Euro 2012 : Quarter Final Review

Kompetisi semakin sempit, dari puluhan tim yang terpilih di Eropa hanya 4 yang akan melaju mempersaingkan piala Euro tahun 2012. Tim mana sajakah itu?

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Kompetisi semakin sempit, dari 16 tim menjadi 8 tim, dan menipis menjadi 4 tim saja yang bersaing untuk memperebutkan piala Euro tahun ini. Tim mana saja yang berhak untuk melaju ke babak semifinal? Mari kita lihat dahulu recap ulang dari babak perempat final.

Portugal 1 - 0 Rep Ceko

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Pertandingan antara kedua tim bernuansa merah ini sempat membawa ketegangan ketika pertandingan belum dimulai. Portugal yang menjadi runner up di Grup B diseterukan dengan juara Grup A, Republik Ceko yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Begitu pula dengan Ronaldo yang menjadi titik pilar Portugal kurang memiliki sejarah yang baik dengan penjaga gawang Ceko, Petr Cech.

Sesuai dengan banyak prediksi, pertandingan berjalan sangat ketat, kedua tim sama-sama berusaha memenangkan tiket semifinal. Cech tampil dengan prima, ia dapat mengantisipasi cukup banyak tendangan dari Portugal. Tetapi pada akhirnya Portugal lah yang berhasil mengambil tiket 4 besar. Peluang dari crossing Joao Moutinho berhasil dijebloskan ke gawang Cech oleh heading dari Cristiano Ronaldo. Gol yang diciptakan 11 menit sebelum pertandingan berakhir tersebut mengeluarkan Republik Ceko dari kompetisi Euro tahun ini.

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Portugal melaju ke babak semifinal.

 

Jerman 4 - 2 Yunani

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Yunani yang beruntung lolos dari Grup A harus menghadapi Jerman, tim yang paling ditakuti di kompetisi ini. Tentunya bukan hal mudah untuk Yunani yang menjuarai Euro 2004 lalu. Ditambah Jerman memiliki rekor tak terkalahkan di 13 laga terakhir dan lolos dari Grup B dengan 9 poin alias poin tertinggi.

Namun pertandingan tidak berjalan semulus yang Jerman inginkan. Meski gol dari Phillip Lahm di menit ke 39 membawa keunggulan awal untuk Jerman, kubu Yunani menyamakan kedudukan lewat gol Giorgios Samaras ('55) dari umpan terobos. Meski pertandingan sempat menegangkan, Jerman tidak tanggung-tanggung melesatkan 3 gol dalam jeda 13 menit. Pertama tendangan Sami Khedira ('61), disusul heading Miroslav Klose ('68), dan diakhiri tendangan Reus ('74) yang sempat membentur mistar gawang. Yunani yang ketinggalan 4-1 mengakhiri kedudukan menjadi 4-2 lewat gol Salpingidis di akhir pertandingan.

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Jerman melaju ke babak semifinal.

 

Spanyol 2 - 0 Perancis

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Pertandingan antara La Furia Roja dan Les Bleus mungkin merupakan pertandingan paling ditunggu di perempat final. Kedua tim sama-sama memiliki potensi yang cukup besar untuk memenangi piala Eropa kali ini, meskipun si Matador lebih dijagokan. Pertandingan ini juga mempertemukan kedua pelatih senior ternama, Vincente Del Bosque untuk Spanyol dengan Laurent Blanc untuk Perancis.

Baik Spanyol maupun Perancis memiliki line up yang baik untuk lini depan dan juga lini belakang. Hal ini dibuktikan dengan ketatnya pertandingan berlangsung. Tetapi Spanyol berhasil membawa keunggulan awal dari umpan Jordi Alba yang berhasil dieksekusi oleh Xabi Alonso di menit ke-19. Gol tersebut membakar semangat Perancis. Baik Benzema, Nasri, dan Ribery sama-sama berusaha membobol gawang Spanyol, tetapi semuanya berhasil diantisipasi oleh Iker Casillas. Xabi Alonso yang juga merayakan partai ke-100 nya bersama Spanyol memastikan posisi mereka di semifinal lewat tendangan penalti pada injury time.

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Spanyol melaju ke babak semifinal.

Inggris 0 - 0 Italia (4-2 Penalty)

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Pertandingan antara Juara Grup D dengan Runner Up Grup C ini sepertinya match up paling sengit dibandingkan yang lain. Azzuri dan Three Lion memiliki persiapan yang mantap dalam piala Euro tahun ini. Tetapi melihat dari pengalaman, Italia jauh lebih unggul dari Inggris dalam kompetisi antarnegara.

Jike dilihat dari statistiknya, Italia sebenarnya memiliki kesempatan menang yang lebih baik. Mereka melangsungkan 20 tembakan ke gawang Joe Hart, sedangkan Inggris hanya 9 peluang ke gawang Buffon dalam pertandingan yang berlangsung selama 120 menit tersebut. Mau tidak mau kedua tim harus melanjutkan ke adu penalti pertama di turnamen ini.

Balotelli dan Gerrard menembak tendangan pertama untuk timnya tepat ke pojok kiri gawang. Inggris mendapat keunggulan ketika tendangan Montelivo gagal dan Rooney menendang keras ke gawang Italia. Andrea Pirlo memberi sensasi dengan hanya menyentuh bola dengan halus kepada Hart. Penalty kembali seru ketika tendangan Ashley Young membentur mistar. Kedudukan berubah di tendangan keempat, Nocerino memberi gol untuk Italia sedangkan Buffon berhasil menangkap tendangan Ashley Cole. Italia resmi menuju semifinal setelah Diamanti berhasil mengganti kedudukan menjadi 4-2.

Euro 2012 :  Quarter Final Review

Italia melaju ke babak semifinal.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU