LG Optimus 4X HD, Quad-core Ketiga yang Nyaris Tak Terdengar

Jika menyinggung smartphone dengan prosesor quad-core yang tahun ini mulai menjadi trend, pasti langsung tertuju pada HTC One X dan Samsung Galaxy S III… Dan inilah Droid quad-core ketiga yang nyaris tak terdengar, LG Optimus 4X HD!

LG memilih jenis layar yang mereka kembangkan sendiri, yaitu True HD IPS (in-plane switching, teknologi layar yang biasa digunakan pada iPhone) yang mendukung resolusi tinggi hingga 720p (1280 x 720 pixel) untuk Optimus 4X HD — layar dengan kerapatan pixel tiap inchi mencapai 313.5 PPI tersebut menjadi pengembangan dari jenis layar AH-IPS yang mereka produksi sebelumnya. Resolusi sebesar itu dimampatkan ke dalam bidang layar berukuran 4.7 inchi, sehingga untuk ukuran layar Optimus 4X HD ini setara dengan One X, namun masih di bawah Galaxy S III.

Layar AH-IPS yang dilapisi lapisan tahan goresan Gorilla Glass tersebut juga memberi impresi yang baik, begitu terang dan warna yang natural, tetap jelas jika dilihat dari berbagai sisi dan sudut pandangan (walaupun keunggulan itu tetap jatuh jika digunakan langsung di bawah paparan cahaya matahari), aspect ratio 16:9 yang cocok untuk menonton film tanpa distorsi, terlihat tajam serta teksnya mudah dilihat karena diperkuat kerapatan pixel alias PPI tinggi dan konfigurasi layar RGB, serta lebih hemat daya baterai, terutama selama menggunakan tampilan berlatar warna putih — seperti selama browsing, yang memang mayoritas halaman website itu putih, seperti Duniaku ini. Namun tetap bagi mereka yang biasa memandang layar Super AMOLED seperti milik Samsung, akan merasa kedalaman warna hitam terasa kurang, dan memang itu yang menjadi keunggulan jenis layar Super AMOLED — warna hitam yang terlihat sangat hitam, dan baterai lebih irit jika layar dipasang tampilan dominan hitam. Namun apakah kamu mau kemana – mana memasang antar muka yang dominan warna hitam, seperti yang biasa penulis lakukan dengan Galaxy S II-nya… hehe!

Apapun sebutan LG untuk desainnya, namun “prism design” mereka terlihat berkelas… Di atas terlihat Optimus 2X HD mulai sisi kanan, kamu dapati hanya tombol volume, sisi kiri di bawahnya bersih dari tombol. Kemudian gambar ketiga menjadi sisi atas, ada tombol power dan juga port audio yang ditemani satu lubang yang berperan sebagai mic kedua (untuk mereduksi suara luar ketika kamu berkomunikasi telepon). Dan sisi bawah hanya dihiasi port microUSB tepat di tengah, serta lubang mic utama.

Kemudian untuk penampilan eksternal, LG yang menerapkan konsep desain yang mereka sebut dengan “prism-edged design” ini membangun Optimus 4X HD dengan material yang diklaim berbeda dibandingkan Optimus lainnya. Memang sekilas mirip seperti Optimus terbaru yang dirilis LG Indonesia, yaitu LG Optimus L7 P700. Jika Optimus L7 terlihat elegan meskipun menggunakan casing yang terlihat berbahan plastik, namun untuk Optimus 4X HD meskipun berbahan sama, kesan plastik tidak terasa, dan terlihat lebih mewah dengan beberapa bagian casing yang bertekstur. Dimensi dengan ukuran panjang 132.4mm x lebar 68.1 dan tebal 8.9mm serta berat 141 g, Optimus 4X HD masih lebih kecil dibandingkan One X pada 134.36 x 69.9 x 8.9 mm dan berat 130 g. Bahkan justru lebih kecil dibandingkan Galaxy S III dengan 136.6 x 70.7 x 8.6 mm dan berat 133 g. Demikian secara dimensi Optimus 4X HD masih masuk kategori ringan dan tidak terlalu bongsor.

Kamera 8 megapixel dan corong loudspeaker menghiasi casing belakang yang bertekstur… Seperti Optimus L7, namun di sini teksturnya lebih halus dengan pola garis miring — pada Optimus L7 casing belakangnya bertekstur garis lurus vertikal.

Fitur lain yang diberikan LG untuk flagship mereka ini seperti kamera utama 8 megapixel (3264 x2448 pixel) yang dilengkapi auto focus, LED flash dan BSI sensor alias back-illuminated sensor, yang menjamin kualitas foto tetap baik pada kondisi minim cahaya. Kamera tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas 1080p atau 1920 x 1080 pixel pada 30 bingkai per detik. Sedangkan kamera sekundernya hanya 1.3 megapixel (1280 x1024 pixel). LG pun langsung memberikan antar muka baru Optimus UI versi 3.0, yang baru mereka konfirmasikan pertengah Mei 2012 lalu.

LG Optimus 4X HD (P880) – Feature Film: IPS Technology for True HD   

httpv://youtu.be/BjWzy8Ze56c

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.