kami bakal memberikan tips dan trik untuk membuat Galaxy S II, atau Droid lain pada umumnya, mendapatkan fitur – fitur ekslusif yang hadir di Galaxy S III…

GALAXY S Ⅲ docomo SC-06D

httpv://youtu.be/rzjoQRC8i1o

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.