Euro 2012 : Round 1 Recap

Ada 16 tim yang terpisah dalam 4 grup, dan mereka sudah beraksi menghadapi match pertamanya selama kompetisi Euro 2012. Bagaimana aksi mereka? Simak resume-nya dalam artikel berikut...

Euro 2012 : Round 1 Recap

Euro 2012 : Round 1 Recap

Akhirnya setelah ditunggu-tunggu selama 4 tahun, turnamen antar negara Eropa kembali digelar. Setelah Spanyol memenangi piala Eropa pada 2008 lalu, makin banyak tim yang termotivasi untuk tidak hanya mengalahkan sang "matador," melainkan juga mengukir sejarah. Empat hari sudah berlalu semenjak upacara pembuka, dan ke-16 tim sudah menjalani pertandingan pertamanya. Bagaimana performa mereka? Tim mana yang berpotensi besar meraih piala Eropa tahun ini?

Polandia 1 - 1 Yunani

Euro 2012 : Round 1 Recap

Polandia sebagai tuan rumah menjalani partai pertama dengan cukup baik. Meskipun tidak dijagokan, mereka dapat membuktikan ke Yunani bila mereka tidak bisa diremehkan. Polandia mendapat keunggulan pertama setelah gol dari Robert Lewandowski pada menit ke-17, sebelum Yunani menyamakan kedudukan kembali lewat gol dari Dimitrios Salpigidis di awal babak kedua.

Rusia 4 - 1 Rep. Ceko

Euro 2012 : Round 1 Recap

Bukan awal yang baik untuk Rep. Ceko ketika menghadapi Rusia. Dengan lineup yang lebih difavoritkan ketimbang Rusia, terutama dengan kiper seprofesional Petr Cech, Ceko dilahap telak oleh Rusia. Ditambah kiper yang baru saja mengantar Chelsea memenangi piala Champions tersebut kebobolan 4 gol (A.Dzagoev '15,'79, R.Shirokov '24, R.Pavlyuchenko '82). Rusia diprediksi akan menjadi pemimpin grup A nantinya.

Belanda 0 - 1 Denmark

Euro 2012 : Round 1 Recap

Grup B disebut-sebut sebagai grup neraka karena terdapat 3 tim sekaligus yang banyak dijagokan untuk piala eropa ini. Namun Denmark yang tidak termasuk dalam ketiga tim tersebut dapat membuktikan bila mereka juga bisa bersaing di Grup B. Malahan Belanda yang sebelumnya diprediksikan dapat lolos dari Grup B tertunduk oleh gol tunggal Michael Krohn-Dehli ('24). Bagaimanapun caranya Arjen Robben dan Robin Van Persie harus berusaha lebih keras untuk lolos dari Grup B.

Jerman 1 - 0 Portugal

Euro 2012 : Round 1 Recap

Dengan skuad yang tidak terlalu berubah dan dengan arahan Joachim Low kembali, Jerman kali ini lebih buas dari sebelumnya untuk melaju ke babak utama. Dari 10 pertandingan percobaan lalu, Jerman belum kalah ataupun seri sama sekali alias clean sheet. Beda dengan Portugal, meskipun memiliki pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Nani, si merah-hijau belum siap untuk menghadapi Der Panzer. Mario Gomez membuktikan bahwa ia siap memimpin Jerman di partai Euro dengan menjebol gawang Portugal yang membawa kemenangan untuk timnya.

Spanyol 1 - 1 Italia

Euro 2012 : Round 1 Recap

Keputusan Del Bosque untuk tidak memasang penyerang utama di line up nya ketika melawan Italia kerap dipertanyakan. Dari 6 pemain (Busquets, Alonso, Xavi, Iniesta, Silva, Fabregas) yang dipasangnya dari garis tengah kedepan merupakan gelandang murni. Beda cerita dengan Italia yang siap menahan serangan Spanyol dengan dominasi pemain Juventus. Permainan berjalan dengan cukup intense, sebelum Di Natale yang menggantikan Mario Balotelli berhasil menyetak gol ke gawang Iker Casillas. Fabregas pun membuktikan bahwa kepercayaan dari Del Bosque dapat ia buktikan dengan gol pada menit ke-64.

Selain 6 kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit kepada kedua tim, kedua kapten sekaligus kiper kedua tim Iker Casillas dan Gianluigi Buffon tampil paling bagus pada pertandingan tersebut.

Irlandia 1 - 3 Kroasia

Euro 2012 : Round 1 Recap

Spanyol dan Italia boleh saja dijagokan untuk lolos dari Grup C, namun itu bukan berarti tim lain dapat diremehkan. Hal tersebut dibuktikan oleh Kroasia yang 4 tahun lalu mengakhiri perjalanan Inggris. Dua gol dari Mandzukic dan satu dari Nikica Jelavic membekuk habis Irlandia. Karena Spanyol dan Italia seri, maka Kroasia 'untuk sementara' memimpin klasemen grup C.

Perancis 1 - 1 Inggris

Euro 2012 : Round 1 Recap

Inggris disebutkan memiliki takdir buruk dalam turnamen bergengsi Eropa ini, ditambah dengan kemunduran Fabio Capello dari kursi pelatih Inggris. Begitu pula Rio Ferdinand yang tidak dipanggil, Frank Lampard yang dalam masa pemulihan cedera, dan Wayne Rooney yang masih mengalami skorsing untuk dua laga. Lain cerita dengan Perancis yang sudah mantap menjalani piala Eropa dengan penanganan Laurent Blanc. Meski begitu, pertandingan kemarin bisa dibilang pertandingan paling seru untuk Round 1. Dua gol dibuahkan oleh pemain Manchester City, sundulan Joleon Lescott dari Inggris dan tendangan jarak jauh Samir Nasri. Joe Hart bermain spektakuler dengan menepis 14 tendangan Perancis.

Ukraina 2 - 1 Swedia

Euro 2012 : Round 1 Recap

Lain dengan Polandia, Ukraina yang juga tuan rumah dari ajang piala Eropa ini kerap lebih diunggulkan. Pertandingan kali ini sebenarnya merupakan pembuktian untuk kedua striker utama, Andriy Shevchenko (Ukraina) dengan Zlatan Ibrahimovic (Swedia). Kalimat tersebut benar-benar dapat menjelaskan pertandingan tersebut. Ibrahimovic membobol 1 gol ke gawang Swedia, sedangkan Sheva berhasil membawa kemenangan untuk timnya dengan dua gol yang diciptakannya.

That's it for Round 1! Kita nantikan aksi Round 2 untuk Piala Eropa 2012, 4 hari mendatang.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU