Microsoft Windows Phone 8, Pengalaman Desktop di Layar Smartphone

Microsoft akhirnya berhasil menyatukan desktop dan mobile melalui duet Windows 8 dengan Windows Phone 8… Siap “mewabah” akhir tahun ini di PC, laptop, tablet, dan kini juga smartphone!

Mereka menyebutnya sebagai Runtime... bisa jadi menunjuk pada running time Windows RT dengan chipset berbasis ARM yang lebih panjang dari Windows 8 yang Pro...

Bicara Windows RT, penulis sendiri penasaran dengan kepanjangannya. Yang kita tahu Windows RT menjadi nama ofisial dari Windows On ARM, yang merupakan versi baru Windows yang didesain khusus untuk berjalan di prosesor ARM yang lebih rendah kinerjanya, dan banyak digunakan untuk tablet serta tentu saja smartphone, karena menawarkan kebutuhan listrik yang lebih kecil serta daya tahan baterei yang lama dibandingkan tipe prosesor x86 yang banyak digunakan dalam tipikal PC. Jadi apa arti kata “RT?” Yang jelas bukan “Retweet,” karena Microsoft sendiri menyebutkan RT menjadi kependekan dari “Runtime.”

Apa saja kebutuhan hardware-nya? Jika sampai era Mango Microsoft tetap percaya diri dengan hardware single-core dan RAM 512 MB, maka untuk Windows Phone 8 ini mereka melangkah lebih jauh. Tidak hanya mendukung prosesor dual-core, Windows Phone 8 mampu mengenali konfigurasi prosesor hingga 64 core, seandainya chipset dengan konfigurasi prosesor sebanyak itu bakal eksis nantinya. Dengan prosesor yang lebih kencang, Microsoft juga membuka akses multitasking untuk OS ini, dimana dalam Windows Phone 7.5 sebelumnya, tidak semua aplikasi diperkenankan berjalan di background dan menggunakan resource. Dengan multitasking penuh, aplikasi berbasis instant messaging pasti bisa berjalan lebih baik. Kemudian dukungan resolusi layar juga ditingkatkan menjadi WXGA (1280 x 768 pixel). Meningkat dari 800 x 480 dalam versi sebelumnya.

Microsoft juga mengintegrasikan Internet Explorer 10 ke dalam Windows Phone 8, kini dengan engine Javascript yang diklaim 4x lebih kencang dan juga dukungan HTML5 ditingkatkan 2x lipat. Dari hasil benchmark di atas, OS ini menguungguli semua browser smartphone dari OS lainnya.

Namun produsen smartphone juga bisa memilih opsi resolusi yang lebih umum seperti 1280 x 720. Kemudian slot micro SD pun menjadi standar — seperti kamu baca dalam ulasan smartphone ber-OS Windows Phone sebelumnya, slot eksternal memory selalu absen. Tidak ketinggalan, semua Windows Phone 8 bakal memiliki chip NFC atau near field communication untuk memanfaatkan aksesoris seperti tag (ala Smart Tag-nya beberapa Xperia dari Sony) dan jika dibutuhkan untuk melakukan fungsi pembayaran atau tag-to-pay — bisa berfungsi layaknya kartu tol atau kartu – kartu pembayaran instan. Oh ya, hardware baru ini juga mendukung backwards compatibility dengan aplikasi yang dikembangkan untuk Windows Phone 7, meskipun resolusi yang didukung OS sebelumnya itu lebih rendah.

Lanjut ke halaman 3

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.