Google Nexus, Proyek Tablet Murah Google Segera Terwujud

Selain Computex 2012, event lain di dunia IT yang patut diperhitungkan (apalagi bagi mereka penikmat Android) adalah Google I/O — kependekan input/output atau Innovation in the Open. Event konferensi tahunan yang terfokus pada developer itu diadakan oleh Google di San Francisco, California. Mereka yang berharap update dari banyak proyek open source baru Google seperti Android, Chrome, dan Chrome OS. Konferensi yang sudah berlangsung sejak 2008 ini bakal diadakan pada 27 – 29 Juni 2012 nanti di Moscone Center San Francisco. Dan kemarin, kurang 20 hari menjelang konferensi tersebut, dua gambar yang diduga tablet pertama ofisial Google, yaitu Google Nexus muncul ke permukaan.

CEO NVIDIA, Jen-Hsun Huang dengan program Kai yang dicetuskannya, memungkinkan kita mendapatkan sebuah tablet quad-core yang mampu memainkan semua game ekslusif Tegra 3, dengan harga $199!

Tablet Google Nexus (nama tentative, bisa berubah nantinya) sendiri tidak jauh berhubungan dengan program Kai yang dikampanyekan NVIDIA, dengan harapan menawarkan tablet untuk lebih banyak target pasar serta harga yang sangat terjangkau. Sebelum melangkah, kamu jangan bingung dengan nama Google Nexus. Nexus sendiri brand yang dipilih Google untuk merilis smartphone ofisial mereka, dan biasanya smartphone tersebut menjadi duta pertama untuk versi baru Android. Kita mengenal brand Google Nexus mealui Nexus One (yang dikembangkan HTC), lalu Nexus S dan Galaxy Nexus (dari Samsung), nama yang terakhir itu menjadi Droid pertama di dunia dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Dan berawal Desember 2011 lalu, sudah terdengar kabar jika dalam enam bulan ke depan Google bakal merilis tablet mereka sendiri, dengan harga murah, dengan tujuan yang jelas untuk menandingi Kindle Fire.

Saat itu masih berupa rumor, dengan layar 7 inchi, bakal dikembangkan oleh Asus (karena memang juga diadaptasi dari tablet mereka lainnya Asus Eee Pad MeMO 370T), dengan harga yang masih belum diketahui, serta menjadi yang pertama muncul dengan versi baru Android Android 4.1 (masih dirumorkan sebagai Jelly Bean, walaupun seharusnya Jelly Bean berada di angka 5.0). Kemudian akhir Mei 2012 lalu, muncul data benchmark Droid yang diberi identitas sebagai Google Asus Nexus 7 — angka 7 untuk 7 inchi. Di sana jelas tertera chipset yang digunakan, dan resolusi layarnya (768×1280 pixel). Namun dengan penelusuran mendalam, diketahui jika hasil benchmark tersebut memberi data OS Android 4.1 melalui identitas build-nya, yaitu JRN51B dengan “J” kemungkinan menunjukkan data Jelly Bean.

“os”:  {
“android”:  {
“model”:  “Nexus  7″,
“hardware”:  “grouper”,
“manufacturer”:  “asus”,
“device”:  “grouper”,
“brand”:  “google”,
“display”:  “nakasif-userdebug  4.1  JRN51B  359483  dev-keys”,
“version_sdk”:  “4.1″,
“board”:  “grouper”,
“version_code”:  “1″v

Berlanjut seminggu setelah data hasil benchmark tersebut muncul, kita kembali disuguhi dua gambar yang diduga tablet Google Nexus. Memang banyak yang memprediksi jika Google bakal mengumumkan tablet pertama mereka tersebut selama Google I/O. Jika diperhatikan, foto yang diduga tablet Google Nexus tersebut terlihat seperti Galaxy Note yang diperbesar. Layar 7 inchi-nya seperti yang diungkapkan sebelumnya, diproduksi oleh Asus — dengan arahan Google tentunya.

Lanjut halaman 2 untuk mengetahui penampakan Google Nexus…

1
2

SHARE
Previous articleUpdate Karakter dan Sistem Baru di .hack Versus
Next articleE3 2012: The Last of Us, Beda Pemain, Beda Pula Pengalamannya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.