LG Optimus 4X HD, Quad-core Ketiga yang Nyaris Tak Terdengar

Jika menyinggung smartphone dengan prosesor quad-core yang tahun ini mulai menjadi trend, pasti langsung tertuju pada HTC One X dan Samsung Galaxy S III… Dan inilah Droid quad-core ketiga yang nyaris tak terdengar, LG Optimus 4X HD!

 

Meskipun dengan casilng belakang yang bisa dibuka tutup, namun keseluruhan banyak yang menilai build Optimus 2X HD terasa solid, cover belakang dengan sempurna menutup sempurna ke sasis belakang dan tidak ditemukan ada celah yang mungkin meloloskan debu ke dalam ruang baterai.

Untuk memory, Optimus 4X HD yang bekerja di jaringan GSM dan mendukung kanal data hingga teknologi HSPA+ ini masih dibelai RAM 1 GB saja, yang menurut kami kurang untuk kebutuhan smartphone ke depannya. Kemudian internal storage-nya hanya diberikan satu pilihan, 16GB namun masih bisa kamu tambah melalui slot microSD yang maksimal mampu menerima hingga 32 GB. Satu kelebihan dibandingkan One X, karena quad-core HTC tersebut tidak memberi slot microSD walaupun internalnya mencapai 32 GB. Namun tidak dengan Galaxy S III, yang memberi opsi penjualan dengan internal memory 16, 32 dan 64 GB serta masih bisa ditambah melalui microSD hingga 64 GB!

Baterainya termasuk kecil meskipun ampere-nya besar. Terlihat juga antena NFC ditanamkan di balik penutup casing belakang. Dan mengakses microSD tetap harus melepas penutup baterai, walaupun tidak perlu melepaskan baterai …

Fitur lainnya seperti baterai berkapasitas besar 2150 mAh (tertera 2140 pada batereinya, menjadi yang terbesar di kelas quad-core, One X hanya 1800 mAh dan Galaxy S III dengan 2100 mAh). Baterei yang bisa bebas dicopot tersebut (pada One X menjadi satu) menerapkan teknologi SiO+, dengan kelebihannya mampu menampung kapasitas yang lebih besar namun tetap dengan ukuran baterei yang tidak terpaut jauh dengan kapasitas 1500 mAh yang digunakan dalam Optimus 2X.

Ukuran batereinya yang tidak terpaut jauh dibandingkan yang berkapasitas 1500 mAh…

Konektivitasnya meliputi port Micro-B (Micro-USB) dengan konektor MHL (Mobile High Definition Link) seperti pada One X dan Galaxy S III, ada juga Wi-Fi 802.11 a/b/g/n yang memberi opsi Wi-Fi Direct dan DLNA (Digital Living Network Alliance) — demikian kamu mendapatkan beberapa opsi untuk menghubungkan smartphone ini dengan TV atau perangkat lain yang mendukung DLNA di rumah untuk berbagi content seperti video dan foto. Kemudian chip near field communication (NFC), Bluetooth 4.0, GPS serta tentu saja banyak sensor seperti sensor gerakan yang meliputi compas dan gyro, serta juga  sensor cahaya seperti ambient dan proximity light sensor.

Bagian atas layar dilengkapi kamera sekunder dan deretan sensor…

Sedangkan bagian bawah layar ada tiga tombol kapasitif, Back, Home dan Menu yang menjadi standar Ice Cream Sandwich. Posisi tombol Back yang biasanya ditempatkan paling kanan kini berpindah ke kiri, pasti bakal membuat banyak pengguna Doid perlu waktu membiasakan jari. Oh ya, backlight pada ketiga tombol tersebut sepertinya terlalu redup, karena kamu bakal kesulitan melihatnya di luar ruangan, apalagi jika menggunakan varian yang bercasing putih seperti di atas.

LG pun ke depannya melalui upgrade juga bakal memberikan aplikasi khusus Eco-Mode, yang memberi opsi bagimu untuk menonaktifkan salah satu core dari 4 core prosesor utama Tegra 3 untuk menghemat daya baterai. Sesuatu yang jamak kita ketahui jika hobi ngoprek. Aplikasi khusus Optimus 4X HD lainnya menjadi bagian Optimus UI 3.0 yang kami jelaskan pada halaman berikutnya, seperti Media PlexTM, yang menggabungkan beberapa fungsi untuk memberi pengalaman lebih ketika melihat gambar atau memutar video. Kamu bisa temukan opsi Fingertip Seek yang menunjukkan preview semua frame video cukup dengan menyentuh progress bar; lalu ada Live Zooming dimana kamu bisa bebas zoom in dan out dengan mencubit selama memutar film; fitur Video Speed Control memungkinkanmu mengatur kecepatan playback film yang kamu lihat; dan Thumbnail List Play menampilkan thumbnails video lain dalam galerimu sembari menonton film atau video lainnya.

Termasuk bagian Media PlexTM adalah Time Catch Shot, yang memungkinkanmu untuk memilih foto terbaik dari beberapa foto yang baru saja diambil sebelum menyimpannya. Namun uniknya di sini, sebenarnya smartphone ini sudah menyimpan foto sebelum kamu tekan tombol shutter kamera. Selama prorses melihat foto di viewfinder, otomatis Optimus 4X HD sudah menyimpan beberapa foto (tepatnya lima foto), saat dirasa viewfinder-nya sudah stabil, dan bisa kamu bandingkan dengan foto yang benar – benar kamu ambil saat menekan tombol shutter.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.