LG Optimus 4X HD, Quad-core Ketiga yang Nyaris Tak Terdengar

Jika menyinggung smartphone dengan prosesor quad-core yang tahun ini mulai menjadi trend, pasti langsung tertuju pada HTC One X dan Samsung Galaxy S III… Dan inilah Droid quad-core ketiga yang nyaris tak terdengar, LG Optimus 4X HD!

Optimus UI 3.0

Sebelumnya kami menyebutkan mengenai antar muka, atau bahasa kerennya “launcher” baru yang dikenalkan LG pertengahan Mei 2012 lalu, yaitu Optimus UI 3.0. LG sendiri baru sepenuhnya pertama kali menggunakannya pada Optimus LTE2 dan juga Optimus 4X HD ini, dan bakal meningkatkan pengalaman mengoperasikan Android LG — kami sebutkan sepenuhnya karena sedikit bagian fitur Optimus UI 3.0 bisa kamu dapatkan melalui LG Optimus L7 yang eksis di Indonesia sebulanan ini, serta dijual dengan harga Rp. 2,9 jutaan!

Cara membuka lockscreen “sambil ngintip” ada apa di baliknya, sudah diterapkan dalam Optimus L7 (gambar di atas). Iseng mencoba Droid terbaru LG di Indonesia itu, tidak semua Optimus UI 3.0 kamu dapati di sana… 

Untuk Versi ketiga ini, LG memasukkan fungsi dasar yang berguna ketika kamu mengoperasikan Droid dengan layar lebar. Misalnya melalui aplikasi QuickMemoTM. Aplikasi memo tersebut memungkinkan kita langsung menuliskan memo atau note pada semua bagian antar muka, di semua bagian layar, tanpa harus membuka aplikasi lainnya. Lebih jelasnya bisa kamu lihat melalui video yang kami berikan pada halaman selanjutnya. Setiap memo / note yang kamu buat juga dengan mudah di-share melalui modul konektivitas nirkabel atau ke email dan jejaring sosial.

Tampilan Home Screen Optimus UI 3.0. Dari kiri, tampilan ketika kamu mau memasang widget, atau shortcut aplikasi. Screenshot paling kanan menampilan App Drawer-nya (sebutan untuk menu dimana semua aplikasi kamu temukan), yang bisa kamu atur bisa terbagi menjadi 4 atau 5 kolom (begitu rapat penataannya). Di atas terlihat pengakategorian Apps untuk aplikasi bawaan, Download untuk aplikasi pihak ketiga yang kamu download, dan akses langsung ke Widget dari App Drawer — style-nya Ice Cream Sandwich.

Pada salah satu video, terlihat kamu bisa langsung menulis memo setelah mengambil foto. Kami juga menemukan fungsi yang disebut “Voice Shutter,” yang memungkinkanmu untuk mengambil foto menggunakan hanya perintah suara –sesuatu yang sepertinya kami temui juga dalam Galaxy S III. Kemudian kamu juga mendapatkan opsi yang mudah dalam mengatur pengakategorian aplikasi sehingga mudah diakses, serta penambahan kategori aplikasi baru yaitu Download di dalam App Drawer-nya untuk semua aplikasi pihak ketiga yang kamu download atau install.

Fungsi lain dari Optimus UI 3.0 ini seperti metode membuka kunci baru melalui pengenalan sentuhan, sehingga kamu bisa membuka kunci dengan menggeser dimana saja pada layar, namun juga sembari memberi petunjuk padamu ada apa dibalik tampilan layar “lock screeen” sembari kami menyapukan jari. Jika butuh goresan jari tertentu dengan pola keamanan, kamu bisa terapkan “Pattern Lock,” yang selain membuka kuncian juga memungkinkanmu menempatkan fungsi standar yang paling sering kamu akses. Misalnya, buka kunci dengan Pattern Lock, kemudian langsung akses kamera jika kamu sering mengambil foto.

Tampilan antar muka lainnya. Mulai dari kiri, ketika mau membuka lock screen, kamu bisa mengintip apa yang tertampil di balik layar. Screenshot tengah menunjukkan beberapa shortcut dan widget cuaca khas Droid LG. Kemudian yang paling kanan terlihat kamu bisa mengatur shortcut tersebut dalam satu folder khusus… 

Bagimu yang suka ngoprek, aplikasi bawaan Optimus UI 3.0 Icon Customizer pasti kamu sukai. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menempatkan fotomu sebagai pengganti ikon sembarang aplikasi atau sebagai shortcut ke aplikasi, sehingga kamu bisa seakan merubah tampilan Optimus 4X HD ini sesuai dengan kepribadianmu.

Dengan desain yang elegan, chipset Qualcomm MSM7227A berprosesor Snapdragon 1 GHz, GPU Adreno 200, layar NOVA yang terkenal terang dengan ukuran 4.3 inchi dan resolusi 480 x 800 pixel ber-PPI 217, serta baterai berkapasitas besar 1700 mAh menjadikan Optimus L7 di atas pilihan menarik. Internal storage-nya 4 GB. namun sayang RAM-nya hanya 512 MB saja… Coba 1 GB ya RAM-nya! Namun Optimus L7 yang juga memiliki chip NFC ini tetap worthed dengan harga Rp. 2.9 jutaan dibandingkan Droid lain sekelasnya… 

Secara keseluruhan, LG menyebut Optimus UI 3.0 ini antar muka yang sederhana dibandingkan antar muka smartphone dari brand lain, terutama Sense-nya HTC, walaupun menurut kami juga tidak ada yang revolusioner — dan sekilas masih mirip antar muka TouchWiz-nya Samsung. Namun tetap saja para pengguna lebih menyukai antar muka yang sederhana dan minim resource, agar tetap user friendly dan nyaman mengoperasikan smartphone tersebut.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.