E3 2012 : FF XIV Version 2.0 yang Lebih Keren, dan Akan Dirilis untuk Xbox 360?

 

Wacana mengenai reboot dari FF XIV sendiri sudah lama terdengar, dan baru pada event E3 2012 pihak Square Enix mengkonfirmasikannya. Selain itu ternyata Square Enix juga menyiapkan versi PS3-nya, meski demikian Yoshida tidak menjelaskan lebih detail mengenai tanggal rilisnya. Beliau mengungkapkan bahwa versi PS3 ini ditargetkan untuk para pemain baru, sehingga mereka akan memulai promosi dari awal. Mulai dari hal yang paling dasar, seperti memperkenalkan dunia Eorza (setting dunia FF XIV).

Yoshida menyampaikan ada tiga hal penting dalam pengembangan FF XIV Version 2.0 ini, antara lain gameplay yang lebih bagus, cerita utama yang lebih berkesan akan aura FF, dan grafis yang jauh lebih superior sehingga memberikan kenyamanan saat bermain dan menikmati gameplay-nya.

Di sisi grafis, Yoshida menerangkan bahwa graphic engine game ini (yang ditangani olehnya semenjak pembuatan konsep FF XIV) dibuat dari ide untuk menampilkan pemain sebanyak mungkin. Dan juga didesain untuk bisa dikustomisasi dengan leluasa, sehingga bisa dijalankan di PC dengan spesifikasi tinggi, PC berspesifikasi rendah, dan juga tentunya di PS3. Dari semua screenshot yang ada ini, imbuh Yoshida, diambil dari versi PC. Dan nantinya kualitas grafis tersebut akan meningkat sekitar 15% dari yang sudah kita lihat sekarang. Wow, bisa dibayangkan grafisnya seperti apa nanti (terutama untuk PC high-class).

Penggemar setia serial FF mungkin bisa berharap banyak untuk FF XIV Version 2.0 ini, karena Yoshida mengkonfirmasikan akan menambahkan banyak elemen fanservice di sini. Maksudnya adalah menambahkan elemen-elemen dari game-game FF sebelumnya, yang dibuat ulang dengan grafis FF XIV dan disesuaikan dengan dunianya juga. Sebagai contoh, kamu akan menemui Crystal Tower dari FF III. Mado Armor (Magitek Armor) yang muncul pun juga dibuat semirip mungkin dengan desain FF VI. Beliau juga ingin menambahkan dunia Ivalice dan dunia FF XIII ke game ini. Beliau berharap nantinya dengan fanservice ini bisa membuat para pemain tetap senang dan penasaran dengan konten apa yang ditambahkan selanjutnya.

Lantas apakah akan ada versi Xbox 360-nya untuk FF XIV Version 2.0 ini? Yoshida menjawab, karena ini adalah sebuah MMORPG, beliau yakin nantinya akan ada banyak pemain yang memainkannya, dan jika dipikir dari sisi bisnis, beliau ingin untuk bisa merangkul pemain sebanyak mungkin. Jadi kemungkinan seperti itu tidak mustahil. Tapi sebelum meluncurkan versi PS3-nya, beliau ingin berkonsentrasi terhadap FF XIV Version 2.0 terlebih dahulu agar bisa dirilis dengan kualitas yang maksimal dan bisa berjalan lancar.

Rencananya, Square Enix akan melakukan promosi secara penuh sekitar bulan Agustus mendatang dan melakukan alpha test di akhir bulan September. Untuk rencana beta test, dipastikan sesegera mungkin setelah alpha test. Untuk yang berminat menjadi tester di beta test versi PS3, mereka berencana untuk mengirimkan client FF XIV Version 2.0 dalam bentuk download, dan memungkinkan pemain untuk terus berpartisipasi.

Untuk konfirmasi mengenai tanggal resmi dimulainya pembukaan server FF XIV Version 2.0, Yoshida belum bisa memastikan. Tapi beliau menjamin bahwa semua staf pengembang ingin secepatnya, karena semakin cepat keluar tentu semakin baik. Saat beta test telah dimulai, beliau percaya sudah banyak pemain yang memainkan FF XIV Version 2.0 ini.

[Sumber : Famitsu, Andriasang]


SHARE
Previous articleFifa Online 2 Tournament @ The Jacks – Yogyakarta !!
Next articleE3 2012: Lego City Undercover = GTA For Kids
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.